Tri Haryadi - SEO Business Portfolio

Setiap bisnis, baik offline maupun online pastinya memerlukan strategi yang tepat guna bisa menaikkan sales atau penjualan. Tanpa penjualan yang baik, setiap bisnis apa pun jenisnya pasti akan berujung pada kerugian. Dan hingga kini sudah tak terhitung lagi jumlah bisnis yang terus merugi dan berujung pada kebangkrutan akibat kurang handalnya strategi marketing yang dilakukan.

Merujuk dari berbagai persoalan di bidang penjualan yang pelik, oleh sebabnya saya mencoba untuk membantu para pebisnis online baik personal maupun korporasi untuk mempertajam penjualan mereka dengan jasa SEO berbasis online marketing dengan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO). Apa tujuan dari SEO ini?.

SEO memberikan nilai serta keuntungan yang jauh lebih banyak dengan biaya yang jauh lebih murah. Bayangkan jika Anda menggaji beberapa karyawan dengan biaya bulanan minimal 5 juta rupiah per-orang. Berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan dalam sebulan bahkan sebelum Anda bisa menjual apa pun!.


Metode yang saya lakukan adalah menjadi marketing lepas perusahaan Anda di dunia digital yang bekerja secara efektif selama  24 jam penuh  dan  7 hari dalam seminggu. Kerjasama ini bersifat realistis, terukur dan bisa dipertanggung jawabkan keakuratan datanya.

Adapun sistematika kerja yang saya lakukan adalah dengan cara mencari kata kunci pencarian yang paling umum dan paling sesuai dengan bisnis Anda untuk bisa bersaing di hasil pencarian halaman pertama (1st page) dari mesin pencari. Secara teknis hal ini mampu mempengaruhi perilaku konsumen dan meningkatkan penjualan Anda. Konsep SEO sendiri merupakan konsep yang paling efektif untuk membangun sebuah brand dimana para pencari informasi akan langsung diarahkan ke website tempat produk Anda di jual (website Anda). Dengan cara tersebut, maka bisnis yang Anda miliki akan semakin mudah untuk ditemukan (awareness/discoverable) oleh visitor. Dengan demikian, produk Anda akan lebih mudah untuk di konversi menjadi keuntungan.

Untuk dapat dipahami secara detail mengenai hal tersebut, saya juga menyertakan video yang menjelaskan mengenai cara kerja mesin pencari (Sumber: Youtube http://youtu.be/BNHR6IQJGZs) yang dapat Anda gunakan sebagai panduan awal kerja yang akan dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa portfolio klien yang saya miliki.

1. Telunjuk.com


- About:
Situs perbandingan harga sekaligus market place produk yang dijual di berbagai toko online di Indonesia
- Website:
www.telunjuk.com


2. Rent Jennete


- About:
Rental mobil di Jakarta dengan armada baru dan harga yang terjangkau
- Website:
www.rent.jennete.com


3. Iwearzule


- About:
Toko online custom baju dan celana chino yang ada di Bandung
- Website:
www.iwearzule.com


4. Viyasa Valley


- About:
Perumahan minimalis di Bogor
- Website:
www.viyasavalley.net


5. Versaguna Hospitality
- About:
Perusahaan supplier furniture dan kelengkapan hotel yang bertempat di Jakarta
- Website:
www.versagunahospitality.com/


6. Indowebxpress.com


- About:
Layanan pembuatan website untuk keperluan toko online maupun website perusahaan
- Website:
Indowebxpress.com

Ingin penjualan Anda berkembang dengan cepat?. Hubungi saya disini untuk berkonsultasi, bertanya seputar SEO maupun menggunakan jasa saya.

Tri Haryadi Senin, 27 Oktober 2014
Perkiraan biaya pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Biaya pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Tanggal 17 Oktober 2014 merupakan tanggal yang pastinya tidak akan pernah dilupakan oleh pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina atau yang akrab di sapa Gigi.

Kedua insan ini akhirnya dipersatukan dalam ikatan suci tali pernikahan yang digadang-gadang sebagai pernikahan termewah di tahun 2014 ini. Bahkan beberapa sumber menyebutkan jika pernikahan keduanya bukan hanya fantastis karena disiarkan secara langsung selama 3 hari di beberapa stasiun televisi saja, akan tetapi juga menghabiskan dana hingga puluhan milyar rupiah!. Fantastis bukan?.

Memang tak dapat dipungkiri jika durasi pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang menggunakan adat Sunda ini terbilang memakan waktu yang lama. Mulai dari acara siraman, akad dan juga resepsi dilakukan di waktu dan tempat yang terpisah. Semua persiapan tersebut tentu saja tidak mungkin dilakukan sendirian sebagaimana pernikahan biasa, akan tetapi Raffi Ahmad juga menggunakan berbagai macam bantuan, mulai dari wedding organizer, penata rias, desainer pakaian, sponsor hingga jasa sewa gedung pernikahan di Jakarta.

Sebagaimana dilansir oleh beberapa situs berita di Indonesia, disebutkan jika untuk busana pengantin saja Raffi sudah harus merogoh kocek sebesar 1 milyar rupiah. Jumlah tersebut terbagi untuk biaya busana pengantin Raffi Ahmad yang ditaksir senilai Rp 500 juta rupiah dan 300 juta rupiah untuk busana mempelai wanita. Sedangkan untuk busana anggota keluarga, Raffi telah menganggarkan tak kurang dari 75 juta rupiah per-orangnya. Nah, untuk menjumlahkannya, tinggal dihitung saja ada berapa anggota keluarga dari kedua mempelai lalu dikalikan Rp 75 juta.

Adi Adrian, sang penata rias yang dipercaya untuk merias pengantin mengatakan jika ia dibayar dengan harga yang sangat fantastis, hingga ratusan juta rupiah. Ia juga mengaku jika momen pernikahan Raffi dan Gigi ini merupakan "proyek" terbesar dalam hidupnya.

Tak hanya sampai disitu saja. Pernikahan Raffi dan Nagita Slavina juga diadakan di sebuah hotel bintang 5 di Jakarta, Ritz Carlton. Hotel ini dikenal sebagai salah satu hotel ekslusif yang mana biaya menginap per-malamnya untuk satu orang saja bisa menghabiskan biaya jutaan rupiah. Dan khusus untuk akad nikahnya, ia pun menggelontorkan dana lebih dari 1 milyar untuk sewa tempat di hotel ini termasuk dengan segala keperluan akomodasinya.

Sedangkan untuk resepsi di Jakarta, Raffi menyiapkan undangan dengan sistem barcode untuk dibagikan kepada 3000 orang tamu yang sebagian besarnya terdiri atas artis papan atas, pengusaha dan para pejabat negara yang masuk dalam kategori VVIP. Untuk undangannya saja ditaksir menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah ditambah lagi dengan jamuan makan yang di budget dengan angka yang sangat luar biasa, yaitu senilai 3 milyar rupiah.

Selain melangsungkan resepsi di Jakarta, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga telah memesan tempat di Bali untuk melangsungkan acara resepsi tertutup pada tanggal 25 Oktober 2014. Rencananya resepsi pernikahan Raffi dan Gigi ini hanya akan dihadiri oleh teman-teman dan kerabat terdekatnya saja. Untuk biaya sewa tempat di Bali plus menginap dan makanan, ditaksir bakal menghabiskan biaya lebih dari 2 milyar. Sedangkan untuk akomodasinya, Raffi telah menyiapkan dana untuk pemesanan tiket pesawat Jakarta - Denpasar Bali sebesar 1 juta rupiah/orang untuk 200 orang.

Oppie Kumis, teman dekat Raffi Ahmad mengaku jika ia ditugaskan untuk mengumpulkan fotokopi KTP teman-teman Raffi untuk diberangkatkan ke Bali yang kesemua biayanya dijamin oleh Raffi.

Selain dana-dana yang telah disebutkan diatas, Raffi juga dikabarkan mengeluarkan biaya lainnya dengan nominal yang tak kalah memukau, yakni sebesar Rp 5 miliar untuk membeli mahar pernikahan, jasa wedding organizer, rental mobil mewah untuk pengantin, florist dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira berapa banyak uang yang dikeluarkan Raffi untuk pernikahannya?. Silakan Anda hitung sendiri. Terlepas dari berapa biaya yang dikeluarkan, tentu hal tersebut dikarenakan kemampuan finansial yang dimilikinya. Sedangkan esensi dari pernikahan itu sendiri adalah membangun sebuah keluarga yang harmonis, sakinah, mawaddah dan warrahmah. Kita doakan saja.

Undangan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Undangan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (foto:detik.com)

Tri Haryadi Sabtu, 18 Oktober 2014
Mengenal profesi SEO (Search Engine Optimization) Executive

SEO (Search Engine Optimization), mungkin banyak dari Anda yang belum merasa familiar dengan profesi ini. Ya, profesi ini memang tergolong sebagai profesi yang unik dan berbeda dengan kebanyakan profesi lainnya yang ada di Indonesia. Mengapa disebut demikian?

Ya, inilah profesi yang mungkin tidak Anda dapatkan mata kuliahnya di kampus atau sekolah dimana dulu Anda menuntut ilmu. Profesi SEO Executive memang bisa dibilang murni otodidak sehingga dapat dipelajari oleh siapa pun orangnya selama memiliki kemauan yang keras, pantang menyerah, mau terus belajar dan mempraktekkannya. Meskipun dapat dipelajari, namun berdasarkan pengalaman saya, entah mengapa hanya 1 dari 10 orang yang benar-benar mau untuk mempelajarinya.

Bagi Anda yang setiap hari berhubungan dengan internet, pernahkah sekali waktu Anda mencari sesuatu di mesin pencari misalnya dengan menggunakan mesin telusur atau mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Tentu pernah bukan?. Hampir 99,99% semua jenis kata kunci pencarian tersedia dan bisa ditampilkan oleh Google hanya dalam rentang waktu kurang dari 2 detik. Dengan respon yang cepat Google langsung menampilkan 10 situs teratas (1st page) dengan korelasi dan relevansi kata kunci pencarian sesuai dengan yang Anda cari. Luar biasa bukan?.

Mungkin hampir disaat yang bersamaan Anda kemudian berpikir bahwa terdapat ratusan ribu bahkan jutaan situs di dunia yang mungkin memiliki korelasi yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang Anda masukkan. Kemudian mengapa Google memilih 10 situs tersebut untuk ditampilkan di halaman pertama. Apa pertimbangannya?. Apakah hal tersebut merupakan suatu kebetulan?. Atau semacam sulap?. Tentu tidak.

Dunia maya bukanlah sulap apalagi sihir. Semua itu membutuhkan tehnik yang tidak dimiliki oleh semua orang. Selain logika, proses pengoptimalan kata kunci atau yang sering disebut sebagai proses optimisasi kata kunci juga memerlukan "senses" dan juga "taste". Jadi bukan semata-mata hanya mengandalkan logika dan kemampuan Anda dalam berpikir saja, akan tetapi juga unsur senses dan taste yang ada pada diri seorang yang berprofesi sebagai Search Engine Optimizer. Itulah tidak jarang orang yang berpendapat jika SEO adalah ilmu seni.

Jika masih terdengar absurd, maka mari kita mengandaikan orang yang berprofesi sebagai SEO sebagaimana seorang seniman pembuat patung. Apa yang meski diketahui oleh seorang seniman pemahat patung sebelum ia membuat patung?. Yang pertama pasti ia telah mengetahui konsep dasar sebuah patung, bahan serta komposisi yang digunakan, konstruksinya, akan dibentuk menjadi apa, berapa ukuran/dimensinya (besar, kecil, sedang), dari mana memulainya, apa yang akan dibentuk pertama kali dan lain sebagainya.

Namun lebih dari itu, seorang pemahat/pengukir patung harus memiliki jiwa seni yang tinggi karena apa artinya sebuah barang seni yang dibuat tanpa rasa seni. Akankah ia akan menjadi barang seni yang memiliki nilai seni?. Patung dan seni adalah dua faktor yang tidak dapat dipisahkan. Adalah seni yang membuatnya menjadi barang mahal dan ekslusif. Begitu juga halnya dengan SEO yang juga mempelajari tentang "karakter" dari sebuah mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google memiliki lebih dari 200 faktor perangkingan yang kemudian dikenal sebagai Algoritma (Logika). Seorang yang berprofesi SEO mempelajari bagaimana perilaku sebuah mesin pencari dan apa yang perlu ia lakukan dalam menentukan hasilnya.

Fungsi SEO

SEO menjadi strategi marketing paling penting dalam berbisnis, terutama bisnis online karena apa artinya Anda membuat toko online atau situs E-Commerce tanpa adanya orang yang berkunjung?. Tentu akan sia-sia. SEO adalah bentuk revolusi dari sebuah cara memasarkan produk dan jasa dengan cara yang jauh lebih modern, yaitu lewat internet. Seorang pemilik bisnis atau marketing tidak perlu lagi harus door-to-door menawarkan produk dan jasanya lewat selebaran pamflet, fliers dan sebagainya. Hal itu sudah kuno, makan waktu, tenaga, biaya dan kurang efisien.

Dengan SEO, maka bisnis Anda akan secara otomatis menjalankan proses marketingnya sendiri (automated digital marketing) setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Bagaimana bisa?.

Saat ini hampir setiap orang terkoneksi dengan internet dengan gadget-nya. Mereka semua adalah potensial konsumen Anda. Coba perhatikan perilaku orang yang mencari sesuatu lewat Google. Hampir bisa dipastikan jika orang hanya akan memberikan respons (melakukan klik) hanya pada halaman pertama saja. Jarang sekali, bahkan hampir tidak ada orang yang mau menghabiskan waktunya dengan sukarela mencari sampai halaman 10 untuk mencari situs yang diinginkan. Apa Anda pernah?.

Dengan SEO, maka bisnis Anda akan secara otomatis menjalankan proses marketingnya sendiri (automated marketing) setiap hari selama 24 jam tanpa henti.

Proses SEO

Hal apa yang membuat sebuah website bisa ditampilkan dihalaman pertama oleh Google?. Sebagai seseorang yang berkecimpung didunia SEO, saya terlebih dahulu melakukan 2 hal mendasar, yaitu On-Page dan Off-Page.

  1. On-Page adalah hal-hal yang bersifat teknis yang harus ditingkatkan pada internal website yang ingin dilakukan proses optimisasi. On-Page ini meliputi, meta tag, meta description, meta title, permalink, content dan struktur web secara keseluruhan.

  2. Off-Page adalah proses teknis eksternal untuk menaikkan reputasi sebuah website agar mudah dikenali (visibility + crawlability) oleh mesin pencari. Misalnya dengan cara menanamkan link referal seperti backlink kontekstual, social media, social bookmarking dan lain sebagainya.

Selain melakukan proses optimisasi mesin pencari, seorang SEO Executive juga memiliki tanggung jawab untuk membuat reporting mengenai statistik misalnya jumlah visitor, kenaikan visitor, bounce rate, backlink amount, dan lain sebagainya melalui bantuan Google Analytic yang terintegrasi dengan situs website yang bersangkutan.

Nah, setelah memahami begitu pentingnya SEO dalam bisnis, apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya?. Atau mungkin ingin cara yang lebih cepat?. Maka Anda bisa menggunakan saja jasa seo terpercaya atau hubungi saya disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar SEO dan internet marketing.

How SEO turns your business more effective
How SEO turns your business more effectively

Tri Haryadi Selasa, 14 Oktober 2014
Juara Dunia MotoGP 2014 diraih Marc Marquez di Motegi Jepang

Juara Dunia MotoGP 2014 diraih Marc Marquez di Motegi Jepang. Meskipun gelaran MotoGP masih tersisa 3 seri lagi di Philip Island - Australia, Sepang - Malaysia dan Ricardo Tormo - Spanyol namun tak akan merubah hasil akhir. Pasalnya Marc Marquez alias si Baby Allien telah mengukuhkan namanya sebagai sang juara MotoGP 2014 setelah seri Motegi, Minggu (12/10) berakhir.

Meskipun race kemarin (12/10) dimenangi oleh Jorge Lorenzo, namun hal tersebut tak mengubah keadaan. Dengan podiumnya Marquez di posisi ke-2 maka praktis ia pun memuncaki klasemen MotoGP 2014 sekaligus menyandang gelar juara dunia dengan raihan 312 point yang diikuti oleh Valentino Rossi dengan raihan 230 point. Sedangkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo harus puas berada ditempat ketiga dan keempat dengan hasil perolehan masing-masing 230 point dan 227 point.

Dengan berakhirnya balapan di Motegi Jepang minggu kemarin, maka gelar juara sudah dapat dipastikan diberikan kepada Marc Marquez meskipun 3 gelaran MotoGP seri berikutnya masih tersisa.

Di awal race, Valentino Rossi yang berada di row pertama di belakang Dovizioso langsung melesat melampaui rider pabrikan Ducati tersebut sesaat race dimulai. Selama beberapa putaran Rossi memimpin jalannya balapan dan sempat membuat celah yang cukup signifikan dengan Lorenzo, rider yang berada dibelakangnya.

Sempat memimpin selama 6 lap, akhirnya Valentino Rossi mau tak mau harus melepaskan Jorge Lorenzo mendahuluinya setelah ia dengan sempurna melakukan overtake di tikungan. Sesaat setelah melewati Rossi, ia pun langsung membuat jarak aman dengan selisih yang cukup jauh lebih dari 1 detik.

Rossi yang sempat berada di posisi kedua sebenarnya memiliki peluang yang cukup besar untuk podium di posisi kedua. Namun kepiawaian Marquez mampu memperkecil jarak hingga hanya terpisah 0,15 detik dari Vale. Marc Marquez yang berada tepat di belakang Valentino membuatnya lebih waspada dan berusaha agar pembalap bernomor 93 tersebut tidak turut pula melewatinya.

Namun ternyata usaha Vale sia-sia karena akhirnya Marquez pun berhasil mendahului pembalap paling senior di MotoGP tersebut hingga akhirnya ia pun memantapkan diri berada di posisi kedua hingga garis finish dan race berakhir. Podiumnya Marquez di posisi dua tersebut akhirnya mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia MotoGP 2014. Ia pun sukses mencatatkan rekor sebagai pembalap termuda yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP selama 2 kali berturut-turut (2013 dan 2014).

Meskipun 3 seri masih tersisa dan Marc Marquez telah di dapuk sebagai sang juara dunia, namun tentu saja hal tersebut tak menyurutkan keseruan MotoGP dalam setiap gelaran-gelarannya. Saksikan 3 seri MotoGP yang tersisa di Trans7 dengan jadwal sebagai berikut:

Oktober 18, 2014 (Kualifikasi) Philip Island, Australia, Jam 23.00 WIB
Oktober 19, 2014    (Siaran Langsung) Jam 10.00 WIB

Oktober 25, 2014 (Kualifikasi) Sepang, Malaysia, Jam 23.00 WIB
Oktober 26, 2014    (Siaran Langsung) Jam 13.00 WIB

November 8, 2014 (Kualifikasi) Ricardo Tormo Valencia, Spanyol, Jam 23.00 WIB
November 9, 2014  (Siaran Langsung), Jam 10.00 WIB

Kemenangan Marc Marquez di Motegi Jepang 2014
(image:reuters) Kemenangan Marc Marquez di Motegi Jepang 2014

Tri Haryadi Senin, 13 Oktober 2014
Hasil pemilihan ketua MPR RI 2014 (Ketua MPR yang baru)

Hasil pemilihan ketua MPR RI 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2014 kemarin akhirnya berujung pada keputusan pemenangan kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dengan mengangkat Zulkifli Hasan sebagai ketua MPR yang baru periode 2014-2019.

Sidang pemilihan ketua MPR RI yang baru memang terbilang cukup alot meskipun jalannya sidang jauh lebih kondusif jika dibandingkan dengan pemilihan Ketua DPR RI. Sidang tersebut diketuai oleh Maimanah Umar selaku pimpinan jalannya sidang. Sidang pertama digelar siang hari selama kurang lebih dua setengah jam namun akhirnya diskors sampai batas waktu yang tentatif.

Sidang kedua akhirnya dimulai kembali sekitar pukul 23.00 malam hari dan berakhir sekitar pukul 04.00 dengan proses voting tertutup yang dilangsungkan tak lama setelah para fraksi mengemukakan pandangan politiknya. Sidang yang berjalan selama kurang lebih 7 jam tersebut akhirnya mengerucut kepada keputusan kemenangan tipis pihak kubu Koalisi Merah Putih. KMP yang mengajukan Zulkifli Hasan dari PAN sebagai pimpinan paket B dengan perolehan suara sebanyak 347. Sedangkan dari kubu KIH yang mengusung paket A dengan calon pimpinan MPR Oesman Sapta Odang mendapatkan 330 suara atau selisih 17 suara dengan 1 suara abstain (tidak memilih).

Terpilihnya Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (PAN) melalui voting tertutup memang cukup mendebarkan karena melalui sistem ini para pemilih dijamin kerahasiaannya sehingga bisa saja terjadi kemungkinan swing voters dari kedua belah pihak. Secara keseluruhan, sidang MPR yang dihadiri 10 fraksi partai dan 1 fraksi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) berjalan cukup kondusif dari awal hingga akhir meskipun hujan interupsi masih tetap terjadi.

Merapatnya kubu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dipimpin oleh PDI-P memang seperti membawa "angin" kemenangan bagi KIH, terlebih lagi KIH mengusulkan Oesman Sapta Odang (pimpinan DPD) untuk dicalonkan sebagai ketua MPR RI yang di wakili oleh 4 orang dari partai koalisi Indonesia Hebat.

Seperti diketahui jika pada pemilihan Ketua dan Wakil MPR RI 2014 kali ini menggunakan sistem paket yang artinya kedua partai koalisi (KIH dan KMP) masing-masing mengajukan paket seperti yang telah diatur oleh Pasal 21 ayat (3) UU 1/2014 dengan komposisi pengajuan satu ketua dan empat wakil. Adapun dua paket yang diajukan oleh masing-masing KMP dan KIH adalah sebagai berikut:

Komposisi Paket MPR dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) - PDI-P (PAKET A)
- Ketua: Oesman Sapta Odang (Dewan Perwakilan Daerah)
- Wakil: Ahmad Basarah (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Imam Nahrawi (Partai Kebangkitan Bangsa), Hazrul Aswar (Partai Persatuan Pembangunan) dan Patrice Rio Capella (Partai Nasional Demokrat).

Komposisi Paket MPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) - Gerindra (PAKET B)
- Ketua: Zulkifli Hasan (Partai Amanat Nasional)
- Wakil: Mahyudin (Golkar), Hidayat Nur Wahid (Partai Keadilan Sejahtera), EE Mangindaan (Demokrat), dan Oesman Sapta Odang (Dewan Perwakilan Daerah)

Dengan kemenangan KMP baik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) maka praktis legislatif dikuasai oleh partai koalisi pimpinan Partai Gerindra yang diketuai oleh Prabowo Subianto.

Beberapa pengamat politik berasumsi jika kemenangan KMP di MPR memiliki visi misi untuk mengembalikan pemilihan Presiden di masa mendatang ke pangkuan MPR (bukan dipilih secara langsung oleh rakyat), amandemen (revisi) Undang-undang Dasar terutama yang mengatur mengenai fungsi dan kekuasaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), penjegalan langkah kebijakan pemerintah hingga kepada pemakzulan (impeachment) Presiden terpilih. Namun tentu saja hal tersebut belum dapat dibuktikan karena proses pemerintahan baru saja akan dimulai. Kita lihat saja apa yang akan terjadi.

Apa pun hasil yang akhirnya didapatkan, namun itulah demokrasi yang harus tetap di junjung tinggi. Rakyat Indonesia seyogya-nya harus tetap bersatu untuk terus mengawal jalannya pemerintahan baru dengan sebaik-baiknya karena apa pun yang terjadi, kekuatan dan kedaulatan akan selalu ada ditangan rakyat.

Sidang paripurna MPR RI 2014, 7-8 Oktober
Sidang paripurna MPR RI 2014, 7-8 Oktober
Red: Tri Haryadi

Tri Haryadi Rabu, 08 Oktober 2014