Strategi marketing paling efektif biaya murah ala Xiaomi

Memulai sebuah bisnis memang bukan hal sederhana. Banyak langkah dan strategi yang semestinya dipikirkan dan dikuasai terlebih dahulu sebelum benar-benar terlanjur melangkah dan terjun ke suatu bidang bisnis tertentu.

Hal yang paling krusial tentu saja manakala hendak memasarkan produk atau jasa yang Anda hasilkan kepada masyarakat. Banyak tips dan trik yang dapat dilakukan. Sebagai referensi, mungkin kisah sukses dari sebuah perusahaan ponsel asal Tiongkok, Xiaomi ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang pada saat ini telah memiliki bisnis maupun Anda yang baru mulai membangun sebuah usaha.

Nama brand Xiaomi saat ini memang telah mendunia. Brand smartphone asal negeri Tirai Bambu ini sukses menjual sebanyak 5000 unit ponsel hanya dalam waktu kurang dari 8 menit. Saking suksesnya, Xiaomi bahkan telah mampu melampaui penjualan Samsung di China. Dengan kesuksesannya tersebut, brand ini akhirnya berhasil menembus lima besar merk ponsel yang mendominasi penjualan di dunia disamping Samsung, Apple, Huawei dan Lenovo. Tentu saja tanpa strategi yang jitu maka mustahil pencapaian tersebut dapat dilakukan.

Strategi Marketing Efektif Ala Xiaomi

Kesuksesan Xiaomi tak dapat dipisahkan dari kesuksesan produk iPhone dari Apple. Mengapa demikian?. Xiaomi memiliki tampilan User Interface (UI) yang mengadaptasi dari tampilan iPhone namun dengan berbasis Android. Sebelum peluncurannya, Xiaomi berhasil mengkondisikan keadaan di dunia maya dan "mempermainkan" psikologi dari masyarakat yang menjadi targetnya. Peluncuran Xiaomi dibuat menjadi heboh dan di dramatisir sehingga berhasil menciptakan euforia di masyarakat.

Dengan harga sepertiga dari produk iPhone, masyarakat di Tiongkok bisa mendapatkan smartphone yang kualitas dan fiturnya tak kalah dengan produk Apple tersebut. Produk Xiaomi memiliki spesifikasi yang tinggi namun mampu dijual dengan harga yang kompetitif. Pertanyaannya adalah "kenapa bisa"?.

1. Viralitas Sosial Media
Inilah kejeniusan Lin Bin, Presiden Xiaomi dalam mencari celah memasarkan produknya dengan bugdet yang rendah. Ia menggunakan sistem viralitas di dunia maya dengan memanfaatkan sosial media. Dengan "mengemasnya" menggunakan konten yang menarik dan berbeda, tentu orang-orang pun akan dengan senang hati menyebarkannya di berbagai situs jejaring sosial. Keadaan yang di dramatisir membuat publik menanti. Pada saat inilah Lin Bin melakukan pemasarannya dengan cara posting sebuah foto produk Xiaomi dengan embel-embel promosi. Alhasil, dalam waktu kurang dari 10 menit, 150 ribu unit Xiaomi pun ludes terjual. Posting Lin Bin bahkan telah di bagikan oleh pengguna jejaring sosial lebih dari 2 juta kali dan mendapatkan komentar positif yang hampir menembus 1 juta komentar.

2. Hunger Marketing
Sebuah strategi pemasaran bernama Hunger Marketing disinyalir juga menjadi salah satu faktor kesuksesan Xiaomi. Di saat produk Xiaomi mulai dikenal dan tersebar luas sehingga menciptakan permintaan pasar yang tinggi, justru jumlah produk Xiaomi yang dijual terbatas. Inilah "strategi pemasaran lapar" yang menjadi bagian dari skenario pemasaran. Xiaomi pun mendadak menjadi barang yang ekslusif, paling diincar dan menjadi topik pembicaraan yang hangat di situs-situs yang membicarakan gadget.

3. Hanya Sebatas Online
Xiaomi tidak memiliki toko offline yang menjual produk secara retail ke masyarakat. Semua penjualan hanya dilakukan secara online melalui situs website resmi. Dengan strategi ini, tentu semua biaya dapat ditekan hingga ke batas yang maksimal. Xiaomi tidak perlu menganggarkan pengeluaran untuk segala jenis biaya operasional seperti sewa toko, membayar pegawai dan lain sebagainya. Satu-satunya biaya yang diperhitungkan hanyalah biaya pengiriman barang kepada konsumen saja.

4. Memiliki Forum Sendiri
Tak ada hal yang lebih menyenangkan bagi pengguna selain bisa mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan produk Xiaomi dengan mudah. Hal inilah yang kemudian membuat Xiaomi meluncurkan forum miliknya sendiri yang secara rutin memberikan update terbaru perihal produk baru mereka serta berbagai macam thread yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Hingga saat ini pengguna terdaftar di Xiaomi forum sudah mencapai lebih dari 28 juta anggota. Selain menjadi forum diskusi sesama pengguna Xiaomi, forum ini juga dapat menjadi channel pemasaran yang efektif dan jenius.

Strategi marketing paling efektif biaya murah
Lin Bin, Presiden Xiaomi

Melalui salah satu program temu wicara, Lin Bin memberikan beberapa tips strategi marketing paling efektif biaya murah yang bisa dilakukan oleh para pengusaha yang ingin mendapatkan kesuksesan seperti dirinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harus Berbeda Dan Kompetitif
Differensiasi adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Produk Anda harus dapat memenuhi ekspektasi konsumen dan memiliki added value atau nilai lebih yang dapat menjadi pembeda dari produk yang serupa. Selain differensiasi, hal yang tak kalah penting adalah dari segi kompetitif, yaitu selain memiliki nilai lebih dimata konsumen, produk tersebut juga harus memiliki nilai yang kompetitif baik dari segi harga maupun spesifikasinya.

2. Harus Bisa Menyentuh Konsumen Anda
Produk yang dihasilkan harus dapat menyentuh sisi pribadi dari konsumen Anda sehingga setiap konsumen yang menggunakan produk Anda akan merasa spesial. Hal ini diterapkan Xiaomi dengan fitur dan tampilan UI yang bisa disesuaikan dengan masing-masing karakter penggunanya. Hal inilah yang menjadikan Xiaomi unik dan spesial bagi penggunanya.

3. Pemasaran Online
Tak ada yang lebih menguntungkan daripada pemasaran yang dilakukan secara online. Dengan budget yang minim, pada saat ini Anda bisa mempromosikan produk Anda ke berbagai channel media informasi di internet seperti sosial media, buzzer, blogger dan sebagainya. Bahkan dengan sedikit budget, Anda juga sudah bisa menggunakan jasa SEO agar penjualan lebih optimal lagi.

4. Komunitas
Rajin-rajinlah mempromosikan produk di berbagai group dan forum online. Forum atau portal biasanya memiliki jumlah anggota yang banyak. Dengan memanfaatkan forum, maka pemasaran yang Anda lakukan akan jauh lebih efektif dan dapat langsung terlihat dalam waktu yang singkat.

0 komentar:

Poskan Komentar