Mengenal profesi SEO (Search Engine Optimization) Executive

SEO (Search Engine Optimization), mungkin banyak dari Anda yang belum merasa familiar dengan profesi ini. Ya, profesi ini memang tergolong sebagai profesi yang unik dan berbeda dengan kebanyakan profesi lainnya yang ada di Indonesia. Mengapa disebut demikian?

Ya, inilah profesi yang mungkin tidak Anda dapatkan mata kuliahnya di kampus atau sekolah dimana dulu Anda menuntut ilmu. Profesi SEO Executive memang bisa dibilang murni otodidak sehingga dapat dipelajari oleh siapa pun orangnya selama memiliki kemauan yang keras, pantang menyerah, mau terus belajar dan mempraktekkannya. Meskipun dapat dipelajari, namun berdasarkan pengalaman saya, entah mengapa hanya 1 dari 10 orang yang benar-benar mau untuk mempelajarinya.

Bagi Anda yang setiap hari berhubungan dengan internet, pernahkah sekali waktu Anda mencari sesuatu di mesin pencari misalnya dengan menggunakan mesin telusur atau mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Tentu pernah bukan?. Hampir 99,99% semua jenis kata kunci pencarian tersedia dan bisa ditampilkan oleh Google hanya dalam rentang waktu kurang dari 2 detik. Dengan respon yang cepat Google langsung menampilkan 10 situs teratas (1st page) dengan korelasi dan relevansi kata kunci pencarian sesuai dengan yang Anda cari. Luar biasa bukan?.

Mungkin hampir disaat yang bersamaan Anda kemudian berpikir bahwa terdapat ratusan ribu bahkan jutaan situs di dunia yang mungkin memiliki korelasi yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang Anda masukkan. Kemudian mengapa Google memilih 10 situs tersebut untuk ditampilkan di halaman pertama. Apa pertimbangannya?. Apakah hal tersebut merupakan suatu kebetulan?. Atau semacam sulap?. Tentu tidak.

Dunia maya bukanlah sulap apalagi sihir. Semua itu membutuhkan tehnik yang tidak dimiliki oleh semua orang. Selain logika, proses pengoptimalan kata kunci atau yang sering disebut sebagai proses optimisasi kata kunci juga memerlukan "senses" dan juga "taste". Jadi bukan semata-mata hanya mengandalkan logika dan kemampuan Anda dalam berpikir saja, akan tetapi juga unsur senses dan taste yang ada pada diri seorang yang berprofesi sebagai Search Engine Optimizer. Itulah tidak jarang orang yang berpendapat jika SEO adalah ilmu seni.

Jika masih terdengar absurd, maka mari kita mengandaikan orang yang berprofesi sebagai SEO sebagaimana seorang seniman pembuat patung. Apa yang meski diketahui oleh seorang seniman pemahat patung sebelum ia membuat patung?. Yang pertama pasti ia telah mengetahui konsep dasar sebuah patung, bahan serta komposisi yang digunakan, konstruksinya, akan dibentuk menjadi apa, berapa ukuran/dimensinya (besar, kecil, sedang), dari mana memulainya, apa yang akan dibentuk pertama kali dan lain sebagainya.

Namun lebih dari itu, seorang pemahat/pengukir patung harus memiliki jiwa seni yang tinggi karena apa artinya sebuah barang seni yang dibuat tanpa rasa seni. Akankah ia akan menjadi barang seni yang memiliki nilai seni?. Patung dan seni adalah dua faktor yang tidak dapat dipisahkan. Adalah seni yang membuatnya menjadi barang mahal dan ekslusif. Begitu juga halnya dengan SEO yang juga mempelajari tentang "karakter" dari sebuah mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google memiliki lebih dari 200 faktor perangkingan yang kemudian dikenal sebagai Algoritma (Logika). Seorang yang berprofesi SEO mempelajari bagaimana perilaku sebuah mesin pencari dan apa yang perlu ia lakukan dalam menentukan hasilnya.

Fungsi SEO

SEO menjadi strategi marketing paling penting dalam berbisnis, terutama bisnis online karena apa artinya Anda membuat toko online atau situs E-Commerce tanpa adanya orang yang berkunjung?. Tentu akan sia-sia. SEO adalah bentuk revolusi dari sebuah cara memasarkan produk dan jasa dengan cara yang jauh lebih modern, yaitu lewat internet. Seorang pemilik bisnis atau marketing tidak perlu lagi harus door-to-door menawarkan produk dan jasanya lewat selebaran pamflet, fliers dan sebagainya. Hal itu sudah kuno, makan waktu, tenaga, biaya dan kurang efisien.

Dengan SEO, maka bisnis Anda akan secara otomatis menjalankan proses marketingnya sendiri (automated digital marketing) setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Bagaimana bisa?.

Saat ini hampir setiap orang terkoneksi dengan internet dengan gadget-nya. Mereka semua adalah potensial konsumen Anda. Coba perhatikan perilaku orang yang mencari sesuatu lewat Google. Hampir bisa dipastikan jika orang hanya akan memberikan respons (melakukan klik) hanya pada halaman pertama saja. Jarang sekali, bahkan hampir tidak ada orang yang mau menghabiskan waktunya dengan sukarela mencari sampai halaman 10 untuk mencari situs yang diinginkan. Apa Anda pernah?.

Dengan SEO, maka bisnis Anda akan secara otomatis menjalankan proses marketingnya sendiri (automated marketing) setiap hari selama 24 jam tanpa henti.

Proses SEO

Hal apa yang membuat sebuah website bisa ditampilkan dihalaman pertama oleh Google?. Sebagai seseorang yang berkecimpung didunia SEO, saya terlebih dahulu melakukan 2 hal mendasar, yaitu On-Page dan Off-Page.

  1. On-Page adalah hal-hal yang bersifat teknis yang harus ditingkatkan pada internal website yang ingin dilakukan proses optimisasi. On-Page ini meliputi, meta tag, meta description, meta title, permalink, content dan struktur web secara keseluruhan.

  2. Off-Page adalah proses teknis eksternal untuk menaikkan reputasi sebuah website agar mudah dikenali (visibility + crawlability) oleh mesin pencari. Misalnya dengan cara menanamkan link referal seperti backlink kontekstual, social media, social bookmarking dan lain sebagainya.

Selain melakukan proses optimisasi mesin pencari, seorang SEO Executive juga memiliki tanggung jawab untuk membuat reporting mengenai statistik misalnya jumlah visitor, kenaikan visitor, bounce rate, backlink amount, dan lain sebagainya melalui bantuan Google Analytic yang terintegrasi dengan situs website yang bersangkutan.

Nah, setelah memahami begitu pentingnya SEO dalam bisnis, apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya?. Atau mungkin ingin cara yang lebih cepat?. Maka Anda bisa menggunakan saja jasa seo terpercaya atau hubungi saya disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar SEO dan internet marketing.

How SEO turns your business more effective
How SEO turns your business more effectively

0 komentar:

Posting Komentar