Juara Dunia MotoGP 2014 diraih Marc Marquez di Motegi Jepang

Juara Dunia MotoGP 2014 diraih Marc Marquez di Motegi Jepang. Meskipun gelaran MotoGP masih tersisa 3 seri lagi di Philip Island - Australia, Sepang - Malaysia dan Ricardo Tormo - Spanyol namun tak akan merubah hasil akhir. Pasalnya Marc Marquez alias si Baby Allien telah mengukuhkan namanya sebagai sang juara MotoGP 2014 setelah seri Motegi, Minggu (12/10) berakhir.

Meskipun race kemarin (12/10) dimenangi oleh Jorge Lorenzo, namun hal tersebut tak mengubah keadaan. Dengan podiumnya Marquez di posisi ke-2 maka praktis ia pun memuncaki klasemen MotoGP 2014 sekaligus menyandang gelar juara dunia dengan raihan 312 point yang diikuti oleh Valentino Rossi dengan raihan 230 point. Sedangkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo harus puas berada ditempat ketiga dan keempat dengan hasil perolehan masing-masing 230 point dan 227 point.

Dengan berakhirnya balapan di Motegi Jepang minggu kemarin, maka gelar juara sudah dapat dipastikan diberikan kepada Marc Marquez meskipun 3 gelaran MotoGP seri berikutnya masih tersisa.

Di awal race, Valentino Rossi yang berada di row pertama di belakang Dovizioso langsung melesat melampaui rider pabrikan Ducati tersebut sesaat race dimulai. Selama beberapa putaran Rossi memimpin jalannya balapan dan sempat membuat celah yang cukup signifikan dengan Lorenzo, rider yang berada dibelakangnya.

Sempat memimpin selama 6 lap, akhirnya Valentino Rossi mau tak mau harus melepaskan Jorge Lorenzo mendahuluinya setelah ia dengan sempurna melakukan overtake di tikungan. Sesaat setelah melewati Rossi, ia pun langsung membuat jarak aman dengan selisih yang cukup jauh lebih dari 1 detik.

Rossi yang sempat berada di posisi kedua sebenarnya memiliki peluang yang cukup besar untuk podium di posisi kedua. Namun kepiawaian Marquez mampu memperkecil jarak hingga hanya terpisah 0,15 detik dari Vale. Marc Marquez yang berada tepat di belakang Valentino membuatnya lebih waspada dan berusaha agar pembalap bernomor 93 tersebut tidak turut pula melewatinya.

Namun ternyata usaha Vale sia-sia karena akhirnya Marquez pun berhasil mendahului pembalap paling senior di MotoGP tersebut hingga akhirnya ia pun memantapkan diri berada di posisi kedua hingga garis finish dan race berakhir. Podiumnya Marquez di posisi dua tersebut akhirnya mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia MotoGP 2014. Ia pun sukses mencatatkan rekor sebagai pembalap termuda yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP selama 2 kali berturut-turut (2013 dan 2014).

Meskipun 3 seri masih tersisa dan Marc Marquez telah di dapuk sebagai sang juara dunia, namun tentu saja hal tersebut tak menyurutkan keseruan MotoGP dalam setiap gelaran-gelarannya. Saksikan 3 seri MotoGP yang tersisa di Trans7 dengan jadwal sebagai berikut:

Oktober 18, 2014 (Kualifikasi) Philip Island, Australia, Jam 23.00 WIB
Oktober 19, 2014    (Siaran Langsung) Jam 10.00 WIB

Oktober 25, 2014 (Kualifikasi) Sepang, Malaysia, Jam 23.00 WIB
Oktober 26, 2014    (Siaran Langsung) Jam 13.00 WIB

November 8, 2014 (Kualifikasi) Ricardo Tormo Valencia, Spanyol, Jam 23.00 WIB
November 9, 2014  (Siaran Langsung), Jam 10.00 WIB

Kemenangan Marc Marquez di Motegi Jepang 2014
(image:reuters) Kemenangan Marc Marquez di Motegi Jepang 2014

0 komentar:

Posting Komentar