Efek Google honeymoon dan relasinya terhadap kontes SEO

Seberapa sering anda mendengar istilah Google Honeymoon?. Sering? atau mungkin belum pernah sama sekali?. Nah, pada posting kali ini saya akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan efek Google Honeymoon dan relasinya terhadap kontes seo. Namun, sebelum saya membahas lebih jauh lagi mengenai apa yang dimaksud dengan efek Google Honeymoon dan relasinya terhadap kontes SEO, mari kita mencari tau apa yang dimaksud dengan Google Honeymoon.
Google Honeymoon adalah suatu efek dimana artikel baru (fresh content article) menjadi penilaian yang paling utama bagi Google untuk menempatkannya pada urutan teratas SERP Google.

Adapun masa tenggang ataupun periode artikel fresh content yang mendapatkan efek dari Google Honeymoon ini sangat bervariasi, bisa bersifat sementara ataupun bisa menjadi tetap. Semua itu tergantung dari optimasi yang diberikan terhadap artikel tersebut. Inilah salah satu efek dari Google yang dianggap dapat menguntungkan pemilik blog atau situsnya karena secara algoritma, Google telah memberikan nilai plus dari fresh content tersebut. Selebihnya, tergantung kepada teknik dan bagaimana cara anda mengoptimasi artikel fresh content anda.

Nah, sampai disini apakah sudah bisa dimengerti dengan baik?. Pastinya ya. Kemudian pembahasan saya masuk pada tahap yang selanjutnya, yaitu bagaimanakah relasi atau hubungan antara Efek Google Honeymoon ini terhadap kontes SEO?. Jika anda pemerhati ataupun praktisi SEO tentunya akan sangat mencermati bagaimana karakteristik SERP (Search Engine Result Page) di Google, untuk mempermudahnya saya akan memberikan sebuah trik khusus terhadap fenomena yang terjadi pada SERP Google. Pernahkah anda memperhatikan SERP Google di halaman depan tiba-tiba berubah hampir secara keseluruhan ( berubah sekitar 70%-80%) pada kontes SEO yang menargetkan kata kunci tertentu?. Biasanya itu dapat menjadi indikasi terjadinya Google Honeymoon.

Saya akan mengambil sebuah contoh  anchor text atau kata kunci pada kontes SEO "Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia". Tentunya persaingan dalam kontes SEO akan sangat ketat dan blog-blog para master telah mengisi barisan halaman Google SERP. Namun suatu ketika terjadilah fenomena ini, hal tersebut bisa dicermati dari berubahnya hasil SERP, biasanya berdasarkan "waktu atau kapan artikel tersebut di posting". Jika hasil SERP menunjukan "1 jam yang lalu", "2 jam yang lalu" atau "1 hari yang lalu" dan seterusnya, maka pada saat inilah SERP Google tengah goyang dan artikel fresh content biasanya yang memenuhi halaman depan Google.

Menurut teori dan analisa saya pribadi yang saya pelajari tentang SEO (bisa saja saya salah toh pada kenyataannya tidak ada satupun webmaster dan seo master yang benar-benar bisa menganalisa ataupun memprediksi dengan pasti hasil SERP. Inilah hukum probabilitas dimana optimasi menjadi hal yang paling penting), Google Honeymoon cukup berelasi dengan efek Google Dance meskipun mungkin hanya kecil sekali karena pada saat inilah algoritma Google memilih dan memilah artikel mana yang sekiranya paling relevan dan pantas untuk mengisi halaman depan, bersifat sementara atau tidaknya artikel-artikel tersebut, lagi-lagi itu semua tergantung dari optimasi. Jika anda belum mengetahui apa itu Google Dance, maka silakan baca terlebih dahulu artikel tentang Google Dance pada posting sebelumnya.

Nah, efek Google Honeymoon yang bisa terjadi sewaktu-waktu ini biasanya dimanfaatkan para kontestan SEO pada penghujung kontes SEO tersebut akan berakhir. Untuk menyiasatinya biasanya yaitu dengan cara reposting artikel agar kembali menjadi fresh content. Hal ini tentunya akan sangat membawa keuntungan bagi sebagian kontestan, sebab bisa jadi efek tersebut bisa bertahan lama dan blog baru dengan postingan baru yang minim optimasi bisa menjadi pemenangnya. Anyway, who knows what's Google doing, right?. Inilah salah satu kejadian yang paling menyakitkan bagi sebagian kontestan yang telah berusaha susah payah optimasi mati-matian tapi ternyata pemenang kontes SEO adalah artikel fresh content. Hidup memang terasa kurang adil bagi sebagian orang, tapi itulah algoritma Google. Meskipun begitu, efek Google Honeymoon ini sangat jarang, jadi tetaplah berusaha untuk menang dengan cara optimasi terbaik.

6 komentar:

  1. apa ketika kita terkena dampak google honeymoon terus kita optimasi offpage artikel kita akan bertahan terus di urutan tersebut?
    thanks artikelnya menarik sekali..

    BalasHapus
  2. @Cahaya Blog: efek google moon ini salah satunya bisa di lihat di kontes seo Indehost. Hasil fluktuatif menandakan google sangat reaktif terhadap posting baru yang relevan dan unik konten. Untuk artikel lama biasanya dengan cara reposting kembali. Jangan terburu-buru melakukan optimasi karena berdasarkan pengalaman pribadi, kurang lebih diperlukan jeda 1-2 hari agar artikel bisa firm di halaman tersebut, setelah dirasa posisi sudah bisa bertahan, silakan dilakukan optimasi. Demikian. Jika ada kekurangan atau kekeliruan dalam analisa saya, sebelumnya saya minta maaf karena algoritma google bukanlah ilmu pasti. Jadi harus jeli melihat perkembangan dari algoritma pencarian yang sedang digunakan google.

    BalasHapus
  3. Memang susah memprediksi algoritma google. Btw ini blognya master seo nih :). Thx for share bro.

    BalasHapus
  4. ini ni yaang bikin rugi para kontestan seo yang udah sesepuh optimasi bisa digeser sama blog yang dapat google honeymoon

    BalasHapus
  5. @Channelbola: Master SEO??. Waduh,,salah orang sob :D..ane nubietol kok.
    @sekedar wawasan: iya, ada kalanya seperti itu sob, tapi kan ga selamanya. googlehoneymoon itu modelnya kaya cewek lagi datang bulan, bisa datangnya telat bisa juga datangnya lebih cepet..yang paling tau ya cewek itu sendiri..yahhh,gitulah kira-kira analoginya. Jadi sejauh pengetahuan saya, lebih baik optimasi dari awal daripada cuma sekedar berharap dari honeymoon saja. CMIIW. Thanks for passing by :)

    BalasHapus
  6. bETUL KALI itu kata Tri, usaha harus tetap d utamakan jangan cuma berharap dan berharap mendapatkan durian jatuh dari Goglehoneymoon,,

    BalasHapus