Senang punya domain baru tapi sekaligus sedih..

Senang punya domain baru tapi sekaligus sedih juga..mungkin itu yang saya rasakan saat ini. Keceriaan saya tiba-tiba terenggut begitu saja oleh google sesaat setelah domain yang kemarin saya beli sudah mulai online bertepatan di hari ini. Ajang kontes seo yang awalnya saya ikuti dengan semangat menggebu-gebu tiba-tiba harus tersungkur jauh dari "ingatan" google entah untuk rentang waktu berapa lama. Mengapa begini?. Timbul pertanyaan.."Mungkinkah saya melakukan kesalahan pada google?". Entahlah..Ahh, yang pasti saya memang sedang tak ingin berbagi kebahagiaan dulu hari ini.

Para webmaster menyebutnya "google dance" atau tarian google dalam bahasa Indonesia. Mengapa disebut tarian?. Menurut para pakar seo hal tersebut disebabkan oleh perkembangan grafik blog yang tidak wajar (naik turun sehingga seperti sebuah tarian)"dimata" google. Istilah google dance ini pun bukan dari google sendiri, tapi para seo master yang menyebutnya sebagai google dance. Google menyebut hal ini sebagai sebuah fenomena dari perkembangan algoritma googlebot. Apa yang menyebabkan terjadinya google dance pada blog/situs?. Salah satunya adalah perkembangan jumlah backlink yang tumbuh dan "ngebut" dalam waktu yang relatif singkat, salah duanya adalah faktor kualitas backlink berdasarkan umur domain serta tingkat relevansinya terhadap blog sobat. Salah tiganya bisa juga karena kualitas konten artikel yang diposting bukan unique content hingga terjadi duplikasi konten. Atau mungkin saja copy-paste dari sebuah artikel yang reposting kembali tanpa di edit lagi.

Meskipun google dance atau google panda ini tak se-edan google sandbox, tapi efeknya cukup menyakitkan!. Halaman yang tadinya terindex di halaman pertama yang sekaligus sebagai penyumbang visitor terbanyak tiba-tiba meski terhempas jauh dari "peradaban dunia" index google. Efeknya ya tentu saja berkurangnya visitor, berkurangnya visitor berbanding lurus dengan berkurangnya penghasilan blog yang memang mengandalkan jumlah visitor untuk mendapat keuntungan dari google adsense (iklan dari google). Dan yang paling sial tentu saja yang seperti saya ini. Ikut kontes seo tapi ga muncul sama sekali di serp (search engine result page). Sedih..

Jadi apa yang harus saya lakukan?. Para ahli menyebutkan bahwa blog/website akan kembali normal lagi dalam jangka waktu tertentu (bersifat sementara) jika melakukan beberapa hal dibawah ini. Bagaimana dengan tingkat keberhasilannya?. Ya tergantung usaha sih ☺.
  • Yang pertama hindari duplikat konten saat melakukan posting. Selalu berikan fresh content buat "makanan" utama blog.
  • Update posting secara teratur, berkala atau terjadwal serta menggunakan link ke halaman utama blog. Update post secara teratur tentunya akan membawa efek dan kestabilan bagi blog sobat.
  • Hindari berburu backlink yang berlebihan, apalagi korelasinya kurang atau tidak relevan dengan blog sendiri.
  • Bersabar, tetap semangat, berdoa dan bersikap biasa saja menghadapi cobaan ini karena hampir rata-rata sebagian besar blogger pernah mengalaminya. Jadi jangan buru-buru resign dulu jadi blogger ☺
  • Silakan jika masih ada yang mau nambahin ^_^ v
Demikian, semoga bermanfaat.
Oiya, gara-gara cerita goyangan google saya jadi lupa kalo saya lagi sedih..Tapi sekarang jadi inget lagi :((.

2 komentar:

  1. index google lama
    serp satu persatu hilang

    BalasHapus
  2. Web saya jg kena malware :((
    moga yang berbuat curang terhadap domain ane kena' batunya :(

    BalasHapus