Definisi dan cara penggunaan Anchor Text yang efektif pada blog


Sebelum saya berbicara lebih jauh mengenai bagaimana penempatan anchor text di dalam sebuah blog, marilah kita memahami terlebih dahulu apa definisi anchor text dan cara penggunaan anchor text yang efektif untuk optimalkan sebuah blog?. 
Anchor text atau text jangkar dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai text yang berisi muatan link yang berfungsi sebagai penghubung halaman-halaman baik didalam atau diluar blog itu sendiri. 
Contoh anchor text yang saya gunakan untuk menuju ke halaman utama (homepage) blog ini:
(http://www.triharyadi.web.id/) dengan anchor text “Tri Haryadi”, maka hasilnya akan seperti ini: Tri Haryadi
Kode HTML dari anchor text tersebut adalah <a href=”http://www. www.triharyadi.web.id /”>Tri Haryadi</a>

Anchor text juga dapat "dipertajam" fungsinya jika,
  • Anchor text memiliki relevansi diantara halaman-halaman sebuah blog, biasanya berupa judul atau konten yang memiliki relasi. Sebagai contoh: Jika blog anda berisi tentang artikel yang berhubungan dengan properti, usahakan anchor text anda masih berhubungan dengan bidang properti, misalnya: rumah, apartemen, gedung, atau mungkin kata “properti” itu sendiri dapat anda jadikan anchor text dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang dapat anda terapkan di blog anda.
  • Memiliki kemiripan (similarity) konten halaman yang satu dengan halaman yang lain. Sebagai contoh: Halaman A membahas seputar properti dan Halaman B mengenai perkembangan bisnis properti. Maka anda dapat memulai untuk membuat internal link menggunakan anchor text dengan menggunakan kata-kata yang telah saya sebutkan diatas. Itu hanyalah sebagai salah satu contoh, tapi  saya yakin para pembaca yang pintar dan kreatif seperti anda pastinya telah memiliki banyak kata-kata kunci anchor text yang telah anda ciptakan dalam benak anda sendiri bukan? ☺
Nah, pertanyaan selanjutnya, “Seberapa pentingkah anchor text didalam sebuah blog atau website?”
  • Anchor text tak kalah pentingnya dengan isi atau konten pada sebuah blog. Menanam anchor text didalam blog secara tepat adalah modal awal dalam pembangunan internal link (internal link building) yang paling efektif dan sangat berpengaruh terhadap SEO. Bahkan anda dapat melihat bagaimana website-website dengan Pagerank (Google PR) tinggi menggunakan anchor text didalam halaman-halamannya dan beberapa diantaranya bahkan menggunakan tehnik ini sebagai salah satu cara terbaik untuk optimasi dan dinilai paling efektif.
Penempatan anchor text dengan efektif.
  • Meskipun anchor text adalah salah satu cara paling efektif dalam optimasi SEO, namun penempatan yang kurang tepat dan berlebihan justru akan membawa efek yang merugikan terhadap blog itu sendiri. Anchor text yang terlalu banyak dan terkesan “memaksakan” dalam penempatannya didalam suatu kalimat didalam sebuah konten justru malah tidak akan memiliki efektifitas yang berarti. Sebagian search engine bahkan dapat menganggapnya sebagai spam. Jadi, tempatkanlah anchor text dengan tepat, bijak dan tidak berlebihan.
Sebagai tambahan dari saya, berdasarkan pengamatan, pengalaman serta beberapa referensi yang saya dapatkan, anchor text yang baik adalah anchor text yang tidak lebih dari 70 karakter (70 characters).

Itulah sedikit pembahasan mengenai “Definisi dan cara penggunaan Anchor Text yang efektif” yang semoga saja memberi manfaat bagi para blog builder yang sekaligus menjadi pembelajaran khususnya bagi diri saya sendiri dan orang lain, termasuk anda para pembaca yang pintar.
Wassalam.

1 komentar: