Tips membuat konten artikel yang baik dan SEO Friendly didalam blog


Konten..konten..dan konten..Jika anda bertanya mengenai tips membuat konten artikel yang baik dan SEO Friendly didalam blog serta seberapa penting nilai konten dalam sebuah blog kepada saya, maka saya berpendapat bahwa konten sangat memegang peranan yang sangat penting dalam membangun sebuah blog yang baik, berkarakter dan tentunya Seo friendly.
Bahkan saya menilai konten dengan menggunakan perumpamaan “Content is The King” atau konten adalah raja yang merupakan salah satu penentu Seo On Page.  
Seo On Page sendiri dapat diartikan sebagai salah satu cara optimalisasi blog secara internal, biasanya dapat dimulai dari nama domain yang mudah di ingat, memiliki keterkaitan (relevan) dengan konten yang ada didalamnya, pemasangan meta tag yang benar, pemilihan template yang ringan, serta faktor-faktor pendukung pembangunan blog lainnya yang masih banyak lagi untuk disebutkan. 

Namun, artikel saya pada kali ini lebih menitik-beratkan pada pembahasan satu hal saja, yaitu mengenai pemahaman mengenai “Tips bagaimana cara membuat konten artikel yang baik dan SEO Friendly didalam blog”. Saya juga akan membahas mengenai faktor lain penentu SERP, namun hanya sebagai pelengkap saja karena saya akan membahasnya dilain kesempatan.

Konten pada sebuah blog merupakan salah satu elemen penting yang sangat memegang peranan dalam system Algoritma Google khususnya di tahun 2011, hal ini yang kemudia dipertegas oleh Matt Cutts yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Webspam Google melalui statemen-statement-nya diberbagai media. Matt Cutts, melalui blog serta akun twitternya menjabarkan mengenai Google Panda dan hubungannya terhadap konten suatu blog. Meskipun tak diungkapkan secara detail dan hanya garis besarnya saja, namun hal tersebut dapat gunakan sebagai salah satu dasar referensi atau acuan dalam membuat konten yang berkualitas, bukan bermaksud untuk menguatkan asumsi saya semata, namun juga karena hal tersebut didukung pula oleh orang yang memang berkompeten dibidangnya.

Kembali lagi ke masalah konten. Lalu  “Bagaimana cara membuat konten artikel yang baik dan SEO Friendly didalam blog?”. Berikut penjelasannya.

  • Pilih keyword atau kata kunci yang banyak dicari orang.
Keyword adalah hal terpenting didalam konten sebuah blog. Saran saya, pilihlah sebuah keyword yang paling sering dicari orang!. Jika keyword dinilai terlalu banyak dipakai orang lain dan terlalu kompetitif, maka anda dapat menggunakan alternatif tambahan yang jitu, misalnya:
Untuk keyword “ Agen Travel Indonesia”, anda dapat memodifikasinya menjadi lebih spesifik menjadi “Agen Travel Murah dan Terbaik di Indonesia”. Tambahan kata “murah” dan “terbaik” akan membuat tingkat kompetisi keyword akan lebih kecil, namun tetap memiliki tingkat SEO yang baik. Hal tersebut bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk memposisikan blog atau website anda pada Google SERP.
  •  Tempatkan keyword dengan hati-hati.
Search engine tidak hanya menganalisa pemilihan kata-kata kunci didalam sebuah konten, tapi juga masalah penempatannya. Menempatkan keyword diawal atau di alinea pertama akan menghasilkan SERP yang lebih baik. Penempatan keyword yang tidak pas atau banyaknya live-link keluar yang digunakan pada keyword justru bisa menempatkan blog anda dalam posisi yang rawan terkena Google Panda karena justru malah bisa dianggap sebagai spam.
  • Berusahalah menjadi “Pakar” mengenai topik yang anda bahas.
Blog yang memiliki beberapa konten yang saling terkait dengan topik atau relevansi yang sama akan memiliki penilaian yang baik bagi search engine, terlebih lagi bila anda menempatkan anchor text dan link yang saling berhubungan. Sebagai contoh:
“Agen travel murah dan terbaik di Indonesia” dan “ Menggunakan jasa agen travel untuk perjalanan ke luar kota”. Nah, tinggal anda menempatkan sebuah anchor link dengan text yang serupa atau kurang lebih sama. Untuk dua buah contoh kalimat diatas, anda dapat menggunakan “Agen travel” sebagai anchor text dan membuat relasi berupa link yang menuju ke halaman lain yang membahas tentang agen travel.
  • Berikan sedikit “penekanan” pada keyword.
Keyword yang memiliki text yang berwarna dan transparan membuat perbedaan antara “white hat” dan “black hat” SEO. Berikan underline, bold, italic, atau bermain pada ukuran text yang sedikit lebih “besar”.
  • Biasakan menulis konten yang original dan bukan hasil copy-paste.
Inilah hal yang paling penting dalam SEO. Jangan pernah membiarkan hasil dari copy-paste “mematikan” kreatifitas dan juga “mengotori” blog anda. Sebagai tambahan dari saya adalah “anda tak akan pernah mendapatkan posisi yang baik dalam SERP”, dan itu adalah hal yang pasti. Jadi ada baiknya jika anda kembali fokus ke rencana awal anda saat anda memutuskan untuk membuat sebuah blog, sehingga anda akan tetap konsisten.

Pilihlah waktu yang baik saat anda ingin menulis, sehingga dengan sendirinya konten akan terasa fresh karena anda menulisnya dengan mood yang baik dan jangan pernah memaksakan diri untuk menulis saat anda sedang tak ingin menulis. Namun hal yang paling membawa efek paling merusak adalah duplikat konten, dan pola copy-paste adalah salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Jika ada duplikat konten didalam blog anda, maka bersiap-siaplah. Karena pada saat googlebot berkunjung dan “mengobrak-abrik” isi blog anda dan menemukan dua halaman berbeda dengan konten yang sama, artikel tersebut akan langsung “ditendang” keluar dari Google index oleh algoritma Google terbaru, yaitu Google Panda. Hasilnya, artikel anda tak akan ada lagi di dalam index halaman Google search.
  • Tentukan target siapa penikmat konten anda.
Banyak visitor sebuah blog yang hanya singgah sebentar kemudian berlalu dari blog anda. Mengapa demikian? Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah konten. Suguhilah visitor anda dengan tulisan-tulisan yang berkualitas, sehingga memberikan nilai tambah bagi blog yang anda sedang bangun. Setiap pemilik blog pasti ingin memiliki loyal visitor yang selalu datang berkunjung bukan?. Nah, anda bisa memperolehnya jika artikel anda menarik, informatif dan enak untuk dibaca.
  • Konten harus mudah dibaca.
Berikan warna yang jelas dan kontras antara background atau latar blog anda dengan warna text yang digunakan sehingga artikel akan terasa nyaman untuk dibaca dan bukan hanya SEO Friendly saja, tapi juga EYES Friendly ☺. Untuk hal ini, anda dapat menghindari penggunaan warna yang senada diantara kedua elemen tersebut.
  • Konten yang panjang dan berbobot lebih SEO Friendly.
Inilah bagian dari pengembangan Algoritma Google Panda. Saat Pagerank dan backlink (tergantung dari tingkat kepercayaan situs tersebut menurut pandangan Google) tidak lagi membawa pengaruh yang berarti, maka Matt Cutts menekankan bahwa kini pencarian di search engine Google lebih menekankan pada konten yang fresh dan unik (fresh and unique content). Dan satu hal lagi yang menjadi penentu adalah, panjang atau pendeknya sebuah artikel menjadi salah satu faktor penentu tingkat kepercayaan Google Crawler untuk mencari artikel yang panjang, berbobot, unik, fresh dan saling memiliki keterkaitan (relevancy) diantara halaman-halamannya. Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat blog dengan konten yang lebih SEO Friendly?.

Nah, semoga artikel singkat yang membahas mengenai “Tips bagaimana cara membuat konten artikel yang baik didalam blog” dapat bermanfaat. Saya akan memberikan tips-tips lagi dilain waktu dengan pembahasan yang berbeda, dan semoga saja bisa kembali memberikan manfaat. Wassalam.

3 komentar:

  1. wow mantap mas, ini sebuah konten yang bisa dibilang seo friendly, tidak mengumbar livelink, tapi bisa dicoba dengan teknik review, seolah kita merujuk pada suatu artikel yang linknya keluar tapi itu justru menguntungkan kita sendiri, mungkin belum terbukti secara maksimal sih, tapi sudah saya coba, happy blogging

    BalasHapus
  2. mksh ya mas atas tipsnya,, berkunjung balik N jgn lupa komentar disini http://rasyashare.blogspot.com/2012/05/rebutan-rumah-gratis-semudah-1-2-3.html

    BalasHapus
  3. @yoetama: iya, mas yoetama juga kan sekarang udah master untuk urusan konten ;)
    @Rebutan Rumah Gratis Semudah 1-2-3: iya sama2 mas, nanti saya berkunjung. Terima kasih atas komentar anda berdua.

    BalasHapus