Posting Sebagai Obat Penangkal Jenuh Ngeblog

Bosan dengan optimasi yang saya lakukan terhadap beberapa kontes SEO yang beberapa waktu lalu dan saya ikuti hingga kini, akhirnya saya pun memutuskan untuk posting sebuah artikel sebagai obat penangkal jenuh ngeblog yang biasanya manjur untuk saya. Menulis bagi saya adalah yang hal yang menyenangkan dan membuat hati saya jadi "adem ayem tentrem" layaknya sebuah jargon iklan di TV, meskipun tata bahasa yang saya gunakan banyak kekurangan disana-sini sehingga jadi miskin makna atau jadi kurang enak dibaca, tapi tak apalah karena minimal tulisan ini bisa bermanfaat bagi diri saya sendiri dan kalau andainya memang tak bermanfaat bagi orang lain, saya tetap menilainya dengan positif thingking. Ya, itung-itung belajar ngetik sekalian fitness jari supaya lebih berotot,hehehe. 

Dua kontes SEO yang saya ikuti ini kini telah memasuki bulan pertama dan memang saya berusaha menjalani dengan sebaik-baiknya. Optimasi yang saya lakukan pun biasa-biasa saja, karena saya sadar blog www.triharyadi.web.id ini baru seumur jagung sekaligus tanpa pagerank alias pagerank 0. Anda bisa melihat dari label posting dan melihat pada bulan apa saya pertama kali posting dan berapa jumlah posting dalam blog ini. Tapi mengapa mengapa SERP blog ini cukup baik?. Mari kita cari tau.

Kontes demi kontes yang saya ikuti beberapa waktu lalu banyak yang berakhir dengan kegagalan. Kurangnya pengetahuan saya akan SEO dan diri saya yang terlalu antusias justru malah membuat saya tersingkir dari beberapa kontes seo yang berusaha saya menangi. Meskipun begitu, kontes SEO yang hancur dan carut marut sedemikian rupa pun tetap membuahkan sesuatu bagi saya, yaitu "pembelajaran yang sangat berharga" dan page rank. Yep, page rank url halaman web yang saya konteskan beberapa waktu lalu kini telah ber-pagerank. Ternyata hasil kerja keras seorang newbie tetap "dibayar" oleh Google. Alhamdulillah keringat newbie ini seakan tak lagi menjadi sia-sia. Dan itulah sisa dari kontes saya beberapa waktu lalu.

Berangkat dari kegagalan satu ke kegagalan berikutnya dan seterus dan seterusnya sampai saat ini, akhirnya saya pun banyak menerima pembelajaran dari apa yang saya lakukan di masa lalu. Yang saya lakukan pertama kali adalah berusaha memperbaiki struktur internal blog, kemudian beralih dengan membuat konten yang baik dengan harapan bisa sedikit lebih SEO friendly, kemudian didukung dengan penggunaan anchor text yang efektif, membangun internal link, meta tags, deskripsi blog, keyword density dan lain sebagainya. Selanjutnya baru mulai melangkah "keluar rumah" yaitu berkunjung ke beberapa blog tetangga untuk blogwalking di malam hari menjelang tidur dan membuat eksternal link sebagai "rambu-rambu" bagi search engines agar dia tak kesasar tatkala ingin berkunjung ke blog saya.

Prinsip SEO secara sederhana pada dasarnya hanyalah seberapa searchable dan discoverable situs yang saya atau anda miliki di "mata" search engine. That's it!. 

Bagaimana caranya supaya situs anda bisa dengan mudah ditemukan oleh search engine?. Itulah teknik SEO. Dan teknik-teknik ini sangat beragam dan bermacam-macam. Namun saya akan mencoba untuk menjelaskannya pada kesempatan di lain waktu. Last but not least, disamping pengetahuan yang cukup tentang SEO juga berusaha natural dalam membangun link. Hal inilah yang menuntut ketajaman insting agar tak kebablasan dalam optimasi yang justru malah bisa merusak posisi SERP.

~ Algoritma google itu buatan orang pinter yang jumlahnya bejibun, jadi salah-salah sedikit saja pasti terlempar keluar arena SERP. So, be careful. ~ Tri Haryadi

0 komentar:

Poskan Komentar