Strategi SEO 2015, fokus dan perubahan taktik bisnis online

Strategi SEO 2015, fokus dan perubahan taktik bisnis online. SEO memang sesuatu yang terus berubah dari waktu ke waktu. Update baru dirilis, tren baru dibahas dan strategi baru juga terus dikembangkan. Hal tersebut adalah hal yang pasti dan akan terus berkembang. Pada tahun 2014 ini saja, tercatat sudah ada sekitar 13 perubahan kecil (minor update) algoritma Google yang berhasil di rilis oleh Moz.com terhitung sejak Januari hingga Desember.

Sepertinya memang tahun 2015 menjadi tahun yang menantang bagi saya dan mereka yang berkecimpung di dunia SEO. Selalu berusaha untuk tetap update dan menyesuaikan strategi-strategi baru merupakan sebuah keharusan. Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai jasa SEO, tentu perubahan-perubahan tersebut harus terus saya lakukan dengan maksud dan tujuan akhir pelayanan SEO yang prima demi tercapainya objektifitas/KPI klien.

Saya amati setidaknya akan ada 6 perubahan besar yang harus dilakukan guna mengoptimalkan proses SEO sehingga visibilitas suatu website dapat maksimal. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan traffic dari perangkat mobile
Sekedar flashback ke tahun 2012, Score.com pernah meramalkan jika organic traffic yang datang dari perangakat mobile seperti smartphone akan seimbang bahkan mampu melebihi pengguna yang datang dari desktop. Dan ternyata ramalan tersebut benar adanya. Terbukti di tahun 2014, hampir semua website bisnis telah membuat tampilan halaman website mereka responsif (liquid) yang artinya akan secara otomatis menyesuaikan dengan besar layar perangkat yang digunakan oleh pengguna. Google pun pernah mengatakan jika tampilan website yang responsif ini memiliki kesan yang lebih "ramah" dan terbukti mampu memberikan pengalaman terbaik bagi visitor. Teori tersebut diambil berdasarkan data dari CTR yang tinggi dan bounche rate (pentalan) yang rendah. Selain user friendly, tampilan web responsif juga terbukti search engine friendly.

2. Mengoptimalkan Google dan semua mesin pencari (Bing dan Yahoo)
Meskipun market share Google tetap berada diatas mesin pencari lainnya, namun tahun 2015 diperkirakan beberapa mesin telusur lain mulai berpikir untuk memiliki porsi yang lebih besar. Dengan menargetkan ke semua mesin pencari, itu berarti kemungkinan Anda mendapatkan leads akan jauh lebih besar juga.

3. Traffic atau kata kunci?
Jika Anda atau konsultan yang memberikan layanan jasa SEO masih memiliki metode hanya menekankan pada peringkat kata kunci dan menganggap hal tersebut merupakan keberhasilan sebuah kampanye digital, maka sudah saatnya Anda untuk mencari yang jasa SEO yang lebih baik. Jika objektifitas Anda adalah kata kunci, maka pastikan jika kata kunci tersebut adalah kata kunci yang mengandung potensial visitor. Laporan dapat dibungkus sedemikian rupa agar terlihat cantik, namun penargetan kata kunci tanpa adanya riset terlebih dahulu dikhawatirkan akan sia-sia. Oleh karenanya carilah jasa SEO yang terpercaya dan transparan agar objektifitas Anda tercapai.

Menarik untuk dibaca: #Jasa SEO profesional

4. Optimalkan channel sosial media
Media sosial dulunya hanya sebuah platform untuk berbagi konten dan konten yang menarik akan mendapatkan viral dari follower yang turut pula menyebarkannya. Namun saat ini, media sosial telah bergeser menjadi saluran pemasaran yang cerdas dan efektif bahkan banyak perusahaan telah menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan konsumennya. Gunakanlah sosial media seefektif mungkin selain menggunakan channel lain seperti SEO dan SEM (Adword). Menggunakan sosial media juga bisa menjadi salah satu strategi marketing online yang murah namun efektif.

Menarik untuk dibaca: #Strategi marketing online

5. Content marketing
Mendapatkan backlink secara natural adalah lebih baik daripada membangun backlink. Kelihatannya hampir sama, akan tetapi sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan. Mendapatkan backlink dengan natural adalah ketika visitor menganggap suatu konten yang mereka temukan di sebuah website memiliki nilai informasi yang bermanfaat. Dikemas dengan gaya bahasa semenarik mungkin adalah nilai plusnya yang membuat mereka dengan senang hati dan tanpa ragu menyebarkannya secara viral melalui sosial media kepada follower ataupun rekan-rekannya. Inilah yang disebut content marketing. Keuntungan membangun bisnis di Indonesia adalah karena salah satu perilaku konsumen di Indonesia yang bisa menjadi konsumen sekaligus marketing Anda secara gratis dimana saat konsumen Anda merasa puas, maka mereka pun tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Menarik untuk dibaca: #Bagaimana perilaku konsumen di Indonesia

6. Ekspand dan targetkan ulang kata kunci yang lebih potensial
Efektifitas sebuah kata kunci terkadang bukan karena besarnya search volume (angka pencarian) yang lebih generik, tapi berdasarkan minat atau interest. Inilah mindset yang harus Anda ubah. Seseorang yang benar-benar mencari dan memiliki ketertarikan terhadap sesuatu biasanya justru datang dari kata kunci yang lebih panjang (long tail keyword) dengan kompetisi yang lebih kecil (low competition). Namun bukan berarti kata kunci pendek tidak berperan sama sekali. Kata kunci atau keyword pendek sebaiknya turut pula digunakan namun di ekspan lagi menjadi kata kunci yang lebih panjang dan tertarget.

Strategi SEO 2015, fokus dan perubahan taktik bisnis online
Strategi SEO 2015, fokus dan perubahan taktik bisnis online

Beberapa strategi diatas merupakan opsi yang dapat Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda jauh lebih baik lagi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika Anda memiliki taktik bisnis online lain yang ingin dibagi. Jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar dan berbagi. Salam bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar