Bisnis offline modal kecil yang menguntungkan

Indonesia merupakan salah satu negara yang pada saat ini tengah mengalami kenaikan pertumbuhan ekonomi yang fantastis. Hal itu pula yang menyebabkan begitu banyaknya pebisnis baik dari dalam maupun luar negeri berlomba-lomba untuk menanamkan modal di negeri ini. Terlebih lagi jelang tahun 2015 dimana akan terapkan perdagangan bebas antar negara yang tergabung dalam ASEAN atau yang dikenal sebagai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Geliat pertumbuhan ekonomi yang pesat akhirnya memicu pertumbuhan bidang-bidang bisnis baru di tanah air khususnya bidang bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di industri ekonomi kreatif. Sesuai dengan namanya, permodalan UKM tentu tidak sebesar perusahaan-perusahaan dengan level korporasi. Bisnis ini lebih minim modal dan cenderung didominasi oleh Industri Rumah Tangga (IRT). Meskipun dengan modal yang sedikit, namun jika dikelola dengan manajemen baik tentu bisnis ini akan memiliki potensi yang besar di masa depan.

Untuk memulai sebuah bisnis kecil, tentu saja diperlukan modal. Modal itu sendiri dapat memiliki makna yang bermacam-macam dan tak melulu berkisar seputar keuangan. Bisa juga modal diartikan sebagai tenaga, pemikiran, kerja keras dan lain sebagainya.

Seorang entrepreneur sejati tentunya dapat memanfaatkan peluang apapun dan sekecil apapun yang ada disekelilingnya. Prinsipnya sangat sederhana, yaitu "kesulitan orang lain adalah peluang bagi kita". Hal tersebut bukan berarti kita mensyukuri kesulitan orang lain, akan tetapi justru kita membuka peluang usaha berkat adanya kesulitan-kesulitan yang dialami oleh orang lain.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini ingin membuka bisnis modal kecil yang menguntungkan, mungkin beberapa jenis usaha dibawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

1. Bisnis Kuliner
Anda hobi masak?. Jika ya, maka bisnis ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Untuk menghemat anggaran, Anda bisa mencobanya dengan budget yang kecil terlebih dahulu untuk mengetest pangsa pasarnya. Jika sekiranya cukup potensial, maka tambahkan modal untuk membuatnya lebih besar. Selain bisnis makanan matang, Anda juga bisa membuat bisnis makanan ringan seperti snack atau kue-kue kering.

2. Menjahit
Jika Anda memiliki keterampilan menjahit pakaian, maka cobalah untuk memasarkan kemampuan Anda kepada orang-orang terdekat seperti tetangga. Siapa tahu tetangga Anda memang sedang membutuhkan jasa jahit pakaian. Jika pun belum ada, paling tidak Anda sudah berpromosi sehingga sekarang tetangga Anda tahu jika Anda bisa menjahitkan pakaian.

Hal tersebut tetap menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. Jangan khawatir untuk bangkrut karena sesungguhnya Anda belum memasukkan modal apa-apa. Teruslah berpromosi guna menjaring konsumen. Bisnis ini kerap meningkat saat jelang hari besar seperti Hari Lebaran ataupun musim tahun ajaran baru dimana banyak orang tua yang ingin menjahitkan pakaian seragam sekolah anaknya.

3. Jualan Pulsa Elektrik
Jualan pulsa elektrik adalah salah satu bisnis yang paling rasional bagi siapa pun orangnya. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan modal awal 300 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membuka afiliasi dengan provider pulsa untuk menjadi agen. Segera jalin network dengan teman, relasi, tetangga dan orang-orang disekitar Anda agar bisnis tersebut bisa dijalankan dengan cepat.

4. Membuka Les Privat
Jika Anda memiliki kemampuan di bidang akademis, mengapa tidak membuka kelas les saja dirumah?. Les yang bisa diajarkan kepada anak-anak misalnya les bahasa Inggris, les matematika, les komputer hingga membuka pengajian. Cobalah untuk perhatikan lingkungan sekeliling Anda dan amati pangsa pasarnya seperti apa.

5. Warung
Meskipun terkesan bisnis yang cukup general, namun jika Anda jeli pasti bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Strategi marketing yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah perhatikan jarak dan lokasi warung yang akan Anda buat dengan warung lainnya. Apabila sekiranya berjauhan, maka potensi warung Anda akan ramai jauh lebih besar. Lihat juga item apa saja yang belum dimiliki oleh warung lain dan juga dari segi harganya agar warung Anda lebih kompetitif.

6. Bisnis Laundry
Bisnis laundry atau bisnis kecil jasa mencuci pakaian adalah bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan karena modal utamanya hanyalah mesin cuci, tenaga, deterjen dan listrik. Cobalah untuk mempromosikan terlebih dahulu ke orang-orang sekitar Anda. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengalokasikan sedikit dana untuk membuat umbul-umbul atau spanduk bertuliskan "Jasa Laundry Murah" untuk dipasang di depan rumah.

7. Design grafis
Anda memiliki kemampuan untuk membuat desain kartu nama, desain undangan, photo editing dan lain sebagainya?. Cobalah untuk mulai bermitra dengan usaha percetakan lainnya dengan menjadi pekerja lepas atau freelance.

8. Pijat
Untuk menekuni bisnis ini memang memerlukan skill dan keterampilan. Namun tentu saja tak ada keterampilan yang tidak dapat dipelajari jika memang Anda menginginkannya. Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal memijit, maka usaha ini bisa Anda pertimbangkan karena modalnya bisa dikatakan sangat minim, yaitu berbekal tenaga saja dengan prosentase keuntungannya pun nyaris 100%.

Bisnis kecil yang menguntungkan
Ilustrasi: Bisnis modal kecil menguntungkan
Demikianlah beberapa jenis bisnis offline modal kecil yang menjanjikan keuntungan. Sesungguhnya masih teramat banyak bisnis offline lainnya yang belum saya cantumkan melalui artikel yang singkat ini. Dan perlu untuk Anda ketahui bahwa apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan dengan tekad yang kuat karena tidak ada bisnis yang besar tanpa diawali dari bisnis kecil yang dibangun dengan keringat dan susah payah.

Sebagai referensi usaha lain, Anda dapat membaca artikel bisnis online yang pernah saya posting pada kesempatan sebelumnya. Selamat berwirausaha dan sukses selalu untuk Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar