Bisnis online modal kecil untuk mendapatkan uang dari internet

Mendapatkan uang dari internet, apakah mungkin?. Lalu bagaimana caranya?. Mungkin pertanyaan-pertanyaan barusan pernah terpikir oleh Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet yang akan saya ulas dalam artikel sederhana ini.

Internet saat ini mungkin telah menjadi keseharian dan akrab dengan hidup Anda, apalagi jika Anda merupakan individu yang gemar bersosialisasi di dunia maya lewat jejaring sosial, tentu semua mengakses internet adalah hal yang mutlak dilakukan setiap hari. Selain murah, peranan internet juga menjadi terdongkrak akibat pemasaran telepon selular canggih yang semakin besar di tanah air.

Beragam ponsel pintar atau smartphone pun kini hampir bisa dipastikan memiliki fitur untuk akses internet. Lewat ponsel, kini internet bisa diakses lebih mudah dan murah kapan saja dan dimana saja. Berdasarkan statistik dari sebuah sumber berita yang dapat dipercaya, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 80 juta orang dan porsi pengakses terbesar adalah yang berasal dari pengguna perangkat telpon seluler. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia online seperti saya, tentu ini merupakan berita bagus karena itu berarti semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari internet. Kemudian pertanyaannya adalah, apa saja bisnis yang dapat Anda lakukan agar bisa mendapatkan uang dari internet?.

Bisnis online modal kecil untuk mendapatkan uang dari internet


1. Membuat blog
Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari internet adalah dengan membuat blog. Membuat blog adalah hal yang mudah, namun konsisten untuk mengisi blog dengan materi-materi yang bermanfaat dan dicari orang tentu persoalan yang lain lagi. Tulislah materi yang benar-benar Anda kuasai agar blog yang Anda miliki bisa cepat terisi oleh artikel-artikel yang berkualitas. Beberapa materi yang paling umum digunakan di blog misalnya artikel yang mengulas seputar teknologi, aneka resep masakan dan kuliner, tips dan informasi, umum, travel, properti, design interior dan masih banyak lagi macamnya. Pilih mana yang paling Anda sukai dan paling kuasai.

Untuk mendapatkan uang dengan cara ini memang tidak bisa instan, lagi pula memang ada yang benar-benar instan dalam hidup? Tentu tidak!. Semuanya butuh proses panjang dan cukup melelahkan bagi sebagian besar orang, tapi tentu hal tersebut tidak menjadi kendala bagi Anda yang memang dari awalnya memiliki tekad yang kuat. Sedikit nasihat dari saya untuk Anda yang baru ingin memulai membuat blog, jangan langsung berorientasi pada uang tapi lakukanlah untuk berbagi. Seiring dengan berjalannya waktu, uang akan datang dengan sendirinya. Bagaimana bisa?

Dengan meningkatnya jumlah artikel di blog Anda, seiring itu pula jumlah kunjungan visitor di blog Anda perlahan tapi pasti merangkak naik. Saat itulah Anda bisa mencoba untuk menjadi afiliasi dengan Google dan menjadi publisher PPC (Pay per Click) Google Adsense. Silakan langsung menuju situs Google untuk mengetahui secara detail bagaimana mendaftarkan blog Anda untuk bekerjasama dengan Google Adsense.

2. Membuat toko online
Bagi Anda yang memiliki produk untuk dipasarkan, toko online bisa menjadi salah satu alternatif paling bagus untuk memasarkan produk Anda selain dengan cara konvensional (metode offline) yang mungkin biasa Anda lakukan. Dengan memasarkan produk lewat internet maka tentu pangsa pasar Anda menjadi luas dan tak terbatas. Ibaratnya laut, Anda tak akan pernah tahu berapa banyak jumlah ikan didalamnya atau sebesar apa ikan yang mungkin bisa Anda tangkap. Namun jika Anda memiliki peralatan memancing yang baik serta perahu yang layak, tentu ikan sebesar kakap atau tuna pun tak ayal bisa Anda tangkap.

Membangun sebuah toko online, tentu tak seperti membangun sebuah blog karena baik dari segi persaingan pasar maupun perlakuan akan berbeda. Toko online tentu akan berorientasi pada keuntungan yang harus Anda dapatkan dengan cepat guna membiayai berbagai macam biaya operasional toko online yang Anda kelola. Dari segi persaingan dan kompetitor, toko online termasuk memiliki tingkat persaingan yang tinggi dalam mesin pencari. Untuk itu Anda membutuhkan berbagai macam tehnik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari orang-orang yang datang melalui mesin pencari menuju ke situs toko online milik Anda. Beberapa tehnik tersebut diantaranya adalah dengan menggunakan pemasaran lewat Google Adwords atau dengan SEO yang tentunya harus Anda pelajari dan kuasai terlebih dahulu dengan waktu yang tidak sebentar.

Jika saat ini Anda bingung bagaimana memasarkan produk yang Anda jual di internet dengan cepat, Anda bisa kontak saya disini untuk berkonsultasi maupun menggunakan jasa SEO dari saya.

3. Menjadi penulis freelance
Bagi Anda yang memiliki bakat menulis, menjadi penulis artikel freelance atau yang dikenal sebagai content writer juga bisa menghasilkan uang yang jumlahnya tak sedikit. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia SEO, saya memiliki kerjasama dengan para penulis konten. Penulis konten ini biasanya sangat dibutuhkan dan kerap bekerja sama dengan digital agensi untuk melakukan proses optimisasi dan eksekusi SEO yang dilakukan oleh digital agensi tersebut. Namun dengan syarat, konten artikel harus baik dan memenuhi kaidah SEO.

Konten biasanya terbagi menjadi 2, yaitu konten off page dan konten on page. Adapun rata-rata harga sebuah artikel off page yang digunakan untuk proses optimisasi dengan jumlah 200 kata bernilai 4-7 ribu rupiah tergantung dari kualitas konten itu sendiri. Sedangkan artikel on page adalah artikel premium untuk digunakan didalam website itu sendiri. Harga artikel jenis ini bervariasi, dari mulai puluhan ribu, ratusan hingga jutaan rupiah per-artikelnya dengan jumlah kata mencapai 500 hingga 1000.

Demikianlah beberapa bidang bisnis online modal kecil yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya masih banyak bisnis-bisnis lain yang bisa menjadi referensi Anda. Namun akan saya kupas di lain waktu. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi: Bisnis online modal kecil untuk mendapatkan uang dari internet

0 komentar:

Poskan Komentar