Terima kasih google, saya kena google dance

Akhirnya artikel Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia saya diguncang google panda juga. Setelah sempat beberapa hari mejeng di page satu google akhirnya hari ini google memberikan hukuman pancung terhadap artikel kontes saya. Hukuman tersebut saya rasakan manakala secara tiba-tiba artikel tersebut mental jauh ke halaman belakang. Ya, inilah yang namanya Google dance makanan sehari-hari para blogger dan praktisi SEO, apalagi newbie macam saya ini.

Google dance adalah resiko yang mesti dihadapi manakala terlibat dalam "permainan" disebuah kontes SEO. Dan google dance memang sangat erat kaitannya dengan proses optimasi yang dilakukan walaupun artikel konten artikel sudah keliatan baik dan seo friendly. Sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal dan terasa menyakitkan, seperti yang kini saya alami. Akan tetapi nampaknya sikap nrimo dan legowo menjadi salah satu hal paling bijak yang saat ini bisa saya lakukan. Habisnya mau apalagi, marah-marah sama google ya ngga mungkin, hehehe. Minta maaf??. Ngga ah, saya kan orangnya egois :D

Lalu apakah nasib artikel Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia ini harus berakhir sampai disini alias sekian dan terima kasih??, mungkin saja iya mungkin saja tidak. Ada treatment khusus yang mesti saya lakukan guna menyiasati kesialan saya ini. Tapi kira-kira apa ya treatment tersebut??. Masih TOP SECRET dong. Bak seorang detektif profesional Inggris Sherlock Holmes, saya pun kini tengah terlibat dalam sebuah penyelidikan besar-besaran bernilai miliaran rupiah yang melibatkan banyak instansi pemerintahan termasuk Roy Surya yang juga seorang praktisi IT Indonesia terkemuka itu lho.  (percaya nggak??).Ya nggak mungkinlah,hahaha.

Masih dari seputaran hotspot gratisan Seven Eleven, saya pun mulai merangkum bukti-bukti konkrit otentik faktual tajam dan terpercaya dari berkas-berkas blogwalking saya. Dan AHAAA!! saya hampir bisa menemukan jawabannya. Setelah menilai, menimbang dan memutuskan akhirnya saya mengambil beberapa kesimpulan paling logis yang menyebabkan saya ketimpa musibah seperti ini. Jangan dulu buru-buru mengucapkan "turut berduka cita" ataupun "berbela sungkawa" atas musibah yang saya alami karena saya belum mati. Baru akan...,hehehe.

Dan inilah fakta-fakta yang berhasil saya dapatkan dari hasil kolaborasi bersama Roy Surya, itu lho..orang yang tadi saya sebut-sebut namanya. Jawaban-jawaban tersebut akhirnya saya dapatkan melalui sebuah dialog bathin 2 arah:

Question: "Saya merasa bahwa saya tidak melakukan optimasi yang berlebihan, semuanya saya lakukan secara wajar dan normal-normal saja, jadi dimana letak kesalahan saya??"
Answer: "Bisa jadi optimasi yang menurut kamu tidak berlebihan tetap terasa berlebihan manakala:
Blog-mu sing jeneng'e triharyadi.web.id iki isih minim umur, jadi saat blog-mu ini tiba-tiba kenceng backlink'e, google jadi curiga, ngerti sampeyan?
Question: "Oh gitu ya..ada lagi mungkin?"
Answer: "Oh ya, bisa jadi juga misalnya kebetulan kamu ketika blogwalking terus naruh backlink di blog orang yang di blacklist oleh google, bisa jadi lho..
Question: "Hmmm, mungkin juga. Apa ada lagi?"
Answer: "Cukup segitu dulu". Sekedar nasehat aku aja sih ini, boleh diterima boleh nggak sa'karepe dewe.
1. Hindari duplikat konten saat melakukan posting dan lakukan posting secara teratur dulu.
2. Berhenti sejenak untuk mencari backlink.
3. Bikin artikel sundulan ke arah artikel kontes-mu itu seperti artikel yang kamu buat ini.
4. Biasanya google dance hanya bersifat sementara, dan akan kembali normal dalam jangka waktu 3 hari sampai 1 minggu jika kamu melakukan apa yang tadi aku bilang.
Question: "Oh, gitu ya..makasih atas nasehatnya mbah..mbah siapa ya namanya?"
Answer: "Mbah..mbah dengkul mu melocot, aku ini ya kamu sendiri!!".

Dialog bathin itupun akhir menyimpulkan poin-poin penting yang justru saya tidak dapatkan dari orang lain, tapi dari bertanya ke diri saya sendiri, karena sesungguhnya orang yang paling tau kesalahan kita adalah diri kita sendiri. Bukan begitu bukan? (Bukannnn!!. Lho kok bukan? Jawabannya harus "iya" dong). Itulah hasil yang saya dapatkan dari hasil kontemplasi semalam suntuk. Dan anehnya lagi, saya bukannya sedih, tapi senang banget dan belum pernah saya merasa senang se-senang hari ini. Aduh, bener deh, senang banget rasanya bisa kena google dance. Itu tandanya google perhatian sama saya. Terima kasih google.

3 komentar:

  1. Ane juga lagi kena google dance nih... bikin pusing kepala :D. Thx infonya gan...

    BalasHapus
  2. Sy sudah mengalami sekitar seminggu lebih tapi koq gak balik-balik lagi ya gan? ada solusi lain gak gan? Hukum|Status Hukum

    BalasHapus
  3. iya nih gan,saya saja udah kena google dance, tapi sayabiarin saja lah ,

    BalasHapus