Arti Target Pasar, Cara Menentukan dan Kenapa Penting Untuk Bisnis

Arti Target Pasar
Arti Target Pasar | Pixabay


Mengelola bisnis di era modern tidak bisa dilakukan asal-asalan. Semua langkah yang kamu ambil harus berdasarkan data dan perhitungan yang akurat. Jika tidak, produk yang kamu tawarkan bisa saja tidak dilirik oleh pasar. 

Bukan karena tidak berkualitas, namun masalah ini lebih mengarah kepada produk yang dipasarkan tidak sesuai dengan target pasar yang dipilih. 

Dalam pembahasan ini kita akan mengenali apa itu target pasar, dan kenapa target pasar ini sangat penting untuk bisnis. Bahkan dalam artikel bisnis modern, target pasar disebut sebagai faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis.


Target Pasar, dan Kenapa Penting Untuk Bisnis

Secara sederhana, target pasar bisa diartikan sebagai sekelompok konsumen, atau pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan preferensi yang sama, serta dapat menerima dan diterima oleh bisnis yang kamu jalankan. 

Menentukan target pasar jadi hal yang penting bagi bisnis. Selain untuk membantu menentukan fokus bisnis, target pasar sangat penting diperhatikan untuk memastikan produk atau layanan dapat diserap sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Berikut beberapa beberapa alasan kenapa kamu harus menentukan target pasar sebelum memulai menjalankan bisnis:

  1. Efisiensi pemasaran, terutama dalam penggunaan anggaran produksi, promosi, distribusi  dan pemasaran. Dengan cara ini, gambaran modal dan keuntungan bisa dilihat lebih jelas. 

  2. Peningkatan hasil pemasaran dengan memahami kebutuhan pelanggan potensial, dan memastikan strategi pemasaran lebih terfokus, menjangkau pelanggan yang tepat.

  3. Pengembangan produk jadi lebih terfokus, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. 

  4. Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan cara memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

  5. Peningkatan keuntungan dengan memastikan produk atau layanan dapat diserap sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Intinya, dengan menentukan target pasar yang tepat, strategi pengembangan bisnis jadi lebih mudah terfokus. 


Faktor-faktor Yang Berpengaruh Pada Target Pasar

Menentukan target pasar tidak boleh dilakukan secara serampangan. Ada sejumlah langkah yang harus diperhitungkan dengan cermat dan akurat. Berikut beberapa faktor yang jadi pertimbangan saat menentukan target pasar.

  1. Demografi Pasar, meliputi karakteristik populasi seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, dan status perkawinan. 

  2. Psikografi Pasar, meliputi kepribadian, sikap, perasaan, dan motivasi pelanggan dalam membuat keputusan pembelian. 

  3. Geografi Pasar, mencakup lokasi geografis dari pelanggan potensial, seperti negara, wilayah, kota, atau bahkan komunitas tertentu. 

  4. Perilaku Belanja Pelanggan, mencakup cara pelanggan membuat keputusan pembelian, yang meliputi informasi yang dicari, proses pembelian, dan faktor lainnya yang berpengaruh pada keputusan pembelian. 

Keempat faktor di atas harus diperhitungkan dengan sangat matang. Jika dibutuhkan kamu bahkan bisa melakukan survei terlebih dahulu, kemudian catat semua yang ada di lapangan sehingga didapat data-data yang lebih akurat.

Ada tiga cara yang bisa diambil dalam melakukan survei pasar ini, yakni:

  1. Membentuk tim internal sendiri yang langsung terjun ke pasar

  2. Bekerjasama dengan pihak ketiga dalam proses pengumpulan data. 

  3. Menggabungkan dua unsur tersebut untuk didapat kesimpulan yang lebih mendalam, dan kamu bisa lebih memahami kebutuhan pasar. 

Dari ketiga cara di atas, cara no.3 paling banyak dipilih oleh pebisnis baru yang belum menentukan target pasarnya. Sementara cara pertama dan kedua banyak dilakukan untuk mencari kecocokan antara pasar dan produk yang tersedia.

Bagaimana. Sudahkan menemukan kecocokan antara pasar dengan produk atau jasa yang ditawarkan? Jika bisnismu belum berkembang, bisa jadi ini karena kamu salah menentukan target pasar. Yu evaluasi lagi!