Arti BNIB Yang Viral di TikTok. Benarkah Barang Baru?

Arti BNIB Yang Viral di TikTok
Arti BNIB Yang Viral di TikTok | Pixabay


Baru-baru ini viral di TikTok dan sosial media lainnya istilah BNIB atau brand new in box. Biasanya istilah ini digunakan saat seseorang saat menawarkan produk-produk fashion, seperti sepatu, pakaian, barang elektronik tertentu, dan lainnya. 

Menariknya, produk-produk ini dijual dengan harga yang cukup murah. Lantas, apa arti dari BNIB dan bagaimana caranya produk yang diklaim masih baru ini, dapat dijual lebih murah dari harga aslinya.


Arti BNIB Yang Viral di TikTok

Secara simple, istilah BNIB atau brand new in box ini merujuk kepada barang yang masih berada dalam kotak atau masih baru dan belum pernah digunakan, namun terpaksa dijual karena alasan tertentu, misalnya salah ukuran, dan lainnya. 

Istilah BNIB sendiri kebanyakan digunakan untuk menawarkan produk-produk seperti sepatu atau barang elektronik. Sedangkan untuk produk pakaian, ada padanan lain yang dikenal dengan istilah brand new with tag atau BNWT.

Sama seperti BNIB, BNWT merupakan produk yang dijual dengan label yang masih melekat di produk tersebut. Dengan kata lain, produk tersebut masih sangat baru, dan belum pernah digunakan, namun dijual karena alasan tertentu.


Kelebihan dan Kekurangan Barang BNIB

Baik BNIB maupun BNWT banyak diburu karena punya beberapa kelebihan ketimbang membeli produk baru langsung dari toko, diantaranya: 

  1. Kondisi barang masih baru dan biasanya masih tersegel, sehingga kualitasnya masih sangat bagus. 

  2. Produk yang dijual umumnya produk asli, dimana keaslian barang ini bisa dicek lewat melihat kode pada kemasannya. 

  3. Kamu bisa melakukan negosiasi harga untuk bisa mendapatkan produk BNIB maupun BNWT dengan harga lebih murah. 

Selain memiliki kelebihan, produk BNIB maupun BNWT memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  1. Harga jual produk BNIB maupun BNWT masih cukup tinggi dibandingkan dengan produk bekas atau barang preloved. 

  2. Tingkat legalitas produk masih diragukan. Meski produk baru, namun bisa saja produk BNIB didapat dengan cara-cara yang ilegal. 

  3. Masih mungkin produk tersebut palsu. Apalagi jika kamu tidak mampu membedakan mana produk asli dan produk palsu.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, produk BNIB maupun BNWT layak untuk diperhitungkan. Apalagi kalau kamu mampu membedakan mana produk asli dan produk palsu, atau produk ilegal.


Alasan Produk BNIB Lebih Murah

Seperti dijelaskan sebelumnya, produk BNIB maupun BNWT jauh lebih murah dibandingkan dengan produk baru, namun kondisinya cenderung sama (produk baru dari outlet resmi dengan produk BNIB maupun BNWT).

Ada dua alasan mendasar yang membuat harga produk ini jauh lebih murah, diantaranya adalah: 

  1. Produk BNIB maupun BNWT biasanya didapat dari luar negeri sehingga harga belinya mengikuti harga jual negara tersebut, bukan mengikuti harga jual standar dari toko official yang ada di Indonesia.

  2. Produk BNIB maupun BNWT umumnya dibeli karena accident, atau produk tidak sesuai ekspektasi, sehingga pembeli memilih untuk menjualnya lagi demi menghindari kerugian yang lebih besar. 

Untuk alasan pertama, umumnya ini dijadikan sebagai bisnis murni dari para reseller. Sementara untuk alasan kedua, umumnya dilakukan oleh end user atau pembeli yang berniat menggunakan produk tersebut untuk dirinya sendiri. 

Selain BNIB dan BNWT, ada beberapa istilah lain yang saling berkaitan atau memiliki makna yang hampir sama, diantaranya 

  1. BNWB atau brand new without box atau brand new with replace box. Produk baru yang kemasannya sudah diganti atau bahkan tidak ada kemasannya sama sekali. Biasanya ini merupakan produk sampel.

  2. BNOB atau brand new open box atau produk yang sudah tidak tersegel atau kemasannya sudah dibuka dengan alasan tertentu. Umumnya ini dilakukan untuk proses pengecekan barang. 

  3. BNWOT atau brand new without tag, atau produk baru (belum digunakan) tapi sudah tidak memiliki label lagi. Produk ini umumnya merujuk kepada produk fashion, seperti pakaian, jaket, dan aksesorisnya. 

Buat kamu yang suka dengan produk-produk branded tapi dengan harga yang lebih terjangkau, produk BNIB, BNWT maupun produk lainnya yang sejenis, bisa dijadikan sebagai referensi utama. Semoga bermanfaat.