Sebelum Bisnis Jualan Telur, Kamu Wajib Perhatikan Ini!

 

Bisnis Jualan Telur
Bisnis Jualan Telur | Pixabay

Telur merupakan salah satu bahan pokok yang tingkat konsumsinya terus mengalami peningkatan. Selain langsung dikonsumsi, telur juga dibutuhkan dalam industri rumahan, seperti toko roti dan kue, serta bisnis berbasis makanan lainnya. 

Telur juga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, serta harganya sangat terjangkau. Dengan fakta-fakta tersebut, sepertinya kamu wajib mempertimbangkan untuk terjun langsung ke bisnis jualan telur.


Bisnis Jualan Telur

Seperti disebutkan diatas, bisnis jualan telur merupakan salah satu bisnis dengan potensi keuntungan besar, dengan tingkat pasar yang tinggi. Namun perlu dicatat, bisnis jualan telur sendiri terdiri dari tiga jenis peran, diantaranya: 

  • Berperan sebagai peternak, dimana bisnis yang kamu jalankan merupakan bisnis puncak. Kamu memainkan peran sebagai produsen sekaligus supplier. 
  • Berperan sebagai grosir, dimana kamu mendapatkan telur dari supplier untuk dijual kembali dalam partai besar, dengan konsumen utamanya para reseller.
  • Sebagai penjual, dimana kamu menerima telur dari supplier atau grosir untuk dijual kembali dengan target konsumen biasa atau end user

Nah dari peran-peran yang disebutkan di atas, penting untuk mengetahui potensi yang kamu miliki. Kamu bisa memainkan peran sebagai penjual, grosir atau peternak. Jika mampu, kamu bahkan bisa mengambil semua peran tersebut.


Tips Bisnis Jualan Telur

Menjalankan bisnis jualan telur sebenarnya sama seperti menjalankan bisnis lainnya, yakni kamu harus mencari tempat yang strategis untuk menjual telur, melakukan promosi, dan memberi pelayanan yang maksimal. 

Selain faktor-faktor standar yang disebutkan di atas, ada beberapa trik lainnya yang bisa kamu coba agar bisnis yang dijalankan bisa cepat berkembang. 


  1. Pilih Supplier Terpercaya

Ini merupakan faktor penentu yang paling vital, dimana supplier yang terpercaya dan berkualitas bukan hanya menentukan pada kualitas telur yang kita jual, tapi juga berperan penting dalam menentukan harga jualnya. 

Memang benar umumnya selisih harga telur di pasaran tidak terlalu besar. Namun jika kamu berhitung quantity, tentu modal yang dihemat bisa makin banyak.


  1. Pelajari Cara Pengemasan

Dalam menjual telur, pengemasan merupakan teknik penting yang harus diperhatikan, terlebih jika konsumen kamu tergolong beragam. Pengemasan yang baik membantu memastikan telur dapat diterima dalam kualitas terbaiknya.

Untuk memberi pelayanan yang maksimal, tidak ada salahnya kamu menyiapkan kemasan khusus untuk telur, terutama untuk pembeli dalam jumlah banyak. 


  1. Siapkan Satu Tenaga Berpengalaman

Dalam menjual telur, penting untuk memastikan kamu memiliki (setidaknya) satu tenaga pramusaji yang berpengalaman. Pasalnya, berjualan telur berbeda dengan jualan lainnya karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. 

Ada beberapa skil penting yang harus dimiliki oleh tenaga pramusaji jualan telur, diantaranya:

  • Kemampuan dalam menimbang agar berat telur sesuai dengan permintaan pelanggan. Ini dibutuhkan insting dan jam terbang yang tinggi. 
  • Kemampuan dalam mengemas agar produk dapat diterima pelanggan dalam kondisi terbaik, tidak pecah atau retak karena benturan. 
  • Kemampuan mengenali mana telur yang masih baik, dan mana yang sudah busuk. Skill tersebut merupakan bagian terpenting dari bisnis telur. 

Jika kamu memutuskan untuk memberikan layanan delivery order, penting untuk memiliki driver yang bisa mengantarkan produk dengan cepat, namun tetap mampu menjaga kualitas telur tetap baik. 


  1. Pilih Lokasi Yang Baik

Lokasi jadi faktor yang sangat menentukan pada kesuksesan dan perkembangan bisnis jualan telur yang kamu jalankan. Maka dari itu, pastikan kamu memilih lokasi berjualan telur yang baik, mudah dijangkau, dan memiliki akses jalan yang baik.

Selain itu, pertimbangkan juga beberapa faktor lainnya, seperti kondisi bangunan, hingga kemudahan akses pembuangan limbah telur busuk.


  1. Promosi Itu Penting

Promosi merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Bukan hanya demi memenangkan persaingan pasar, promosi penting dilakukan sebagai cara untuk memperluas jangkauan pasar, dan memudahkan dalam memberikan layanan.

Kamu bisa berpromosi dengan membuat banner, spanduk, poster dan lainnya. Menjalin kerjasama dengan bisnis yang membutuhkan suplai telur bisa jadi langkah strategis untuk mempercepat perkembangan bisnis. 

Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis jualan telur? Yuk mulai langkah bisnismu dari sekarang agar waktumu lebih berharga.