Alasan Kemasan Produk Jadi Bagian Penting dari Branding

Kemasan Produk
Kemasan Produk | Pixabay


Pengemasan merupakan bagian dari rangkaian proses produksi yang sangat penting, bukan hanya untuk penjualan dan melindungi produk dari hal-hal yang dapat menurunkan kualitasnya, tapi juga untuk branding suatu usaha. 

Dengan kemasan yang baik, kualitas produk akan tetap terjaga, meski harus melewati proses pengiriman yang panjang. Selain itu, kemasan yang baik pula dapat membuat sebuah produk terlihat lebih menarik dan berharga.


Alasan Kemasan Bagian dari Branding

Pebisnis yang sudah belajar pentingnya branding, sebaiknya lebih memperhatikan kualitas kemasan produknya. Seperti disinggung sebelumnya, kemasan berpengaruh besar pada keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk. 

Selain itu, berikut beberapa alasan kenapa kemasan sangat penting bagi branding.


  1. Bagian dari Penampilan

Kamu pasti sering dengar kan istilah, ‘manusia adalah makhluk visual’. Teori ini menggambarkan bagaimana cara manusia mengambil keputusan, salah satunya lewat apa yang mereka lihat. Terlihat menarik diambil, tidak menarik ya ditinggalkan. 

Dengan teori tersebut, dapat disimpulkan jika kemasan merupakan bagian terpenting dari penampilan sebuah produk. Bahkan tidak jarang demi meraup hasil yang optimal, proses pemilihan kemasan ini akan ditangani oleh para profesional.


  1. Identitas Produk

Seperti disinggung di atas, dalam menentukan kemasan produk, banyak pengusaha yang mempekerjakan para profesional. Tujuannya bukan hanya sekedar terlihat menarik, tapi juga kemasan harus jadi identitas sebuah produk. 

Dalam penentuan kemasan ini, ada banyak aspek yang harus diperhitungkan, mulai dari penempatan logo, relevansi dengan produk yang dipasarkan, hingga psikologi warna yang dapat mempengaruhi minat konsumen.


  1. Berbeda dari Kompetitor

Kemasan bisa digunakan sebagai pembeda antara produk yang dipasarkan dengan produk yang ditawarkan kompetitor. Jangan sampai karena kemasannya sama, konsumen malah mendapat produk yang tidak sesuai dengan keinginan.

Maka dari itu, desain produk harus jadi perhatian penting. Bukan sekedar memasang nama dan mencantumkan logo perusahaan saja, tapi juga dilengkapi dengan warna, ukuran, dan faktor unik lainnya yang dimiliki produk tersebut.


  1. Dampak pada Lingkungan

Sadar atau tidak, proses pengemasan yang baik bisa berdampak besar pada lingkungan lho. Dengan kemasan yang baik, usia simpan produk yang kamu jual akan jadi lebih panjang sehingga menurunkan resiko produk kadaluarsa sebelum dipasarkan. 

Agar lebih baik lagi, usahakan memilih kemasan produk yang bisa didaur ulang, atau produk-produk ramah lingkungan (mudah terurai). Dengan begitu, sampah kemasan tersebut tidak mencemari lingkungan.


  1. Bukti Kepedulian Terhadap Pelanggan

Dengan kemasan yang baik, pelanggan akan merasa dihargai dan dihormati. Selain itu, pelanggan juga akan tahu jika produk yang diterimanya sangat berharga, bahkan nilainya bisa jatuh jika kemasannya menghilang atau rusak. 

Sebagai contoh produk smartphone. Harga jual kembali (second) produk tersebut akan langsung jatuh jika kemasan produknya rusak, apalagi hilang. Hal yang sama berlaku pada produk lainnya, termasuk aksesoris smartphone dan lainnya. 


Selain itu, bukti kepedulian kamu terhadap pelanggan tertera pada informasi yang terdapat dalam kemasannya, mulai dari layanan konsumen, informasi spesifikasi, cara pemeliharaan, cara penyimpanan, dan informasi lainnya. 

Maka dari itu, penting untuk selalu memperhatikan kemasan produk. Pilihlah kemasan terbaik, mulai dari desain hingga bahan pembuatannya. Semoga bermanfaat.