7 Makanan Ringan Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis di Tahun 2023

Ide Bisnis di Tahun 2023
Ide Bisnis di Tahun 2023 | Pixabay


Bisnis makanan ringan kekinian masih jadi primadona untuk dicoba di tahun 2023 nanti. Selain karena konsumennya yang masih melimpah, kamu punya banyak ruang untuk bereksperimen dengan menu-menu yang ditampilkan. 

Salah satu tren yang sekarang sedang marak dicoba adalah, mengkombinasikan jajanan tradisional dengan bahan-bahan modern, seperti mengganti bahan kelapa parut dengan keju, saus kinca (gula merah dilelehkan) dengan coklat dan lainnya. 

Buat kamu yang berencana membuka usaha sendiri, berikut 7 makanan ringan kekinian yang bisa diolah jadi salah satu sumber bisnis di tahun 20233 nanti.


  1. Bomboloni

Bomboloni pada dasarnya jajanan yang mirip dengan donat, bahkan bahan baku dan pembuatan adonannya sama seperti adonan donat. Namun bedanya, bomboloni tidak dilengkapi dengan bolong di bagian tengahnya. 

Sama seperti donat, bomboloni dilengkapi dengan berbagai jenis topping, seperti potongan kacang, coklat, krim greentea, dan lainnya. Bomboloni bisa dijual secara online, dan disajikan dalam paket kemasan khusus.


  1. Basreng

Basreng merupakan akronim dari bakso goreng. Sesuai dengan namanya, basreng merupakan olahan bakso yang disajikan dengan cara digoreng, kemudian disajikan bersama bumbu, cabe bubuk (kalau suka pedas) dan potongan daun jeruk. 

Dengan diolah dengan cara digoreng, bakso ini rasanya jadi lebih gurih dan kriuk. Biasanya jajanan ini dijual di pinggir jalan, sekolah, tempat nongkrong, hingga dijual secara online dalam bentuk kemasan siap santap.


  1. Dessert Box

Ide bisnis lainnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah dessert box atau dessert jar. Makanan ini merupakan pencuci mulut manis, bisa berupa kue yang kaya akan krim, salad buah, atau makanan lain dengan berbagai topping.

Dessert box bisa dikombinasikan dengan berbagai topping, mulai dari tiramisu, red velvet, karamel dan lainnya. Bisnis ini berpeluang besar terus berkembang. Kamu bisa menjualnya secara online, B2B, hingga membuka outlet sendiri. 


  1. Makaroni Pedas

Makanan ringan pedas masih jadi favorit kebanyakan masyarakat Indonesia, salah satunya makaroni pedas. Di pasaran, kamu akan menemukan dua jenis makaroni, yakni makaroni biasa dan makaroni bantat yang lebih kriuk. 

Kamu bisa mencoba bisnis makanan ringan dengan menjual makaroni pedas. Biasanya makanan ini disajikan dalam kemasan tertentu, dan bisa dijual secara online, atau bisa juga disimpan di warung-warung atau minimarket.


  1. Aneka Keripik

Dari semua daftar makanan ringan yang disebutkan di atas, keripik merupakan referensi yang cukup menarik. Selain memiliki banyak jenis, keripik bisa dimodifikasi dengan banyak rasa dan punya penggemar yang cukup banyak. 

Bahan baku keripik pun cukup melimpah dengan harga yang cukup bersahabat. Beberapa bahan makanan yang biasa diolah menjadi keripik adalah, singkong, ubi, talas, dan berbagai jenis umbi-umbian lainnya. 


  1. Cemilan Sehat

Gaya hidup sehat saat ini sedang jadi pilihan banyak anak muda di Indonesia. Nah, manfaatkan momen ini untuk menawarkan berbagai cemilan sehat, mulai dari cemilan rendah gluten, hingga cemilan rendah garam dan tepung. 

Kamu bisa menawarkan kacang sangrai tanpa penambah rasa, granola, keripik sayuran tanpa digoreng, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut bisa dijadikan referensi buat mereka yang sedang menjalankan program diet.


  1. Roti Bakar

Jika kamu ingin menjual camilan yang sedikit berat, roti bakar bisa jadi pilihan terbaik. Roti bakar jadi pilihan menarik karena mudah disajikan, dan bisa masuk dalam beragam konsep bisnis, mulai dari pinggir jalan hingga cafe. 

Roti bakar juga bisa disajikan dalam berbagai varian rasa, seperti coklat, green tea, kacang, taro, red velvet, dan lainnya. Kamu bisa menyajikannya bersama kopi, es krim, dan beragam minuman kekinian lainnya. 

Nah itu dia 7 ide bisnis camilan yang bisa kamu jajal di tahun 2023. Bagaimana sekarang, sudah punya rencana bisnis di tahun yang baru ini?