Seluk Beluk Barber Shop, Bisnis Yang Menguntungkan

Keberadaan barber shop tentu menjadi hal yang banyak dicari oleh kaum Adam. Rambut yang tumbuh tentu harus selalu dipangkas agar tetap rapi dan enak dilihat. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini bermunculan barber shop untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin merapikan rambutnya dengan style yang diinginkan sehingga semakin menambah rasa percaya diri.

Jika kita amati usaha barber shop merupakan jenis usaha yang membutuhkan modal yang relatif kecil jika kita ingin mengawalinya dari barber shop kecil dengan 2 karyawan. Selain modal yang relatif kecil, usaha ini juga tidak terlalu ribet dalam hal peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha. Nah, jika anda berminat untuk menekuni usaha barber shop ini, anda bisa mencoba beberapa tips untuk mengembangkannya, seperti berikut ini:


Pemilihan lokasi usaha

Salah satu hal penting yang bisa mendukung kemajuan usaha barber shop adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis. Letak lokasi usaha bisa dipilih berdasarkan keramaian lokasi tersebut. Anda bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan pasar ataupun pusat perbelanjaan, dengan asumsi konsumen yang mengantarkan istri ke pasar atau pusat perbelanjaan bisa menunggu sambil merapikan rambut di barber shop yang tak jauh dari pusat perbelanjaan. Lokasi lain yang bisa dipilih antara lain dekat dengan sekolah, kampus, perkantoran, pabrik, bahkan kawasan pemukiman yang padat penduduk. Secara umum lokasi barber shop yang straregis terletak di pinggir jalan yang mudah diakses oleh masyarakat luas.

Rekrutmen karyawan

Untuk permulaan usaha, anda bisa merekrut 2 orang karyawan untuk menangani operasional usaha barber shop anda. Sebaiknya memilih karyawan yang telah berpengalaman untuk meningkatkan produktifitas kerja, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memotong rambut lebih efisien. Kalaupun anda kesulitan untuk memperoleh karyawan yang telah berpengalaman, anda bisa merekrut karyawan yang telah memiliki basic bisa memotong rambut dan bisa meningkatkan skill karyawan anda tersebut melalui training.

Melengkapi peralatan

Untuk menunjang usaha barber shop anda, maka sediakanlah peralatan dan perlengkapan usaha yang memadai dan lengkap. Dengan demikian pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat dan hasil yang memuaskan. Lengkapi juga dengan fasilitas tempat creambath yang nyaman dengan shampo yang berkualitas dan aman. Menjaga kualitas alat yang digunakan juga sangat penting untuk memberikan hasil yang memuaskan, sehingga ada baiknya anda jeli dalam mengontrol peralatan yang digunakan dan segera mengganti peralatan yang sudah tidak layak.

Melengkapi fasilitas

Untuk menarik minat konsumen maka sebaiknya anda melengkapi usaha barber shop anda dengan fasilitas yang memadai, seperti misalnya kipas angin atau AC, Televisi, maupun musik agar konsumen lain yang menunggu giliran potong rambut bisa tetap nyaman dan tidak merasa jenuh saat menunggu. Sediakan juga fasilitas tempat parkir yang bisa menampung kendaraan konsumen.

Pelayanan yang ramah

Usaha barber shop merupakan jenis usaha dalam bidang jasa, sehingga pelayanan yang ramah mutlak diperlukan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen.

Strategi marketing dan promosi

Sebagai langkah awal dalam strategi marketing, anda bisa memasang spanduk atau banner pada tempat usaha anda, buatlah nama barber shop yang menarik dan unik sehingga mudah diingat oleh konsumen. Untuk keperluan promosi anda bisa membagikan brosur dan memberikan penawaran voucher ataupun discount untuk jumlah kunjungan tertentu sehingga menarik minat konsumen. Aktif di media sosial juga sangat baik untuk mempromosikan usaha barber shop anda. Itulah beberapa tips untuk mengembangkan usaha barber shop, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar