Mengembangkan Peluang Usaha Jasa Kurir

Mengembangkan Peluang Usaha Jasa Kurir Jasa kurir merupakan jenis usaha jasa yang sangat dibutuhkan saat ini, terlebih ketika laluntas di jalan raya semakin padat dan menimbulkan kemacetan di sana sini. Sementara itu kebutuhan untuk mengirimkan barang ataupun dokumen penting semakin tinggi baik itu oleh perorangan ataupun kantor.
Mengembangkan Peluang Usaha Jasa Kurir
Berdasarkan hal itu maka bisa dipastikan peluang usaha jasa kurir menjadi salah satu usaha yang semakin diminati terlebih bagi mereka yang pandai melihat peluang bisnis. Jika Anda berminat untuk mengembangkan peluang usaha jasa kurir ini, maka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam usaha jasa kurir Anda :

1. Sarana transportasi
Sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang paling cocok untuk mengantisipasi masalah kepadatan dan kemacetan lalulintas. Dengan sepeda motor mobilitas pun bisa dilakukan secara efektif dan efisien, karena kendaraan ini bisa digunakan untuk menerobos kemacetan sehingga bisa sampai di tempat tujuan tepat waktu. Selain itu biaya operasional dan perawatan sepeda motor relatif lebih murah, sehingga bisa menghemat biaya operasional usaha.

2. Rekrutmen karyawan
Beberapa karyawan yang dibutuhkan akan menempati bidang tertentu, seperti karyawan lapangan yang bertugas sebagai kurir dan karyawan bagian administrasi yang bisa sekaligus merangkap sebagai customer service yang akan bertugas menerima order dari konsumen maupun melayani keluhan konsumen.

Untuk karyawan lapangan kriteria yang bisa Anda tetapkan antara lain, harus hafal jalan-jalan di kota Anda termasuk jalan alternatif untuk menghindari kemacetan lalu lintas, harus memiliki SIM C, bersifat jujur dan amanah demi keamanan barang dan privasi seperti pada dokumen yang sifatnya rahasia.

Karyawan yang terampil dalam berkendara juga sangat penting untuk dipertimbangkan agar terhindar dari hambatan maupun kendala di jalan. Untuk karyawan administrasi dan customer service bisa menetapkan beberapa kriteria seperti memahami administrasi perkantoran, bersikap ramah dan sopan.

3. Marketing dan promosi
Untuk mengenalkan usaha jasa kurir yang sedang Anda rintis, Anda bisa meloby perusahaan-perusahaan di kota Anda untuk diajak bekerjasama dalam hal pengiriman barang atau dokumen penting perusahaan dengan jaminan aman dan tepat waktu agar perusahaan tertarik menggunakan jasa kurir Anda. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk mengenalkan usaha kurir Anda kepada masyarakat umum.

4. Alat komunikasi
Alat komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam usaha jasa kurir, karena akan menghubungkan antara kurir, administrasi dan konsumen. Telepon seluler wajib ada dalam usaha ini untuk menunjang kelancaran pengiriman barang.

5. Antisipasi resiko
Usaha jasa kurir ini bukanlah usaha yang tanpa resiko. Resiko utama yang sering muncul adalah faktor cuaca yang tidak menentu seperti hujan dan faktor kemacetan yang sulit untuk diterobos, atau bahkan kecelakaan lalulintas sehingga barang yang dikirim tidak bisa sampai ke tempat tujuan tepat waktu.

Untuk mengantisipasi hal itu asa beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti misalnya untuk mengantisipasi hujan maka harus memiliki perlengkapan tertentu yang bisa melindungi barang atau dokumen dari air hujan agar tidak basah atau rusak seperti box yang anti air. Kemacetan lalulintas bisa diantisipasi oleh kurir dengan memilih alternatif jalan lain untuk menghindari kemacetan sehingga barang bisa dikirim tepat waktu.

Ketepatan waktu suatu barang yang dikirim ke tempat tujuan menjadi hal yang mutlak dilakukan. Jika pelayanan usaha jasa kurir Anda bagus dan selalu tepat waktu, maka konsumenpun akan memberikan kepercayaannya pada usaha jasa kurir Anda, sehingga akan menggunakan jasa kurir Anda secara continue. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar