Memahami Strategi Pemasaran di dalam Bisnis

Memahami Strategi Pemasaran di dalam Bisnis. Di dalam melakukan usaha atau bisnis, pemasaran adalah sesuatu hal yang utama. Pemasaran ini menjadi salah satu kunci sukses seorang pengusaha atau sebuah lembaga perusahaan. Produk-produk atau barang dagangan biasanya ditentukan dari proses pemarasaan yang akan kita lakukan. Terkadang produk yang baik sulit untuk dapat laku terjual ketika di dalam proses pemasarannya mempunyai banyak kendala.

Pemasaran atau di dalam bahasa inggrisnya disebut dengan marketing secara definsi oleh para ahli diartikan sebagai suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Sedangkan strategi pemasaran sendiri diartikan sebagai keseluruhan tindakan-tindakan yang disiapkan oleh pengusaha atau sebuah perusahaan untuk mencapai sasaran-sasarannya

Di dalam staretgi pemasaran, ada beberapa hal yang secara umum harus diperhatikan agar produk atau barang kita itu dapat dipasarkan dengan baik. Strategi pemasaran biasanya di bagi menjadi dua aspek pandangan yang harus di tinjau. Pertama mengenai bagaimana prospek sebuah produk pada suatu pasar dari sudut pandang penjualan. Kedua, bagaimana sudut pandang konsumen terhadap produk atau barang yang mereka akan beli. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran dari sudut pandang penjual :

Penempatan Pemasaran Produk yang Strategis
Ketika kita mempunyai produk atau barang yang akan kita pasarkan, memilih tempat yang strategis untuk memasarkan produk atau barang kita itu penting. Sebagai contoh, seseorang pengusaha atau perusahaan otomotif tidak dapat memasarkan produknya di tempat dimana konsumen tidak begitu mengerti dengan otomotif atau di wilayah pedesaan. Tentunya pengusaha atau perusahaan otomotif itu akan memasarkan produknya di tempat-tempat yang padat dengan penghasilan masyarakat yang memadai.

Produk yang di Tawarkan Bermutu 
Produk yang bermutu mempunyai artian bahwa produk yang kita tawarkan itu memiliki kualitas yang baik yang diperlukan oleh konsumen. Ini adalah standar utama yang harus di miliki oleh sebuah produk atau barang sebelum di lempar ke pasaran dan didistribusikan.

Harga yang Kompetitif
Seorang pengusaha tidak dapat menentukan harga pada suatu produk atau barangnya dengan harga yang seenaknya. Meninjau bagaimana perkembangan harga dari pada jenis produk kita di pasaran adalah sesuatu hal yang penting. Hal ini akan berdampak kepada tingkat minat konsumen terhadap produk kita.

Promosi yang gencar dan efektif
Promosi dilakukan dalam rangka menyebarluaskan produk yang kita tawarkan kepada masyarakat luas. Semakin masif promosi yang kita lakukan, peluang untuk mendapatkan konsumen semakin banyak. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui pemasangan iklan di media cetak dan media online, melakukan kampanye produk, dan juga menjadi sebuah sponsor pada acara-acara tertentu. Promosi produk yang kita tawarkan hendaknya bersifat kreatiif dan mempunyai daya tarik yang meyakinkan terhadap calon konsumen atau pembeli.
Memahami Strategi Pemasaran di dalam Bisnis
Sumber Gambar : beta.seputarukm.com
Selain meninjau dari sudut padang peluang penjualan produk di pasaran, kita juga harus melihat sudut pandang konsumen di dalam rangka antusiasme-nya kepada produk yang akan kita tawarkan. Hal ini dilakukan guna lebih jauh mengenali para pelanggan yang menjadi mitra utama dan kunci kesuksesan usaha yang sedang kita jalani tersebut. Berikut beberapa hal yang patut ditinjau dari sudut pandang konsumen :

Kebutuhan dan keinginan konsumen 
Membuat produk yang memang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan itu adalah salah satu kunci kesuksesan pemasaran produk kita. Konsumen biasanya jarang ingin membeli produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Memahami bagiamana tingkat kebutuhan dan keinginan konsumen adalah salah satu cara yang sangat efektif didalam stretegi pemasaran.

Tingkat Ekonomi Konsumen
Membuat produk dan memasarkannya harus sesuai dengan kelas ekonomi masyarakat itu sendiri. Di dalam merancang produk dan menetapan harga harus sesuai dengan uang yang dimiliki oleh masyarakat. Artinya standar harga yang kita tawarkan memang dapat dijangkau oleh para calaon konsumen atau pelanggan kita.

Kenyamanan dan kepuasan Konsumen
Produk yang kita tawarkan hendaknya dapat membuat pelanggan menjadi nyaman dan puas memakainya. Biasanya para konsumen akan menjadi pelanggan yang setia apabla mereka merasa nyaman dan mempunyai kepuasan terhadap suatu produk yang mereka beli. Dengan demikian membuat produk haruslah benar-benar mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.

Mempertahankan Konsumen
Mempertahankan konsumen atau pelanggan yang kita miliki adalah sesautu hal yang penting untuk sebuah kelancaran usaha yang sedang kita jalani. Komunikasi adalah salah satu langkah yang baik untuk hal tersebut.Komunikasi ini erat kaitannya dengan melayani keinginan dan kebutuhan konsumen dengan sebaik-baiknya.

Melayani konsumen seperti araja adalah sebuah keharusan. Karena dari konsumen inilah produk-produk kita tersebut dapat terjual. Kerap kali untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen, para pengusaha atau perusahaan memberikan reward atau penghargaan hadiah kepada konsumennya.

Selain hal-hal yang diatas, banyak hal pula yang perlu diperhatikan didalam strategi pemasaran yang baik, Namun apa yang di gambarkan diatas sekurang-kurangnya telah mampu untuk memahami bagimana sebuah produk itu ahrus di pasarkan menggunakan strategi yang umum di dalam manajemen bisnis yang baik.

Strtegi pemasaran akan menjadi lebih efektif jika secara pengelolaan internal badan usaha yang kita miliki sudah baik dan solid. Karena strategi pemasaran memerlukan sumber daya manusia yang baik untuk menjadi pelakunya. Oleh karenanya, sedari awal membangun sebuah usaha dengan perencanan yang baik akan mempermudah proses di dalam perkembangannya.

0 komentar:

Poskan Komentar