Strategi Mengembangkan Usaha Crepes

Strategi Mengembangkan Usaha Crepes Peluang usaha di bidang kuliner bisa dikatakan akan tetap eksis sampai kapanpun. Berbagai jenis usaha kuliner mulai dari makanan berat maupun camilan dan jajanan sangatlah digemari oleh masyarakat. Salah satu peluang usaha yang masih terbuka dan bisa Anda coba adalah usaha crepes.
Strategi Mengembangkan Usaha Crepes
Crepes merupakan sejenis makanan khas dari Eropa yang biasanya disajikan sebagai pencuci mulut. Makanan ini sangat cocok dinikmati sambil ngobrol dengan ditemani secangkir kopi, teh manis atau coklat panas.

Jika kita amati banyak usaha crepes yang tak pernah sepi dikerubuti pembeli. Jika tertarik untuk berwirausaha dan menekuni usaha crepes ini maka sebaiknya Anda simak cara mengembangkan usaha crepes yang tepat agar usaha Anda diterima konsumen dan berkembang.

Berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjalani usaha crepes :

1. Modal
Modal adalah hal pertama yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha crepes ini. Karena modal tersebut akan digunakan dalam menjalankan operasional usaha, selain itu modal juga diperlukan untuk keperluan menyewa tempat usaha jika Anda tidak memiliki ruang usaha secara pribadi. Modal awal juga akan digunakan untuk persiapan operasional usaha dan gaji karyawan sekama 3 bulan ke depan.

Modal lain yang juga sangat penting adalah skill membuat crepes yang memiliki citarasa enak dan berkualitas sehingga layak dijual ke pasaran. Tanpa skill yang baik tentu rasa crepes yang dihasilkan tidak layak untuk dipasarkan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka sebaiknya Anda memilih karyawan yang kompeten agar hasil produksi usaha Anda berkualitas sesuai dengan yang diharapkan.

2. Manajemen
Manajemen atau pengelolaan keuangan sangat penting untuk menunjang kemajuan usaha. Manajemen juga berhubungan dengan penetapan harga jual sehingga menghasilkan keuntungan, harus diingat harga jual yang Anda pasarkan harus sesuai dengan rasa crepes Anda karena kebanyakan rasa crepes tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan menjadikan konsumen kapok untuk membeli crepes ditempat tersebut.

3. Memilih lokasi usaha
Lokasi untuk membuka usaha crepes yang bisa Anda pilih sebaiknya merupakan lokasi strategis, seperti misalnya di pusat perbelanjaan, dekat dengan perkantoran ataupun kampus.

4. Rekrutmen karyawan
Dalam menyelenggarakan rekrutmen karyawan sebaiknya Anda jeli memilih karyawan yang berkompeten dengan usaha crepes yang sedang Anda rintis, sehingga operasional usaha Anda bisa berlangsung secara efektif dan efisien dan pada akhirnya keuntungan yang diperoleh bisa optimal.

5. Membuat inovasi
Inovasi dalam usaha crepes sangat penting dilakukan untuk menarik minat konsumen agar membeli crepes di tempat Anda. Anda bisa mencoba beberapa jenis crepes yang mungkin bisa dibuat inovasi, seperti isian crepes yang bervariasi, begitu juga dengan topingnya.

Selain crepes sebagai menu utama tidak ada salahnya Anda juga menawarkan menu lain sebagai pendamping agar konsumen memiliki banyak alternatif pilihan ketika datang ke tempat Anda. Selain itu Anda juga bisa menerapkan konsep usaha seperti kafe dengan fasilitas yang beragam misalnya free wifi untuk memberikan pelayanan yang sesuai keinginan konsumen.

6. Marketing
Ada beberapa strategi marketing dan promosi yang bisa Anda coba untuk menarik minat konsumen, seperti misalnya penawaran discount pada jenis crepes yang merupakan menu terbaru, selain itu tidak ada salahnya Anda membuka layanan pesan antar untuk wilayah tertentu sebagai fasilitas yang memudahkan konsumen yang ingin menikmati crepes tanpa harus datang ke tempat Anda. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha crepes Anda agar diketahui oleh masyarakat luas.

Itulah beberapa strategi dalam mengembangkan peluang usaha crepes yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar