Tips dan kunci kesuksesan memulai bisnis

Tips dan kunci kesuksesan memulai bisnis. Definisi dan makna sukses bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Tanpa memperdulikan apa makna kesuksesan bagi setiap orang, tentunya proses dalam mencapainya adalah sebuah tantangan besar. Sukses sendiri memiliki makna yang multi-tafsir. Sukses dapat berarti macam-macam, bisa dalam bentuk karier yang terus meningkat, keberhasilan secara finansial, memiliki rumah idaman, mobil mewah atau apa pun bentuknya. Kebanyakan orang memiliki indikator tersendiri untuk mengukur tingkat prestasi tertentu yang mereka ingin capai dalam hidup mereka.

Meskipun banyak yang mau untuk sukses, namun pada kenyataannya tak sedikit orang yang gagal sebelum mencapai kesuksesan. Yang lebih ajaibnya lagi adalah ternyata beberapa diantaranya bahkan tidak ingin mencari tahu apa penyebab dari kegagalan mereka. Oleh sebabnya tak sedikit orang yang mungkin pernah mengalami kegagalan yang beruntun dalam hidup mereka.

Kegagalan bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa dikarenakan faktor kurangnya ilmu pengetahuan tentang bisnis yang dijalaninya, strategi yang kurang jitu, visi yang tidak tertarget, sales yang payah atau bisa juga dikarenakan tingkat "resistensi" yang kurang saat dihadapkan pada suatu masalah. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan mencari tahu beberapa hal yang mungkin dapat Anda perbaiki dan bisa mengubah arah bisnis Anda menuju kepada kesuksesan. Kira-kira hal apa saja yang dapat kita lakukan?. Berikut adalah petikkannya.

Tips dan kunci sukses dalam memulai bisnis
Tips sukses dalam memulai bisnis

1. Berhenti mencari strategi yang sempurna
Bagi banyak orang yang serius meraih tujuannya menuju kesuksesan, malah justru banyak juga yang terjebak dalam pencarians trategi yang "sempurna" untuk kemudian diterapkan dalam hidup mereka. Namun pada kenyataannya, yang benar adalah, sesungguhnya tidak pernah ada waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu dan tidak ada hal seperti strategi yang sempurna.

Banyak orang gagal untuk mulai "melakukan" hal-hal yang mereka perlu lakukan, karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu dalam perencanaan. Satu-satunya cara paling baik untuk memulai sebuah strategi adalah dengan mengambil langkah pertama. Dengan mulai melangkah, Anda dapat mempelajari, mengubah, meningkatkan dan mempertajam strategi Anda sepanjang proses perjalanan. Jadi jelas jika Anda keluar dan melakukan sesuatu, hal itu akan jauh lebih bermanfaat daripada Anda berkutat menghabiskan waktu untuk mencari strategi yang ideal.

Menarik untuk dibaca: # Strategi marketing paling efektif

A journey of a thousand miles is always begin with a single step

2. Berhenti melihat masalah, mulailah melihat peluang
Jika Anda mulai melihat rintangan-rintangan yang muncul sebagai masalah, hal-hal tersebut justru dikhawatirkan malah bisa menempatkan diri Anda dalam pola pikir negatif. Pola yang demikian inilah yang akan mencegah Anda dari menemukan kesuksesan. Sebaiknya Anda mulai memandang rintangan-rintangan ini dari frame persepsi yang positif sebagai kesempatan. Buat sebagian orang tentu hal ini akan sulit, tetapi cobalah jika Anda melihatnya dengan positif dan jeli, bisa jadi masalah tersebut justru malah menjadi peluang ide bisnis sekaligus inspirasi bagi Anda.


3. Berhenti mengumpulkan informasi yang berlebihan
Sangat disayangkan memang jika beberapa orang justru malah lebih senang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pengumpulan informasi tentang bagaimana caranya untuk bisa sukses. Ketika orang melakukan hal tersebut terlalu banyak, dikhawatirkan justru mereka malah akan berjibaku dengan informasi berlebihan yang dimiliki. Bila Anda memiliki terlalu banyak informasi, maka Anda akan menjadi terlalu banyak menganalisa dan melalukan riset padahal hal tersebut belum tentu benar dan dapat membantu. Tahukah Anda jika tidak ada hal yang jauh baik selain mulai untuk mengambil sebuah tindakan?.

4. Berhenti fokus pada kesenangan
Setiap orang pastinya suka dengan hiburan dan kesenangan. Namun celakanya justru sebagian orang menjadi terlalu mencintai hiburan dan mengesampingkan waktu-waktu produktif mereka. Sementara Anda juga harus menyediakan waktu pribadi Anda di luar kehidupan profesional Anda, banyak orang menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melakukan hal-hal yang kurang penting seperti menonton televisi, bergosip atau bermain video game.

Melakukan hal ini terlalu banyak dapat mencegah Anda dari tetap fokus pada tujuan, yaitu sukses!. Menghabiskan waktu santai Anda sambil membaca dan mencari informasi positif sambil ditemani segelas minuman kopi latte tentu akan jauh lebih bernilai bagi Anda dimasa yang akan datang.

Menarik untuk dibaca: #Minuman kopi latte

Demikianlah beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan untuk meraih kesuksesan. Tentunya masih teramat banyak lagi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Jika Anda memiliki tips atau kunci sukses lain yang ingin dibagi untuk pembaca selain yang diatas, jangan sungkan untuk memberikan komentar.

0 komentar:

Posting Komentar