Cek Malware Pada Website atau Blog Dengan Google Safe Browsing

Loading blog tak selesai-selesai atau performa website jadi melambat?. Mungkin itu salah satu tanda jika blog atau website anda terinfeksi malware, yaitu suatu program jahat atau script yang menyusup yang bertujuan untuk merusak website. Saya adalah salah satu korbannya, oleh sebab itu saya ingin sekedar berbagi kisah mengenai apa yang terjadi pada blog ini terdahulu dan juga bagaimana caranya untuk cek malware pada website atau blog dengan google safe browsing.

Melalui rangkaian tulisan di blog personal ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya dalam catatan kecil ini. Jadi bagi anda rekan-rekan blogger yang mungkin memiliki pengalaman yang sama dengan saya atau mungkin ingin menambahkannya, bisa melakukannya melalui kotak komentar dibawah, saya akan sangat senang sekali. Oiya, sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai cara cek malware pada website atau blog, saya ingin sedikit bercerita bagaimana awal mula dibangunnya blog yang belum lama saya miliki ini. Blog ini juga pernah saya ikut sertakan dalam kontes SEO Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com, meskipun pada saat itu baru berumur 1 bulan, namun ternyata hasilnya blog ini cukup lumayan SERP karena mampu bertahan di page 2 di tribun bagian tengah google.co.id hingga kini.

Beberapa kali ganti template pun telah saya lakoni, namun ada yang janggal saat mengikuti kontes seo pertama kalinya yaitu kontes seo Hotel Murah. Saya merasakan ada yang berbeda dari blog ini dibandingkan dengan sebelum saya mengganti templatenya. Template yang saya gunakan saya sudah agak lupa namanya, memang terlihat simpel dan sederhana namun script didalamnya bukan menggunakan bahasa Inggris, tapi menggunakan bahasa Latin. Saya memperhatikan loading blog yang tak selesai-selesai, padahal blog dengan template yang seperti ini mestinya enteng meskipun dengan posting konten artikel yang banyak.

Kemudian saya memperhatikan progress bar di sudut sebelah kiri bagian bawah. Saya menemukan ada tulisan "b.scorecard/iii". Huruf "iii" menandakan bahwa saya agak sedikit lupa nama persisnya apa tapi yang saya ingat adalah tulisan "scorecard" yang tak kunjung hilang pada saat blog loading. Blog yang seperti ini tak baik untuk kontes seo. Saya pun mencari tau apa makna dari tulisan scorecard ini dan beberapa rujukan yang saya dapatkan lewat internet mengatakan bahwa ini adalah malware yang menginfeksi blog saya. Jujur, saya kurang begitu mengetahui bagaimana blog ini bisa terinfeksi malware, apakah memang  ada script yang disusupkan kedalam template atau memang faktor script didalam template yang memicu munculnya malware ini.

Kemudian solusi terakhir yang saya lakukan adalah, saya mengganti template blog ini dengan template baru yang hingga saat ini masih saya gunakan. Memang tampilannya tak cantik, tapi saya menyukainya karena loadingnya yang cepat dan sangat enteng. Malware pun tak saya temui lagi. Nah, itulah sedikit sharing dari saya. Dan bagi anda yang kini tengah membangun blog tapi tak tau blog anda terjangkiti malware apa tidak, bisa anda langsung cek dengan klik url berikut dan mengganti tulisan warna merah dengan nama domain anda:

Saya juga memberikan snapshot dari proses diagnostic tersebut dan mengecek domain google sebagai nama domainnya. Silakan di klik gambar dibawah ini untuk memperbesar.

Cek Malware dengan Google Safe Browsing
Itulah sedikit share dari saya untuk anda. Memang tak banyak yang bisa saya share karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan saya. Tapi semoga saja ada manfaatnya walaupun hanya setitik. Wassalam.

2 komentar:

  1. Terima kasih Mas Trihardi atas sharenya, baru2 ini blog Saya kena' malware, weehhh, repot banget rasanya. moga yg usil kena' batu ny :)
    Hehe..
    salam Kenal.

    BalasHapus
  2. iya, sama2 mas. Terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komentarnya :)

    BalasHapus