Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis Kecil

Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis Kecil
Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis Kecil | Pixabay


Ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam upaya mempertahankan eksistensi bisnis, sekaligus memberi peluang agar bisnis bisa berkembang lebih cepat, salah satunya dengan manajemen keuangan yang baik. 

Bahkan menurut banyak pakar bisnis, manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu kunci utama kesuksesan bisnis, selain memperbaiki kualitas layanan dan kualitas produk, serta strategi bisnis lainnya.


Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan Yang Baik

Manajemen keuangan merupakan aspek kritis dalam menjalankan bisnis kecil. Dengan mengelola keuangan dengan baik, bisnis kecil dapat mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang mereka serta menghindari kebangkrutan. 

Berikut beberapa alasan mengapa manajemen keuangan sangat penting bagi bisnis kecil:

  1. Membantu memastikan likuiditas keuangan yang mencukupi untuk membayar biaya operasional, gaji karyawan dan lainnya.

  2. Manajemen keuangan yang baik dapat membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi bisnis.

  3. Dengan informasi keuangan yang akurat, bisnis kecil dapat membuat keputusan yang tepat dan efektif terkait investasi, pembelian, dan pengeluaran.

  4. Membantu mempertahankan hubungan yang baik dengan investor dan pemberi pinjaman dengan memberikan laporan keuangan yang akurat dan teratur.

  5. Memberikan citra yang lebih profesional dan dapat dipercaya bagi pelanggan, mitra bisnis, dan pihak lainnya yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Dengan kata lain, manajemen keuangan yang baik sangat penting bagi bisnis kecil untuk mencapai kesuksesan dan bertahan di pasar yang kompetitif. 

Selain itu, bisnis kecil juga harus memprioritaskan manajemen keuangan dalam strategi bisnis mereka dan menggunakan alat dan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan keuangan mereka.


Cara Mengelola Keuangan Bagi Bisnis Kecil

Seperti dijelaskan di atas, pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis kecil. Cara mengelola keuangannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa trik berikut ini: 

  1. Buat Rencana Anggaran 

Buatlah rencana anggaran untuk mengelola pengeluaran dan pendapatan bisnis secara detail. Kamu bisa mulai membuat rencana anggaran dengan cara, membuat daftar pengeluaran, seperti biaya sewa, gaji, dan lainnya.

Setelah itu, kamu bisa mulai membuat rencana anggaran dengan menetapkan prioritas keuangan jangka pendek dan jangka panjang, menghitung pendapatan, hingga menetapkan anggaran yang ditinjau secara berkala

Dalam membuat rencana anggaran, penting juga untuk mempertimbangkan variabel-variabel kecil, seperti fluktuasi harga, tren pasar dan lainnya. 


  1. Memisahkan Rekening

Pastikan kamu selalu memisahkan rekening bisnis dan pribadi, ini berlaku buat kamu yang berperan sebagai owner atau pemilik bisnis tersebut. Ini dilakukan agar kamu bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan perusahaan. 

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti membayar cicilan rumah, biaya listrik rumah dan lainnya, kamu bisa menerima gaji yang didapat dari sebagian keuntungan perusahaan. 

Misal, bulan ini kamu mendapat keuntungan bersih 10 juta, maka tetapkan gaji kamu sebesar 5 juta, dan sisanya disimpan sebagai tabungan perusahaan. 


  1. Pantau Pengeluaran

Pastikan untuk terus memantau pengeluaran bisnis secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan dan memastikan bahwa pengeluaran bisnis tidak melebihi anggaran yang sudah disediakan.

Proses pemantauan anggaran ini bisa dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, misalnya pemantauan mingguan, bulanan hingga tahunan. Lakukan proses ini sebagai bagian dari evaluasi bisnis berkala. 


  1. Bayar Utang Tepat Waktu 

Pastikan untuk membayar utang tepat waktu. Hal ini dilakukan untuk menghindari denda atau bunga tambahan akibat terlambat pembayaran utang. Selain itu, terlambat membayar cicilan utang dapat merugikan reputasi bisnis kamu.

Perlu diingat, pembayaran utang yang dimaksud di sini adalah utang untuk bisnis, dimana uang yang didapat berasal dari tabungan perusahaan. Sedangkan untuk utang pribadi, kamu bisa menggunakan uang pribadi yang didapat dari gaji bulanan. 


  1. Cari Sumber Dana Alternatif 

Untuk menjaga keuangan bisnis tetap sehat, kamu bisa mencari sumber dana alternatif, seperti mendapat dana tambahan dari pinjaman, penjualan aset yang kurang efektif, hingga mendapat pendanaan dari crowdfunding.

Kamu juga bisa mendapatkan sumber dana alternatif dari penjualan royalti brand atau produk tertentu, mendapat suntikan dana dari investor dan lainnya. 

Dalam mengelola keuangan bisnis kecil, penting untuk memperhatikan konsistensi. Selain itu, jika kamu merasa tidak mampu mengelola keuangan perusahaan, sebaiknya tempatkan karyawan khusus untuk mengelolanya. Semoga bermanfaat.