Trik Mudah Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Kualitas Layanan Pelanggan
Kualitas Layanan Pelanggan | Pixabay


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perkembangan bisnis, dan menjaga loyalitas pelanggan agar mereka tergoda untuk melakukan repeat order. Salah satunya dengan memperbaiki kualitas layanan pelanggan.

Layanan pelanggan atau customer service merupakan layanan khusus yang disediakan perusahaan untuk menangani urusan pelanggan, seperti kritik dan saran, agar pelanggan bisa mendapat kepuasan yang optimal.

Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, diantaranya:


  1. Komunikatif

Sebagai pebisnis kamu harus punya gaya komunikasi yang baik, luwes dan mampu memeberi solusi atas kesulitan yang dialami pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan dijamin akan betah dan terus order jualanmu. 

Usahakan untuk selalu fast respons. Ini penting, respons cepat akan membuat pelanggan merasa dihargai dan mendapat layanan prioritas, meski hanya membalas chat pertanyaan sederhana, seperti spesifikasi, dan lainnya.


  1. Identifikasi Masalah

Selain punya gaya komunikasi yang asyik dan respons cepat, kamu dituntut untuk mampu mengidentifikasi masalah yang sedang dialami pelanggan, kemudian tawarkan produk yang kamu miliki sebagai jawaban dari masalah tersebut.

Tentu saja kemampuan ini bisa didapat jika kamu benar-benar menguasai spesifikasi, dan plus minus dari produk yang dipasarkan. Kemampuan identifikasi masalah juga bisa didapat lewat gaya komunikasi yang asyik dengan pelanggan.


  1. Berikan Solusi Terbaik

Terkadang pelanggan dengan pertanyaan yang sedikit membingungkan, bahkan terdengar ‘aneh’. Masalah ini seharusnya tidak membuatmu pusing jika sebelumnya sudah punya kemampuan identifikasi masalah yang baik. 

Contoh, pelanggan meminta kamu produk yang tidak kamu jual. Jelaskan jika produk tersebut (untuk saat ini) belum tersedia. Solusinya, tawarkan produk lain yang fungsi atau manfaatnya mirip dengan yang dicari konsumen tersebut.


  1. Update Komplain Pelanggan

Komplain merupakan hal yang wajar. Jangan dulu baper, sebaiknya renungkan dulu dan pelajari keluhan pelanggan tersebut. Setelah itu, lakukan evaluasi terkait produk dan layanan yang sudah kamu berikan selama ini. 

Jika mampu diselesaikan dengan cepat, kabari pelanggan tersebut jika masalahnya sudah selesai. Jika belum, jelaskan kamu masih berupaya melakukan perbaikan, dan akan memberi update setelah masalahnya selesai ditangani.


  1. Minta Masukan dari Pelanggan

Jangan ragu untuk terus meminta masukan kepada pelanggan, meski mereka mengaku puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan. Ini penting, masukan bisa membantu meningkatkan kualitas produk yang kamu jual. 

Meminta masukan pelanggan ini bisa dilakukan dalam banyak cara, mulai dari memberikan rating, membuka kolom kritik dan saran, hingga meminta testimoni dari pelanggan. Lakukan semua itu secara berkala. 

Layanan Pelanggan merupakan bagian terpenting dari bisnis yang harus terus diperhatikan. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk menempatkan petugas khusus untuk menangani masalah tersebut. Semoga membantu.