Arti Eksposur, dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Arti Eksposur
Arti Eksposur | Pixabay


Ada banyak hal yang wajib agar bisnis bisa berkembang pesat, salah satunya mencari eksposur. Tak peduli seberapa besar bisnis baru yang sedang kamu jalankan, jika tanpa eksposur, hasil yang didapat dipastikan tidak akan optimal. 

Di era internet seperti sekarang ini, eksposur merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh bisnis baru. Sedangkan untuk bisnis yang sudah berjalan lama, sadar atau tidak, mereka sebenarnya sudah memilikinya. 


Arti Eksposur Dalam Bisnis

Secara garis besar, arti eksposur adalah, perhatian atau atensi yang diberikan oleh media atau kelompok pada sebuah perusahaan, yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya pengaruh dari pihak ketiga. 

Sebagai contoh, kamu masih ingat kan fenomena jaket bomber yang dipakai Presiden Jokowi? Karena digunakan oleh orang No.1 di Indonesia, pesona jaket bomber langsung meroket, dan dicari banyak orang. 

Contoh lainnya, nilai Bitcoin langsung meledak setelah ‘dipromosikan’ Elon Musk, dan lainnya. Dengan kata lain, brand-brand tersebut berhasil mendapat eksposur dari influencer ternama, hingga nilai produknya ikut terkerek naik. 

Tapi ingat, tidak semua positif. Banyak juga brand ternama yang ngedrop setelah digunakan influencer atau tokoh yang dikenal sebagai public enemy, atau brand ambassador produk tersebut melakukan tindakan yang tidak disukai masyarakat.


Bagaimana Cara Mendapatkan Eksposur?

Dulu, eksposur bisa didapat dari media konvensional. Namun sekarang kamu bisa mendapat eksposur dari mana saja, terutama sosial media populer, seperti Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, Facebook dan lainnya. 

Untuk bisa mendapatkan eksposur, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni:

  1. Secara organik. Dalam artian produk tersebut memang disukai oleh influencer tersebut, sehingga tanpa sadar nama produk tersebut ikut terangkat. Bisa dibilang eksposur ini yang paling menguntungkan. 

  2. Secara berbayar, yakni kamu meminta influencer untuk menggunakan produk tersebut, dengan harapan penggemar dari influencer tersebut akan ikut menggunakan produk yang sama seperti yang dipakai idolanya. 

Dari kedua cara mendapatkan eksposur di atas, kebanyakan pebisnis fokus mendari eksposur berbayar. Tidak masalah karena ini bagian dari strategi marketing, tapi jangan lupa, eksposur organic lebih gurih lho!

Untuk bisa mendapatkan eksposur organic, ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Banyak mengadakan event, baik even on air maupun off air.

  2. Memasang iklan, baik di media konvensional maupun sosial media. 

  3. Meningkatkan kualitas produk dan layanan. 

  4. Meningkatkan kualitas produk. 

  5. Gunakan strategi marketing positif

Sebagai catatan, strategi untuk mendapatkan eksposur tersebut belum tentu berjalan sesuai rencana. Dibutuhkan sedikit keberuntungan, dan strategi yang matang untuk bisa mendapatkan eksposur secara organic.