Keuntungan Supplier Tangan Pertama dan Cara Mencarinya

Keuntungan Supplier Tangan Pertama
Keuntungan Supplier Tangan Pertama | Pixabay


Supplier produk merupakan bagian terpenting dalam bisnis. Sebagai penyalur utama produk yang dijual, supplier bukan hanya bertanggung jawab pada ketersediaan produk, tapi juga pada unsur lainnya, termasuk garansi. 

Selain itu, supplier sangat menentukan harga jual sebuah produk. Jika beruntung mendapatkan supplier tangan pertama, kamu berpeluang besar mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah.


Arti dan Keuntungan Dapat Supplier Tangan Pertama

Supplier merupakan badan usaha atau seseorang yang menyediakan atau menjual produk yang dibutuhkan untuk bisnis, baik produk mentah, maupun produk jadi yang siap dikemas ulang atau produk-produk white label

Banyak orang yang mengartikan supplier sebagai distributor. Padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda, dimana distributor lebih berperan mendistribusikan atau mengirimkan produk jadi yang siap jual, langsung dari produsen.

Dengan kata lain, supplier tangan pertama, merupakan supplier utama tempat produk tersebut berasal. Dengan kondisi tersebut, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari supplier tangan pertama, yakni:

  1. Punya hak istimewa untuk mendapatkan produk-produk terbaru.

  2. Kamu bisa mendapat harga produk atau bahan baku yang jauh lebih murah. 

  3. Kualitas jauh lebih terjamin, terlebih ada garansi sebagai jaminannya.

  4. Lebih tenang karena masa kadaluarsa produk atau bahan baku jauh lebih lama. 

  5. Proses pengiriman barang jadi lebih cepat. 

Yang paling penting, dengan mendapatkan supplier tangan pertama, kamu bisa mengembangkan bisnis jadi lebih besar, seperti menjadi supplier tangan kedua untuk grosir atau badan usaha lainnya. 


Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Mendapatkan supplier tangan pertama merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi jika yang kamu dapatkan selama ini adalah produk-produk white label yang tidak diketahui siapa yang memproduksinya.

Tapi bukan berarti tidak bisa ditelusuri. Berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk bisa menemukan supplier tangan pertama.

  1. Mencari di mesin pencari, seperti google. Trik bisa kamu lakukan dengan menggunakan kata kunci “produsen xxxx (nama produk)”.

  2. Mencari di situs Marketplace dan Sosial Media, terutama untuk produk yang diproduksi secara mandiri, atau UMKM.

  3. Mendatangi berbagai acara bazar. Trik ini sangat cocok buat kamu yang mengincar produk-produk UMKM.

  4. Bergabung dengan komunitas atau forum bisnis online. Biasanya banyak supplier tangan pertama yang siap mengirimkan produknya.

  5. Gunakan website pembanding harga, termasuk situs e-commerce. Pilih penawaran paling rendah, tapi ratingnya tinggi.

  6. Mendatangi bisnis UMKM atau pabrik yang berada di daerah kamu. 

Trik lainnya, kamu bisa melakukan survey ke pasar-pasar atau grosir-grosir terdekat. Namun trik ini butuh effort yang cukup tinggi, dan belum ada kepastian mereka akan membuka informasi tersebut kepadamu.

Selain itu, pihak supplier tangan pertama pun belum tentu bersedia memberikan produknya, mengingat mereka pun umumnya punya kontrak khusus dengan pihak tertentu yang selama ini sudah menjalin kerjasama.