Strategi Mengembangkan Bisnis Online Syariah

Bisnis perdagangan telah ada sejak zaman dahulu, bahkan Nabi Muhammad SAW sudah menjadi saudagar sejak usianya masih muda. Perkembangan perdagangan pun telah mengalami banyak kemajuan di era modern saat ini, dimana perdagangan bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung dengan penjual, atau lebih dikenal dengan bisnis online.

Ada banyak hal yang bisa berpengaruh dalam perkembangan bisnis online, dan jika Anda memiliki bisnis online dan ingin mengembangkannya sebagai sebuah bisnis online syariah yang mendatangkan keberkahan, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk mewujudkannya.

Hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan bisnis online secara syariah adalah strategi marketing bisnis online syariah seperti yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada masanya dulu. Berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda:

Strategi Mengembangkan Bisnis Online Syariah
Strategi Mengembangkan Bisnis Online Syariah

  • Jujur
Sikap jujur dalam menjalankan bisnis online syariah merupakan salah satu strategi marketing yang paling utama. Hal ini seperti yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam menjalankan bisnis perdagangannya. Sikap jujur dalam berdagang mencakup keseluruhan ketika berhubungan dengan distributor atau pemasok maupun dengan pembeli atau konsumen.

Dalam hal ini sebaiknya pelaku bisnis online syariah menerapkan sikap jujur ketika melakukan kegiatan bisnis onlinenya sehingga bisa mendapatkan kepercayaan, baik dari pemasok maupun konsumen. Sebaiknya sebagai penjual, Anda memberikan penjelasan yang akurat mengenai kelebihan produk maupun kelemahannya agar konsumen tidak merasa tertipu jika ternyata produk yang dibelinya tidak sesuai dengan promosi yang telah Anda lakukan.

  • Menghargai Konsumen
Dalam melayani pembeli, Nabi Muhammad SAW senantiasa menghargai konsumennya. Hal ini dibuktikan dengan mementingkan kepentingan konsumennya, sehingga konsumen bisa puas dengan produk yang dibeli dan pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut, maka sebaiknya Anda bisa menerapkannya dalam bisnis online syariah yang sedang Anda jalankan. Dengan demikian konsumen bisnis online syariah Anda merasa dihargai dan puas dengan produk yang dibeli.

  • Menepati Janji
Nabi Muhammad SAW selalu berusaha memenuhi janjinya, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Maidah ayat 3 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman penuhi janjimu.” Dalam bisnis online syariah, menepati janji merupakan keharusan, dan hal ini bisa diterapkan dalam kegiatan promosi dimana apa yang telah ditampilkan dalam promosi harus sesuai dengan keadaan produk yang sesungguhnya.

Demikian juga dalam proses pengiriman barang yang harus diusahakan untuk bisa tepat waktu. Dengan begitu Anda telah berusaha menepati janji dalam bisnis online syariah. Selain itu Anda bisa memberikan layanan costumer service bisnis online syariah agar konsumen bisa berinteraksi langsung terkait testimoni maupun komplain, sehingga konsumen merasa dihargai.

  • Segmentasi Produk
Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan bisnis perdagangannya menerapkan segmentasi produk untuk memberikan pilihan pada konsumen terkait produk yang akan dibeli. Hal ini juga bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, yaitu melakukan segmentasi produk dalam bisnis online yang sedang Anda jalankan. Dalam hal ini Anda bisa mengelompokkan produk yang Anda jual sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan.

Jika kualitas yang Anda tawarkan tinggi maka akan berbeda dengan produk barang yang memiliki kualitas di bawahnya, sehingga harganya pun lebih murah. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam membeli produk yang sesuai dengan budgetnya. Itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis online syariah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar