Strategi Mengembangkan Peluang Usaha Cuci Motor

Strategi Mengembangkan Peluang Usaha Cuci Motor. Meningkatnya jumlah pengendara sepeda motor setiap tahun tentu tak lepas dari kebutuhan masyarakat pada sepeda motor sebagai alat transportasi yang praktis dan ekonomis, ditambah dengan kemudahan untuk mendapatkan sepeda motor secara kredit semakin menjadikan motor sebagai salah satu kebutuhan pokok untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

Meningkatnya jumlah sepeda motor tentu membuka berbagai jenis peluang usaha yang berhubungan dengan sepeda motor itu sendiri, seperti toko aksesoris motor, bengkel motor, sampai usaha cuci motor.

Saat ini berbagai jenis usaha seperti usaha cuci motor tentu masih memiliki prospek yang cukup bagus, meskipun telah banyak dijumpai usaha yang sejenis namun keberadaannya tetap dicari oleh konsumen yang membutuhkan jasa untuk mencuci motornya secara peaktis dengan hanya mengeluarkan ongkos yang terbilang murah. Sehingga jasa cuci motor menjadi salah satu solusi untuk membersihkan motor yang dimiliki tanpa harus repot dan lebih menghemat waktu.

Strategi Mengembangkan Peluang Usaha Cuci Motor
Sumber Gambar : bisnisukm.com
Persaingan usaha cuci motor tentu bukanlah hal yang menghambat jika Anda bisa menemukan strategi pengembangan usaha yang tepat. Jika Anda ingin mengembangkan usaha cuci motor, maka berikut ini adalah beberapa strategi untuk mengembangkan usaha tersebut:

Persiapan modal
Untuk menjalankan sebuah usaha tentu dibutuhkan modal. Dalam hal ini modal awal yang harus dipersiapkan meliputi perlengkapan dan peralatan usaha. Adapun peralatan yang wajib ada dalam usaha cuci motor adalah kompresor, alat semprot air dan tabung sabun. Beberapa perlengkapan lain juga dibutuhkan untuk operasional usaha seperti solar sebagai bahan bakar kompresor, vaselin, pembersih, silikon dll.

Ruang usaha
Untuk membuka sebuah usaha cuci motor tentu membutuhkan ruang usaha yang akan digunakan sebagai tempat untuk kegiatan operasional usaha. Ruang usaha bisa dibagi atas tempat yang digunakan untuk mencuci motor dan tempat untuk penyimpanan peralatan maupun perlengkapan usaha. Penting juga untuk memperhatikan saluran pembuangan dari limbah pencucian motor sehingga tidak menimbulkan genangan air yang mengganggu.

Lokasi usaha
Pemilihan lokasi usaha bisa menjadi hal sangat penting untuk mendukung kemajuan usaha yang sedang dirintis. Dalam hal ini Anda harus jeli memilih lokasi usaha yang strategis, kalau perlu Anda bisa survey lokasi terlebih dahulu berkaitan dengan kepadatan lalu lintas ataupun jumlah pengguna sepeda motor yang melintasi di jalan yang kemungkinan akan Anda pilih sebagai lokasi usaha. Anda juga bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan kampus, kantor ataupun pusat perbelanjaan yang memiliki intensitas lalu lintas motor yang cukup tinggi.

Menentukan tarif
Dalam hal menentukan tarif cuci motor yang perlu diperhatikan adalah melihat standar tarif cuci motor yang telah ada, karena masing-masing daerah memiliki standar tarif untuk jasa cuci motor. Hal ini untuk menghindari tarif yang ditawarkan terlalu murah atau bahkan mungkin terlalu mahal.

Strategi marketing dan promosi
Dengan membuka usaha cuci motor di pinggir jalan besar dan dipasang spanduk atau banner sudah merupakan strategi marketing yang jitu untuk mengenalkan usaha Anda. Di awal usaha Anda bisa mencuci motor Anda sendiri untuk menunjukkan aktifitas di tempat usaha Anda kepada para pengguna jalan. Promosi usaha juga bisa Anda lakukan dengan menawarkan jasa Anda pada teman-teman Anda, tetangga atau bahkan keluarga besar Anda. Anda juga bisa memberikan penawaran cuci gratis setelah konsumen cuci motor di tempat Anda dalam jumlah tertentu.

Lengkapi juga usaha Anda dengan jasa cuci karpet untuk menyaring lebih banyak konsumen. Itulah beberapa strategi untuk mengembangkan usaha cuci motor, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar