Strategi Bisnis Toko ATK Dan Fotocopy

Strategi Bisnis Toko ATK Dan Fotocopy. Kebutuhan akan alat tulis dan perlengkapan kantor dari waktu ke waktu akan selalu meningkat seiring dengan jumlah pelajar, karyawan maupun masyarakat secara umum yang membutuhkan berbagai ATK atau Alat Tulis dan Kantor maupun jasa fotocopy untuk keperluan tertentu. Melihat kenyataan tersebut maka peluang bisnis toko ATK dan fotocopy masih terbuka lebar dengan prospek yang cukup bagus.

Salah satu kelebihan dari bisnis toko ATK dan fotocopy ini adalah harga produk ATK yang relatif stabil dan termasuk jenis produk yang awet atau tidak mudah kadaluwarsa sehingga bisa dijadikan stok dalam jangka waktu yang relatif lama.

Jika Anda serius untuk menekuni bisnis toko ATK dan fotocopy ini, maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa strategi bisnis untuk mengembangkan toko ATK dan fotocopy berikut ini:

Pemilihan Lokasi yang Strategis
Toko ATK dan fotocopy merupakan jenis usaha yang menyasar target pelajar, mahasiswa, karyawan maupun masyarakat umum. Berdasarkan hal itu maka pemilihan lokasi yang strategis dapat mendukung perkembangan bisnis toko ATK dan fotocopy sesuai target pasar yang dituju. Anda bisa memilih lokasai strategis di beberapa tempat seperti dekat dengan sekolah, kampus, maupun perkantoran yang notabene memiliki kebutuhan yang cukup tinggi untuk ATK maupun fotocopy.

Variasi Produk yang Lengkap
Untuk menarik konsumen secara keseluruhan, maka sebaiknya Anda melengkapi produk ATK di toko Anda dengan berbagai variasi sehingga konsumen mendapatkan barang yang dibutuhkan di toko Anda. Lengkapi juga dengan produk terbaru yang sedang trend, seperti misalnya buku tulis atau buku gambar dengan tokoh kartun yang sedang trend saat ini untuk menarik konsumen anak-anak.
Strategi Bisnis Toko ATK Dan Fotocopy
Sumber Gambar : seribupeluang.blogspot.com
Jasa Fotocopy yang Berkualitas
Dalam menyediakan jasa fotocopy sebaiknya Anda mengutamakan kualitas untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Kualitas fotocopy dengan hasil yang jelas tentu akan lebih dipercaya konsumen jika dibandingkan hasil fotocopy yang blur dan samar-samar. Untuk itu Anda harus rutin melakukan perawatan berkala pada mesin fotocopy di toko Anda untuk mempertahankan kualitasnya.

Selain fotocopy Anda bisa melengkapi jasa yang Anda tawarkan dengan jasa penjilidan, laminating dll.

Menentukan Harga Produk ATK dan Fotocopy
Anda bisa menjual produk ATK di toko Anda dengan melihat target pasar yang Anda tuju, jika menyasar pelajar tentu Anda bisa menawarkan harga yang kompetitif. Agar Anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun harga yang Anda tawarkan relatif miring, maka Anda bisa bekerjasama dengan distributor yang besar sebagai pemasok di toko Anda, karena harga dari distributor besar relatif lebih murah. Sedangkan untuk jasa fotocopy Anda bisa menawarkan harga yang lebih tinggi dengan syarat kualitas hasil fotocopy yang Anda tawarkan memang benar-benar berkualitas.

Strategi Marketing
Salah satu strategi marketing sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang spanduk ataupun banner di depan toko ATK dan fotocopy Anda sehingga masyarakat mengetahui keberadaan toko Anda. Selain itu Anda juga bisa memberikan penawaran diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu agar konsumen tertarik untuk membeli dalam jumlah yang banyak.

Melengkapi Fasilitas
Anda juga perlu memperhatikan kenyaman konsumen selama berbelanja produk ATK maupun fotocopy di toko Anda. Untuk kenyamanan konsumen Anda bisa menyediakan tempat duduk sehingga konsumen tidak kelelahan berdiri saat menunggu hasil fotocopy yang sedang dikerjakan. Tidak ada salahnya juga memasang kipas angin agar konsumen tidak merasa kepanasan saat berada di toko ATK Anda.

Beberapa strategi tersebut bisa Anda coba untuk mengembangkan toko ATK dan fotocopy Anda, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar