Kiat Sukses Membangun Usaha Es Pisang Ijo

Kiat Sukses Membangun Usaha Es Pisang Ijo Peluang usaha yang satu ini mungkin bisa anda coba jika ingin berwirausaha dalam bidang kuliner. Es pisang ijo sudah sangat populer di semua kalangan masyarakat, minuman khas dari Makassar ini tak hanya bisa di temui di daerah asalnya saja, cita rasanya yang khas menjadikan banyak orang berminat untuk mengembangkan usaha es pisang ijo ini, sehingga tidak heran jika di berbagai tempat es pisang ijo menjadi jenis kuliner favorit yang memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan.
Es Pisang Ijo
Minuman khas dari Makasar ini terbuat dari pisang raja yang dibalut sagu dengan warna hijau yang berasal dari daun suji ataupun daun pandan. Dengan cara penyajian berupa pisang ijo yang dipotong-potong di mangkuk saji dan diberi bubur pisang ijo dan santan, sirup merah dan es batu.

Peluang usaha es pisang ijo masih sangat terbuka terutama di daerah yang tingkat persaingannya masih terbilang rendah. Jika anda berniat menggeluti usaha es pisang ijo ini maka sebaiknya anda mengetahui kiat sukses mengembangkan usaha es pisang ijo yang tepat agar usaha anda diterima pasar dan berkembang.

Berikut ini adalah kiat sukses membangun usaha es pisang ijo yang sebaiknya anda tahu :

1. Modal
Modal awal untuk mengembangkan usaha es pisang ijo bisa berupa perlengkapan usaha yang akan digunakan dalam menjalankan operasional usaha seperti misalnya modal bahan baku yang akan digunakan untuk menghasilkan es pisang ijo yaitu pisang raja, tepung beras, santan, dan pandan, perlengkapan usaha seperti perlengkapan memasak seperti kukusan, kompor dan gas, modal skill dan keahlian yang berhubungan dengan bagaimana cara membuat pisang ijo dan bubur pisang ijo yang tepat. Resep yang anda terapkan harus pas takarannya agar menghasilkan cita rasa yang benar-benar sesuai selera konsumen.

2. Manajemen
Usaha sekecil apapun membutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat untuk menunjang kemajuan usaha. Bukan tidak mungkin dari sebuah usaha yang kecil bisa berkembang menjadi usaha yang besar jika menerapkan manajemen keuangan yang tepat.

3. Memilih lokasi usaha
Gerobak Es Pisang Ijo
Anda bisa memilih lokasi usaha yang strategis seperti di dekat pusat perbelanjaan, dekat dengan kampus atau sekolahan, atau bisa juga lokasi yang dekat dengan perkantoran maupun di kawasan wisata.

Jika memungkinkan anda bisa membuka outlet di mall atau pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung. Penting juga untuk selalu menjaga kebersihan tempat usaha anda agar konsumen merasa nyaman ketika menikmati es pisang ijo di tempat anda.

4. Rekrutmen karyawanRekrutmen karyawan penting dilakukan untuk mendukung kemajuan usaha anda. Karena dengan adanya karyawan maka operasional usaha anda bisa berlangsung secara lebih efisien.

5. Membuat inovasi
Salah satu bentuk inovasi dalam usaha es pisang ijo antara lain adalah dengan mencoba beberapa variasi es pisang ijo seperti misalnya ditambah irisan buah segar, kurma, susu coklat atau mungkin mesis untuk menambah citarasa es pisang ijo anda sehingga konsumen pun mendapatkan rasa yang unik dan bervariasi.

6. Marketing, promosi dan pelayanan
Salah satu strategi marketing dan promosi yang bisa anda lakukan adalah dengan menggiatkan promosi di media sosisl seperti facebook, misalnya rutin upload foto terbaru variasi es pisang ijo di tempat anda. Selain itu dalam hal pelayanan usahakan untuk selalu bersikap ramah kepada konsumen.

Itulah beberapa kiat sukses mengembangkan usaha es pisang ijo, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar