Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai

Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai. Kita sudah tidak asing dengan susu kedelai, jika Anda termasuk penggemar susu kedelai dan sering menyajikan susu kedelai yang anda buat sendiri untuk keluarga tercinta, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk tidak sekedar membuat susu kedelai untuk dikonsumsi sendiri, Anda bisa mencoba memulai bisnis rumahan susu kedelai yang menguntungkan. Karena cara mengembangkan bisnis susu kedelai cukup sederhana.

Berikut ini adalah beberapa strategi jitu yang bisa Anda lakukan jika ingin menekuni bisnis susu kedelai :

1. Menjaga Kualitas
Kita semua adalah konsumen, tentu hal yang paling diutamakan oleh konsumen adalah kualitas produk yang baik apa lagi dalam makanan dan minuman. Maka, kualitas yang terjaga dari produk susu kedelai yang Anda buat sangatlah penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk susu kedelai yang mereka konsumsi. Gunakanlah kedelai yang berkualitas dan jangan pernah mengurangi kualitas kedelai dengan mencampurkannya dengan yang berkualitas rendah demi mendapat keuntungan yang lebih.

Sudah banyak pembuat susu kedelai yang tidak mementingkan kualitas seperti mencampurkan bahan kimia ke dalam susu kedelai buatannya, untuk mengurangi keraguan pada konsumen ada baiknya jika Anda mencatumkan komposisi produk Anda dalam kemasan dan juga nomor PIRT dari Depkes jika Anda sudah memilikinya. Tentu konsumen akan lebih memilih produk susu kedelai Anda karena sehat dan aman sehingga tidak beresiko jika dikonsumsi.

2. Membuat Inovasi Produk
Selain menjaga kualitas produk, maka cara mengembangkan bisnis susu kedelai selanjutnya adalah membuat inovasi produk susu kedelai, misalnya dengan membuat berbagai varian rasa, Andapun bisa memilih bahan-bahan alami untuk membuat variasi rasa produk Anda seperti jahe, coklat, mocca, ataupun pandan agar konsumen memiliko banyak alternatif pilihan rasa yang disukai, sehingga menjadi solusi bagi konsumen yang bosan dengan rasa susu kedelai yang biasa.

Selain inovasi rasa Anda juga bisa melakukan inovasi dalam kemasan produk susu kedelai Anda. Anda bisa mengemas susu kedelai dalam berbagai variasi kemasan dari yang paling kecil atau yang paling murah, agar semua kalangan bisa menikmati susu kedelai yang Anda produksi. Kemasan yang menarik juga bisa Anda coba untuk menambah daya tarik produk Anda.

Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai

3. Strategi Pemasaran yang Tepat
Anda tidak perlu malu ataupun gengsi untuk turun langsung ke konsumen atau mungkin Anda titipkan ke warung-warung di sekitar rumah Anda, kantin sekolah atau pasar. Jika Anda mau menjualnya langsung ke konsumen, hal ini akan lebih menguntungkan, karena selain menghemat waktu, keuntungan yang Anda dapatkan juga utuh karena tidak terpotong seperti kalau dititipkan di warung. Anda juga bisa membuka outlet susu kedelai di rumah Anda sehingga konsumen bisa langsung membeli susu kedelai dari Anda langsung, Anda juga bisa membuat penawaran reseller bagi konsumen yang ingin menjual kembali produk Anda.

Namun perlu diingat juga bahwa bisnis susu kedelai juga tidak mungkin tanpa hambatan. Hambatan yang paling sering ditemui produk ini merupakan produk yang tidak awet sehingga Anda harus jeli dalam mengolah susu kedelai supaya berkualitas bagus dan tidak cepat basi.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hambatan tersebut :
  • Dimasukkan di kulkas
Setelah susu kedelai masak, sebaiknya harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Begitu juga jika akan dijual lebih baik dimasukkan ke dalam box pendingin agar lebih awet.
  • Bungkus yang tepat 
Membungkus atau mengemas susu kedelai secara tepat bertujuan agar bakteri tidak masuk ke dalam susu kedelai yang bisa menyebabkan susu kedelai cepat basi. 

  • Cepat dijual atau dikonsumsi 
Anda harus memperhitungkan jumlah produksi, usahakan produk yang Anda jual habis agar tidak ada yang terbuang. Sebaiknya Anda sesegera mungkin langsung menjualnya agar tidak cepat basi.

Itulah beberapa strategi dalam mengembangkan bisnis susu kedelai, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar