5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


Wisata memang memberikan banyak kebahagiaan, baik untuk wisatawan ataupun biro perjalanan yang mengatur jadwal para turis selama wisata. Sudah bukan rahasia lagi jika negeri ini menawarkan begitu banyak pesona wisata dari mulai wisata alam, wisata belanja sampai wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Setiap pulau yang dimiliki Indonesia mempunyai surganya sendiri seperti misalnya Bali yang kaya akan pantai indah dan budaya adatnya.

Hal itulah yang biasa digunakan sebagai bahan pertimbangan seseorang untuk memulai usaha biro wisata. Peluang bisnis biro wisata memang sangat terbuka karena banyak wisatawan yang lebih memilih menggunakan biro perjalanan daripada melakukan perjalanan sendiri.

Keuntungan usaha yang satu ini biasanya akan berlibat ganda ketika musim liburan, akhir tahun, lebaran, ataupun akhir pekan karena di waktu-waktu tersebut banyak orang ingin menyegarkan tubuh dan otak dari rutinitas harian. Tidak hanya permintaan wisata dalam negeri saja tapi juga tour ke luar negeri. Oleh karena itu, jika anda berencana untuk memulai bisnis dibidang ini sebaiknya segera mengambil langkah tepat untuk mewujudkan rencana anda tersebut.

Namun, memulai usaha dari titik nol memang bukan hal yang mudah karena sebelum keberhasilan datang kepada anda, kegagalan akan lebih dulu menghampiri bisnis yang anda rintis. Untuk meminimalkan peluang terjadinya kegagalan dalam usaha anda, coba terapkan beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini.

1. Menjalin kerjasama yang baik

Ketika bisnis biro perjalanan adalah pilihan anda untuk memulai usaha. Anda sudah harus mengetahui dan memahami jika biro anda membutuhkan kerjasama dengan beberapa usaha yang bergerak di bidang pariwisata untuk mendukung kesuksesan bisnis yang akan dirintis. Kerjasama dengan beberapa hotel, villa, ataupun tempat penginapan yang dekat dengan daerah wisata yang nantinya akan dituju merupakan suatu keharusan.

Selain itu, anda juga perlu melakukan kerjasama dengan pusat pembelian oleh-oleh, restoran atau rumah makan, pusat souvenir kerajinan khas daerah, dan tempat wisata itu sendiri. Keuntungan yang akan didapat ketika anda berhasil menjalin kerjasama dengan tempat-tempat tersebut adalah memperoleh potongan harga. Oleh karena itu, kualitas kerjasama yang dilakukan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang akan masuk ke perusahaan anda.

2. Memiliki transportasi sendiri

Menawarkan bisnis jasa perjalanan wisata kepada para wisatawan, hal selanjutnya yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai transportasi yang dibutuhkan untuk perjalanan. Sebagai biro jasa wisata sebaiknya anda memiliki transportasi sendiri karena akan lebih banyak keuntungan yang akan didapat dibandingkan harus menyewa bus. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan mengapa perlu mempunyai armada bus sendiri:
  • jika anda menyewa bus tentu perlu mengeluarkan biaya untuk sewa yang mengurangi keuntungan. 
  • ketika memiliki armada bus sendiri, hal itu dapat menjadi satu poin plus bagi biro jasa anda dibandingkan biro jasa lain. Karena biasanya wisatawan akan lebih memilih biro jasa wisata yang memiliki bus sendiri karena alasan kenyamanan.
  • Banyak dari wisatawan menyakini jika biro yang memiliki armada bus sendiri akan menjamin kenyamanan perjalanan mereka karena pihak biro pasti mengerti benar tentang kondisi bus miliknya. Sehingga akan meminimalkan kemungkinan mogok saat perjalanan. 
3. Buat dan tawarkan paket perjalanan menarik

5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata

Sebagai orang baru di bisnis biro wisata anda perlu memikirkan cara untuk menarik hati wisatawan atau sering disebut promosi untuk mendapat pelanggan. Salah satu promosi yang bisa anda coba adalah dengan memberikan promo, diskon, atau paket tour murah daripada biro lainnya tapi tetap dengan fasilitas dan isi liburan yang nyaman tentunya.

Keberhasilan promosi yang dilakukan akan sangat mempengaruhi pemasukan perusahaan. Semakin menarik paket yang anda tawarkan, kesempatan untuk mendapatkan banyak wisatawan akan semakin besar. Mengenai paket wisata apa saja yang perlu dibuat, anda harus menyesuaikannya dengan permintaan pasar sekarang ini.

4. Lakukan pemasaran yang luas 

Pemasaran usaha dengan lingkup yang lebih luas akan mempercepat perkembangan perusahaan biro wisata anda. Seperti yang tentunya sudah anda ketahui jika tempat wisata menarik tidak hanya ada di dalam negeri saja. Ada banyak tempat wisata yang tersebar di negara-negar lain yang sangat diminati wisatawan. Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan usaha yang satu ini tidak ada salahnya anda juga memasarkan layanan jasa wisata anda ini kepada wisatawan luar negeri.

Salah satu media yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran tersebut adalah internet. Cara ini sangat efektif karena dalam beberapa menit saja, internet bisa menginformasikan paket wisata menarik dari biro anda sampai ke benua lain seperti Amerika, Eropa dll. 

5. Memilih sumber daya manusia


Dalam menjalankan sebuah bisnis, anda tidak mungkin menjalankannya seorang diri. Anda membutuhkan karyawan untuk melakukan pemasaran, pemandu, supir, administrasi dll. Pastikan anda memilih tenaga kerja dari bidangnya atau minimal mengerti dunia wisata untuk mengisi posisi kosong dalam perusahaan karena akan memudahkan Anda juga. Jangan lupa jika anda memutuskan untuk melayani perjalanan ke negara lain tentu anda membutuhkan pemandu yang lancar berbahasa asing atau menguasai lebih dari 2 bahasa.

Itulah kelima tips yang bisa anda terapkan saat memulai bisnis biro jasa perjalanan wisata. Meskipun sudah banyak orang yang menggeluti bisnis yang sama bukan berarti tidak ada peluang untuk sukses di bisnis tersebut.


Pada intinya hal pertama yang harus benar-benar Anda persiapkan adalah mental untuk menghadapi kesulitan, kegagalan, ataupun persaingan yang ketat antar sesama biro wisata. Tidak cukup hanya mental saja tetapi juga modal yang besar. Terus belajar kepada orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dalam bidang jasa wisata dan menerapkannya pada bisnis Anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar