Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara mendapatkan kredit tanpa agunan dan persyaratan yang dibutuhkan oleh bank. Apakah Anda pernah mengetahui istilah dalam perbankan bernama KTA?. Ya, kredit tanpa agunan atau KTA merupakan kredit perorangan tanpa agunan atau jaminan kepada calon debitur dari bank yang memenuhi persyaratan.

Kredit perbankan ini menjadi salah satu solusi nasabah yang membutuhkan dana cepat. Untuk pengajuan aplikasi kredit ini, harus memenuhi syarat utama yaitu WNI dan berdomisili di Indonesia, minimal berusia 21 tahun dan usia saat kredit lunas adalah 55 tahun, memiliki pekerjaan dan penghasilan minimal Rp 2.500.000 (berbeda setiap wilayah).

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sebelum mendapatkan kredit tanpa agunan (KTA), harus melakukan beberapa tahap, yaitu:

1. Menentukan bank pilihan Anda yang sesuai dengan kebutuhan
Setiap calon nasabah tentu memiliki bank favorit atau bank yang telah dipercaya sejak lama. Nah, sebelum menentukan bank mana yang ingin Anda ajukan, akan lebih baik jika Anda tentukan terlebih dahulu bank mana yang ingin Anda gunakan.

2. Memiliki kredit akan menjadi poin lebih karena bank dapat mengontrol pola pembayaran calon nasabah
Memiliki produk dari bank sebelumnya tentunya akan semakin memudahkan bank tersebut untuk meloloskan data-data aplikasi Anda. Terlebih lagi jika Anda tidak pernah memiliki masalah terhadap pembayaran maupun kredit yang Anda pernah ajukan sebelumnya.

3. Mempersiapkan syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan
Siapkan beberapa berkas atau data-data yang dibutuhkan oleh bank. Diantaranya seperti fotokopi identitas diri, fotokopi surat nikah bagi yang sudah berkeluarga, fotokopi NPWP, rekening 3 bulan terakhir, surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan profesional), tagihan kartu kredit terakhir jika ada, salinan SIUP-TDP-NPWP (untuk perusahaan atau wiraswasta), fotokopi izin praktik profesional, salinan laporan keuangan (untuk perusahaan atau wiraswasta).

4. Mendatangi bank atau daftar online untuk mengajukan kredit
Selain mendatangi bank secara langsung, saat ini ada sebuah website yang bisa membantu Anda sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah produk bank. Anda dapat langsung menuju ke situs-situs pembanding produk keuangan, pinjaman uang dan kartu kredit untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

5. Verifikasi dan survey yang dilakukan bank baik secara langsung maupun melalui telepon

Verifikasi untuk pengecekan dan survey ke kantor atau rumah. Pastikan Anda memberikan nomer telpon yang benar dan dapat dihubungi agar pihak bank dapat melakukan proses verifikasi terhadap data-data yang telah Anda ajukan.

Setelah tahap verifikasi dan survey, maka yang dapat dilakukan oleh pemohon kredit tanpa agunan adalah menunggu kabar dari pihak bank. Membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu untuk sampai ke proses pencairan. Pihak bank akan menginformasikan kepada Anda mengenai pengajuan kredit tersebut disetujui atau tidak. Jika disetujui maka Anda dapat melakukan pencairan. Lebih baik hubungi bank jika belum ada kelanjutan kabar.

Kredit tanpa agunan atau kredit tanpa jaminan merupakan fasilitas yang diberikan oleh pihak bank dan disediakan untuk nasabah yang membutuhkan dana tunai yang sangat fleksible untuk berbagai keperluan, seperti:
  • Biaya pendidikan.
  • Tambahan modal untuk usaha yang sedang berkembang dan membutuhkan dana yang besar.
  • Merenovasi rumah.
  • Biaya pengobatan dan operasi.
  • Biaya pernikahan.
Demikianlah sekilas informasi mengenai cara mendapatkan kredit tanpa agunan dari bank yang dapat Anda lakukan. Untuk mengetahui apa itu KTA, Anda juga dapat melihat uraiannya melalui situs Wikipedia. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu.