Persyaratan CPNS 2014 (Syarat pendaftaran CPNS terbaru)

Persyaratan CPNS 2014 (Syarat pendaftaran CPNS terbaru). Memang tak dapat dipungkiri jika profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil atau yang dikenal sebagai PNS masih termasuk salah satu profesi yang masih populer dan memiliki daya tarik yang luar biasa besar untuk masyarakat. Hal tersebut semakin dikuatkan dengan fenomena membludaknya peserta test CPNS setiap kali digelarnya test lowongan CPNS.

Animo masyarakat yang besar setiap kali ada "info lowongan kerja CPNS" disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena profesi PNS dianggap masih memiliki banyak keuntungan. Berdasarkan survey yang diadakan oleh beberapa media kabar online, berikut adalah kelebihan menjadi PNS yang paling populer di masyarakat

Kelebihan menjadi PNS pegawai negeri sipil


1. Lebih aman
Sebagian masyarakat berpendapat jika menjadi PNS memberikan rasa aman dikarenakan mendapatkan gaji bulanan yang pasti. Dengan kepastian tersebut, akhirnya mereka yang menjadi pegawai negeri sipil bisa lebih bebas dalam mengajukan kredit-kredit tanpa rasa khawatir, seperti misalnya untuk mengajukan kartu kredit, mengambil kredit mobil, kredit motor, kredit rumah dan kredit-kredit lainnya.

2. Surat SK PNS
Surat keputusan pengangkatan PNS atau yang biasa disebut sebagai SK PNS dapat menjadi barang berharga yang bisa dibuat sebagai jaminan. Dengan demikian, maka seorang PNS dapat membeli berbagai kebutuhannya seperti hunian ataupun kendaraan dengan cara menjaminkan SK yang dimilikinya.

3. Gaji PNS lebih besar
Gaji PNS rata-rata lebih besar jika dibandingkan dengan pegawai swasta yang berada di level atau grade yang sama.

Persyaratan CPNS 2014 - Info CPNS


1. Jumlah pegawai pemerintah (PNS) yang dibutuhkan saat ini adalah sebanyak 65 ribu orang dengan komposisi sebanyak 35 ribu pegawai pemerintah dipekerjakan dengan perjanjian kerja (PPPK).

2. Terdapat 68 instansi pusat akan mendapatkan rekrutmen karyawan dengan komposisi 30 untuk ditempatkan di Kementerian/Lembaga, 29 di tempatkan di Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), 8 ditempatkan di SESNEG serta 2 lagi lembaga negara.

3. Terdapat sebanyak 418 instansi daerah (propinsi atau kabupaten dan kota) yang mendapatkan formasi.

4. 5% diantaranya dialokasikan untuk lintas disiplin ilmu.

5. System single entry menjadi sarana bagi para pendaftar untuk melakukan registrasi secara online.

6. 1 pelamar hanya diperbolehkan untuk memilih 1 instansi saja dengan 3 pilihan formasi.

7. Pendaftaran seleksi CPNS 2014 dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2014.

8. Administrasi seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak lagi dibutuhkan pada tahap pendaftaran atau registrasi.

9. Saat melakukan pendaftaran, dibutuhkan Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada KTP serta alamat email.

10. Tes CPNS 2014 terdiri atas beberapa tes, diantaranya adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan materi test yang berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

11. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

12. Memiliki ijazah SMA/SMK, Diploma adan Sarjana dengan acuan formasi sesuai dengan posisi yang dilamar.

13. Pelamar siap untuk ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi: tes CPNS
Info selengkapnya dapat Anda lihat secara online melalui situs resmi di url berikut,
1. http://menpan.go.id/
2. http://forumptk.org/?p=1123 dan
3. https://e-cpns.kemlu.go.id/recruitment/informasi/penerimaan

0 komentar:

Poskan Komentar