Jenis bisnis / usaha online menguntungkan yang patut dicoba

Jenis bisnis / usaha online menguntungkan yang patut dicoba merupakan artikel yang pada kesempatan kali ini saya akan sedikit share kepada Anda para pembaca blog personal saya ini dengan maksud dan tujuan sebagai pembuka cakrawala Anda dalam membuat sebuah bisnis ataupun usaha online.

Jenis bisnis pada dasarnya terbagi menjadi 2, yaitu bisnis online (via internet) dan bisnis offline (konvensional). Dibandingkan dengan bisnis online, mungkin bisnis offline merupakan bisnis yang paling banyak diketahui dikarenakan bisnis ini masih cukup mendominasi pangsa pasar di Indonesia terutama di wilayah-wilayah kecil yang tersebar di tanah ari, oleh karenanya saya pun tak berkeinginan untuk menjelaskan lebih lanjut perihal usaha yang berbasis offline ini dan hanya menitik beratkan kepada bisnis online seperti yang pada saat ini masih saya geluti.

Ya, sebagai seorang internet marketer tentu sudah menjadi kewajiban saya untuk menangani bisnis-bisnis klien yang berhubungan dengan pemasaran dunia online. Oleh karena itu pula akhirnya saya pun akhirnya memutuskan untuk membangun sebuah usaha yang bertujuan untuk membantu para pemasar dan pengusaha di dunia online dengan berbasis kemampuan yang saya miliki di bidang ini sejak 6 tahun lalu.

Usaha bernama Smart Digital Indonesia ini merupakan sebuah digital marketing agency yang menawarkan jasa seo profesional sebagai sarana bagi klien (pemasar/pebisnis/usahawan) untuk memperebutkan persaingan pasar di internet. Untuk melihat bagaimana cara kerja jasa seo serta apa saja manfaatnya bagi sebuah bisnis, Anda bisa melihat pada artikel yang pernah saya terbitkan pada kesempatan sebelumnya yang berjudul jasa seo strategi bisnis marketing dunia online.

Dunia online sangatlah luas dengan pangsa pasar yang sangat besar. Bahkan bisa dibilang apa pun jenis usaha yang Anda lakukan di dunia online akan selalu berbuah keuntungan. Bagaimana mungkin?. Seperti yang baru saja saya katakan bahwa dunia online sangatlah luas dengan pangsa pasar yang sangat besar, oleh karenanya semua usaha bisa Anda konversikan menjadi uang!.

Dunia online sangatlah luas dengan potensi dan pangsa pasar yang sangat besar. Bahkan bisa dibilang apa pun jenis usaha yang Anda lakukan di dunia online akan selalu berbuah keuntungan!

Untuk menambah wawasan Anda dalam berbisnis, mari kita kembali ke topik pembahasan mengenai jenis usaha online yang menguntungkan dan patut untuk Anda coba dari mulai yang paling sederhana hingga yang membutuhkan modal besar.

1. Blogging
Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, blogging bisa menjadi sebuah wadah menulis yang sangat bermanfaat. Sebagai langkah awal mengembangkan hobi Anda menjadi sebuah bisnis, Anda bisa langsung menuju ke blogger.com untuk membuat sebuah blog yang 100% gratis alias cuma-cuma. Yang berbayar hanyalah penggunaan biaya modem untuk akses internet saja.

Langkah selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang berkualitas, asli buatan sendiri bukan copy paste atau mengambil dari hasil karya tulis orang lain. Dan yang tidak kalah penting adalah usahakan untuk menggunakan kata kunci yang memang dicari oleh banyak orang. Fungsinya adalah agar blog Anda menjadi ramai oleh pengunjung yang datang melalui mesin pencari ke blog Anda dikarenakan artikel yang Anda publikasikan. Sebagai contoh misalnya mengulas tentang bisnis, tentang tips dan informasi, berita, teknologi dan masih banyak lagi lainnya.

Langkah berikutnya adalah monetize blog Anda dengan menjadi publisher atau penayang iklan dari perusahaan-perusahaan advertising lokal maupun luar negeri seperti IDblognetwork, Google Adsense, Amazon dan lain sebagainya. Bagaimana cara mendaftarkannya?. Silakan Anda browsing sendiri mengenai hal ini.

2. Content Writer
Content writer atau yang dikenal sebagai penulis konten ini hampir mirip dengan blogging. Hanya saja seorang content writer biasanya membuat konten untuk digunakan oleh orang lain atau perusahaan lain sebagai bentuk dari metode online marketing strategy. Konten sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu konten onpage yang digunakan untuk mengisi website sebuah perusahaan (moneysite) dan konten offpage yang digunakan untuk proses optimisasi SEO. Harga yang diberikan untuk konten-konten ini pun bervariasi dari mulai 4,500 IDR hingga 15,000 IDR untuk satu buah konten offpage dan 20,000 IDR hingga ratusan ribu rupiah untuk sebuah konten onpage sesuai dengan banyaknya kata yang digunakan serta tingkat kesulitan materi.

3. Jasa SEO profesional
Ini merupakan salah satu dari bisnis yang saya geluti disamping blogging dan menjadi seorang content writer. Jenis jasa ini merupakan proses yang selaras dengan kedua bidang bisnis tadi, hanya saja bisnis ini membutuhkan serangkaian metode dan tehnik yang rumit serta berhubungan dengan algoritma dan logika dari mesin pencari. Beberapa pebisnis yang menggunakan metode ini untuk mengembangkan brand dan segmen pasar mereka diantaranya seperti Cipto Junaedy, Margahayuland, Alfamart, Alfaonline, Bank Mandiri dan masih banyak lagi lainnya.

4.  Toko online
Bisnis berikutnya adalah membangun toko online. Sesuai dengan namanya, tentu hal pertama yang Anda lakukan adalah memiliki sebuah website untuk mengelola usaha ini. Untuk memulai usaha ini sebenarnya bisa dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan modal untuk membeli produk kemudian memasarkannya secara online atau dengan metode dropshipping dimana Anda tidak perlu memiliki barang, akan tetapi hanya menjadi member dan menjalin kerjasama atau afiliasi dari toko online lain yang memiliki barang. Mungkin istilah sederhananya adalah Anda menjadi "jembatan" antara pembeli dan penjual. Beberapa produk yang menawarkan bisnis dengan sistem dropshipping diantaranya adalah ramuan herbal, aksesoris kecantikan, pakaian pria dan wanita seperti celana jeans, celana chino, jaket dan lain sebagainya.

Bisnis online lain yang bisa Anda lakukan adalah membuka usaha rental mobil. Memang usaha ini kerap dilakukan secara offline, akan tetapi kini pun banyak dari mereka yang memiliki usaha rental mobil untuk mempromosikan bisnisnya ini secara online. Mengapa?. Hal pertama tentunya adalah untuk membangun branding dari perusahaan tersebut agar dikenal oleh masyarakat luas. Kedua adalah menargetkan segmentasi pasar tertentu, misalnya rental mobil di Jakarta untuk menargetkan orang-orang yang berada di Jakarta, rental mobil di Bandung untuk menargetkan pangsa pasar Bandung, dan lain sebagainya. Ketiga adalah karena Anda tak pernah tahu berapa banyak dan besarnya pangsa pasar Anda. Dunia online bisa di istilahkan sebagai lautan luas. Anda tak pernah tahu seberapa besar serta banyaknya ikan-ikan dikarenakan begitu luasnya, demikian juga dunia bisnis online.

Bisnis ini memang bisa dikatakan membutuhkan modal yang cukup besar, akan tetapi tentunya jika Anda memiliki tekad bisnis yang kuat tentunya modal bukanlah sebagai batu sandungan. Terlebih lagi kini Anda bisa mendapatkan bantuan modal usaha dari bank ataupun perusahaan-perusahaan pembiayaan yang memberikan pinjaman modal usaha.

Jenis usaha online yang menguntungkan dan patut dicoba
Bisnis online

0 komentar:

Poskan Komentar