4 Tips Kredit Mobil Berjalan Lancar


Setiap orang yang membeli mobil dijamin akan mencoba menghitung simulasi kredit mobil baru entah saat dibeli di toko online atau datang ke dealer secara langsung. Mobil kini bisa dibeli secara online tentunya dengan catatan lokasi pembeli dan penjual berada di kota yang sama atau minimal beda kota asal berdekatan. Sehingga bertatap muka secara langsung antar kedua belah pihak menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Terlepas darimana mobil baru akan dibeli, usahakan ketika mengajukan kredit sudah memperhitungkan segala kemungkinan. 

Sebab ketika kredit mobil dilakukan maka hanya ada tiga kemungkinan, yaitu:
  • Kredit berjalan lancar dimana cicilan setiap bulan mampu dibayar tepat pada waktunya.
  • Kondisi pemasukan tersendat sehingga cicilan sering terlambat dibayar.
  • Paling parah hilangnya kemampuan membayar cicilan sehingga kondisinya benar-benar kredit macet. 

Ketiga kemungkinan ini sangat mungkin terjadi, maka jangan gegabah dalam mengajukan kredit ke leasing.

Trik Agar Kredit Mobil Lancar


Siapapun tentu akan merasakan betul tekanan yang diberikan ketika memiliki hutang, entah hutang di bank maupun leasing. Sehingga beragam upaya akan dilakukan untuk menghindari kemungkinan pembayaran tersendat tidak sesuai perencanaan awal. Usahakan untuk memahami strategi yang baiknya dilakukan supaya dengan gaji yang jumlahnya stagnan. Adanya cicilan mobil setiap bulan tidak memberi pengaruh buruk pada pemenuhan kebutuhan hidup yang lainnya, hidup pun tetap nyaman meski ada hutang.

Pertanyaannya, bagaimana melakukannya? Supaya siap dengan semua pengaruh dari perhitungan simulasi kredit mobil baru dan memutuskan untuk diajukan ke leasing. Maka simak beberapa trik ini agar cicilan mampu dibayar sampai yang terakhir:

Memilih tipe mobil baru secara bijak,

Tipe mobil yang diambil tentu akan sangat menentukan kemampuan keuangan dalam membayar cicilan. Logikanya, semakin murah harga mobil yang dipilih maka semakin ringan beban uang muka sekaligus cicilannya. Usahakan untuk memilih tipe dan merek mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan kantong, meski kredit membuat mobil semahal apapun terbeli dengan mudah.

Menentukan leasing yang mendukung,

Leasing ataupun bank menjadi tujuan bagi siapa saja yang berencana membeli mobil mengajukan aplikasi kredit. Keduanya memberi kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu dibandingkan secara teliti jangan asal mengikuti arus. Pertimbangkan tempat terbaik dimana suku bunga lebih ringan dan persyaratan yang tentunya mudah untuk dipenuhi. Bersyukur jika kedua point ini disediakan oleh salah satu bank atau leasing, sehingga cicilan pun menjadi ringan.

Menyediakan uang muka yang nilainya tepat,

Jumlah uang muka memang akan menentukan sekali apakah cicilan mobil kedepannya terasa ringan atau malah sebaliknya. Semakin tinggi uang muka maka semakin ringan nilai cicilan yang akan dibebankan oleh bank atau leasing yang ditunjuk. Namun, usahakan disesuaikan pula dengan kondisi sebab kebutuhan mobil bisa sangat mendesak. Kalau memang mampu menyediakan uang muka tinggi maka berkesempatan mengambil kredit jangka pendek, sehingga tidak membayar bunga terlalu mahal.

Mengambil cicilan sesuai kemampuan bayar,


Sebagai pemilik kredit mobil baru maka memiliki hak untuk menentukan jangka kredit yang diambil. Apabila ingin lebih murah tentu perlu mengambil kredit dalam tempo pendek, misalnya hanya dua atau sepuluh tahun saja. Namun apabila kondisi finansial tidak memungkinkan maka pilih jangka panjang sehingga nilai cicilan sesuai kemampuan bayar yang dimiliki. Pertimbangan ini memungkinkan proses simulasi kredit mobil baru semakin mudah dan proses di lapangan pun tidak ada kendala.