Panggil Fisioterapi ke Rumah Saat Malas ke Rumah Sakit, Bisa Kok!


Saya memiliki orang tua yang sudah lanjut usia. Keduanya kini tengah menjalani fisioterapi tulang dan harus mondar-mandir ke rumah sakit. Memang terkadang sangat merepotkan, terlebih lagi masalah yang dihadapi adalah yang berhubungan dengan mobilitas (diharuskan berjalan). Belum lagi sampai di rumah sakit harus mengantri dengan puluhan pasien lainnya. Hal ini yang sering menjadi dilema. Tak jarang saya pun harus mengantar mereka ke rumah sakit untuk menjalani aktivitas tersebut.

Ditambah lagi dengan kondisi dan situasi saat ini yang tidak kondusif dikarenakan virus corona yang sudah dinyatakan oleh WHO menjadi penyakit pandemi global. Semua Negara di berbagai belahan dunia terjangkiti, tak terkecuali Indonesia. Disini pun pasien yang terpapar sudah mencapai ratusan, mungkin tak lama lagi ribuan. Beberapa rumah sakit pun sudah menjadi tempat rujukan, begitu pun rumah sakit ditempat orang tua saya melakukan fisioterpi.

Hal ini sungguh mengkhawatirkan sebab tak mungkin saya membiarkan mereka mengantri lagi di rumah sakit, tak sebanding dengan resiko yang bisa saja terjadi. Tidak boleh saya biarkan hal itu. Saya pikir ini bukan paranoid, hanya ketakutan yang cukup beralasan. Sebab semakin sering berkumpul, terlebih lagi dengan orang-orang yang sakit, maka semakin besar kemungkian untuk terpapar. Saya harus cari solusi sekarang juga!. Kemudian saya mulai untuk mencari tau solusi alternatif untuk masalah yang saya hadapi ini.

Hal serupa mungkin saja dapat dialami juga oleh orang-orang lain di luar sana. Tidak bisa dipungkiri memang jika seandainya masalah kesehatan bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, hanya saja seiring dengan pertambahan usia maka resiko untuk terjangkit berbagai macam penyakit berbahaya juga semakin tinggi, misalnya adalah stroke, jenis penyakit yang satu ini tidak sekedar membutuhkan pengobatan yang berasal dari dokter saja, melainkan juga harus menjalani terapi untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderitanya.

Mengingat sering kali memang penderita stroke ini mengalami kelumpuhan, sehingga memang kegiatan mereka juga terbatas. Namun sekarang ini pasien dan juga keluarganya juga tidak perlu khawatir mengingat banyak sekali layanan fisioterapi panggil ke rumah.

Sama seperti namanya nantinya pasien hanya perlu membuat janji dan juga menggunakan jasa mereka, cukup banyak diantara rumah sakit yang memang menawarkan fasilitas tersebut untuk mempermudah pengobatan. Hanya saja bagaimanapun sebagai calon konsumen hendaknya Anda sendiri harus tetap selektif bukan di dalam menggunakan jasa tersebut, sehingga nantinya mendapatkan kualitas terbaik, apalagi berbicara mengenai biaya atau harganya lebih mahal dibandingkan dengan fisioterapi langsung ke rumah sakit.

Saya pun browsing sana-sini dan menemukan salah satu aplikasi untuk panggil jasa fisioterapi stroke, perawat homecare hingga dokter ke rumah via aido health. Saya install dan saya coba untuk menggunakannya. Saya menilai aplikasi ini sangat membantu saya di saat kritis seperti sekarang-sekarang ini. Pertanyaaannya, kenapa saya memilih layanan ini, berikut adalah beberapa alasan saya:

1. Lebih praktis, sudah jelas karena Anda tidak harus datang ke rumah sakit secara langsung dan juga mengantri untuk mendapatkan fasilitas pengobatan atau fisioterapi disana, maka akan jauh lebih praktis, cukup dengan menghubungi pihak rumah sakit saja dan membuat janji, maka secara langsung nantinya tenaga medis, khususnya adalah fisioterapis yang dibutuhkan tersebut yang akan datang ke rumah Anda untuk melakukan fisioterapi.

2. Bisa secara langsung mengontrol proses perawatan atau fisioterapi. Sebagai anggota keluarga pastinya Anda juga menginginkan yang terbaik bukan untuk mereka yang tengah sakit tersebut. Dengan adanya layanan semacam ini, maka nantinya dapat melihat dan mengontrol secara langsung bagaimanakah proses terapi dijalani, begitu juga dengan perkembangan yang didapatkan, apakah ada progress yang bagus ataukah tidak.

3. Bebas dalam menentukan waktu, terkadang bagi Anda yang memang sibuk dengan segudang kegiatan yang ada di kantor atau pekerjaan tidak sempat jika seandainya harus mengantarkan orang tua untuk menjalani perawatan atau fisioterapi ini. namun dengan adanya layanan homecare semacam ini sudah pasti nantinya sangat membantu karena untuk jadwal atau waktunya sendiri bisa ditentukan kapan, sesuai dengan waktu senggang Anda.

4. Jika dikalkulasikan sebenarnya lebih hemat biaya, mengapa demikian? Padahal jika dilihat layanan homecare ini sendiri memang cenderung membandrol biaya lebih mahal jika dibandingkan dengan perawatan langsung ke rumah sakit. Namun coba perhitungkan biaya transport yang juga harus Anda keluarga untuk menuju ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan tersebut, pastinya tidak bisa dikatakan sedikit bukan. Jadi dengan memanggil layanan homecare sebenarnya lebih hemat biaya.

5. Tempat perawatan lebih nyaman, artinya memang lebih terjamin jika dibandingkan dengan harus ke rumah sakit dan juga mengantri, belum lagi jika tempat fisioterapinya tersebut sesak atau penuh, pastinya kurang nyaman bukan. Namun berbeda jika dilakukan di rumah, maka tempatnya lebih nyaman dan juga jaminan lebih santai, apalagi berada di sekitar keluarga sendiri juga tentunya akan menjadi dukungan untuk pasien tersebut.

Hanya saja memang tidak semua rumah sakit menyediakan fasilitas fisioterapi panggil ke rumah ini apalagi yang terpercaya, pilih-pilih dan langsung buat janji dengan fisioterapis. Saran saya bisa menggunakan aplikasi aido health seperti yang saya gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar