Hobi Unik Mengoleksi Action Figures


Action figures merupakan istilah suatu miniatur berbentuk tokoh-tokoh atau karakter tertentu yang sangat terkenal dan fenomenal. Biasanya gaya dan pose miniatur tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk aslinya dan mengeluarkan ekspresi unik yang menggemaskan. Action figur dibuat dengan ukuran yang kecil dan cukup beragam. Miniatur tersebut menggambarkan bentuk yang menyerupai tokoh asli secara keseluruhan dari ujung kepala hingga ujung kaki secara detail sehingga membutuhkan teknik yang profesional dalam membuatnya. Bahkan tak jarang beberapa miniatur juga sangatlah langka karena metode pembuatannya sangatlah rumit sehingga stoknya terbatas.

Mengoleksi berbagai macam karakter action figur sudah menjadi hobi dan bagian hidup beberapa kalangan masyarakat sekarang. Hobi yang satu ini tentu bukanlah suatu ketertarikan biasa karena termasuk hobi yang unik dan menarik untuk disimak. Biasanya seseorang yang mengoleksi action figur tertarik dengan katakter atau tokoh yang diidolakannya. Karena itulah berbagai action figur yang dikoleksi merupakan bentuk miniatur dari tokoh yang disukainya. Seseorang yang fanatik pada suatu karakter atau seorang tokoh biasanya akan melakukan banyak hal untuk mengikuti naluri fanatisme yang dimilikinya, termasuk mengoleksi benda-benda yang unik dan menarik untuk dikumpulkan.

Sejauh ini, ada beberapa kategori action figures yang banyak dikoleksi oleh berbagai kalangan terutama orang dewasa, antara lain:
  • Karakter super hero, misalnya Superman, Batman, Spider man, Iron man, The Flash, Thor, Captain America, Bima Ksatria Garuda dan masih banyak lagi karakter lainnya.
  • Karakter kartun adaptasi film, misalnya Sponge bob, Dragon Ball, Minion, Naruto, Detective Conan, dan lain-lain.
  • Atlet olahraga, seperti David Beckham, Ronaldo, Wayne Rooney, Michael Jordan, Valentino Rossi dan masih banyak lagi. 
  • Artis internasional dan tokoh terkenal seperti presiden dan lainnya.
Berbagai model dan jenis action figur tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga tampilannya sangatlah mirip dengan tokoh atau karakter aslinya. Bahkan gaya dan pose dari setiap miniatur dibuat dengan detail dan memperhatikan ekspresi atau ciri khas satu per satu dari tokoh yang diduplikasikan dalam bentuk figur mini yang unik dan sangat menakjubkan. Di tangan para seniman yang handal, aneka action figur dibuat menggunakan berbagai bahan mainan. Miniatur tersebut sangat cocok dijadikan sebagai pajangan di rumah dan menunjukkan kecintaan seseorang pada karakter yang diidolakan.

Apabila Anda juga memiliki koleksi action figures yang cukup banyak dari aneka karakter yang Anda suka, tidak ada salahnya Anda menata koleksi yang sudah dikumpulkan dalam satu lemari khusus yang rapih supaya bisa dirawat dengan baik dan tidak mudah hilang. Hobi mengoleksi karakter miniatur tersebut tentu bukanlah hal yang mudah karena beberapa miniatur hanya tersedia dalam jumlah yang sedikit dan terbatas. Karena itulah merawat koleksi yang ada perlu dilakukan supaya tidak mudah rusak.