Meraup Untung Dari Bisnis di Industri Pariwisata

Dunia Pariwisata adalah tempat usaha yang sangat menjanjikan. Setiap hari ada puluhan bahkan ratusan wisatawan domestik maupun mancanegara yang melakukan rekresai ke tempat-tempat pariwisata yang ada. Apa lagi ketika musim liburan berlangsung. Tidak jarang mereka mengahabiskan banyak uang dalam melakukan kegiatan pariwisata. Bahkan untuk wisatawan mancanegara, mereka bisa mengahabiskan uang sampai 3 juta lebih perhari selama berada di Indonesia.

Ada banyak tempat-tempat wisata paforit yang bisa kita jadikan sebagai tempat membuka usaha di Indonesia, seperti Bali, Lombok, Raja Ampat, Borobudur, dan lain sebagainya. Selain itu tempat wisata lokal di sekitar daerah kita bisa juga menjadi tempat untuk membuka usaha pariwsata.

Ada banyak jenis usaha pariwisata yang bisa kita coba jalani. Namun jika kita tidak punya modal untuk menjalankan usaha, dunia pariwisata menewarkan banyak pekerjaan dengan penghasilan yang baik yang dapat kita terima. Menjadi Guide atau pemandu wisata adalah hal yang selalu di butuhkan di dalam dunia pariwisata. Bekerja di hotel, villa, penginapan , sebagai resepsionis, juru masak, petugas kebersihan selalu ada jika kita ingin bekerja semacam demikian. Namun jika kita ingin membuka usaha di dunia pariwisata, berikut beberapa jenis usaha yang lazim dan menjanjikan yang patut kita coba di dunia pariwisata:
Meraup Untung Dari Bisnis di Industri Pariwisata
Salah satu bisnis di sektor industri pariwisata

Membuka Usaha Akomodasi Pariwisata

Usaha akomodasi pariwisata adalah sesuatu hal yang menjanjikan. Setiap wisatawan selalu membutuhkan penginapan di suatu tempat wisata yang mereka kunjungi. Tidak heran banyak pengusaha akomodasi mempunyai omset yang cukup besar. Untuk ukuran hotel berbintang, biasanya dapat mendapatkan omset berates-ratus juta perbulan ketika waktu kunjungan wisatawan yang padat.

Ada banyak jenis akomodasi pariwista. Semua tergantung modal dan keinginan kita untuk memilih jenis akomodasi tersebut, setiap jenis akomodasi parwisata mempunyai prospek yang bagus. Baik itu penginapan yang mewah maupun yang sederhana dan sifatnya tradisional karena setiap wisatawan tidak selalu menginap di tempat yang mewah dan membawa uang yang banyak untuk berlibur.

Kita bisa membuka sebuah hotel yang mewah dengan fasilitas yang memadai jika kita punya modal yang banyak. Membangun villa dan homestay juga sangat menarik jika kita mampu mengemasnya dengan unik dan menarik. Ketika membangun sebuah usaha akomodasi pariwisata, kerap kali corak yang bersifat tradisonal mempunyai nilai lebih di mata para wisatawan.

Membuka Usaha Penyewaan Transportasi Wisata

Membuka usaha penyewaan transportasi atau rental motor dan mobil saat ini sangat menjanjikan karena diminati oleh para wisatawan. Unsur kebebasan untuk berkeliling dengan mudah di tempat wisata menjadi alasan para wisatawan untuk menyewa kendaraan. Menyediakan transportasi kepada wisatawan mempunyai omset yang baik dan bisa kita lakukan. Kita bisa memulai usaha ini dengan beberapa kendaraan pribadi yang kita miliki dengan perjanjian dengan si penyewa yang jelas. Jika Anda memiliki koneksi yang luas dengan perusahaan layanan transportasi mobil mewah, Anda juga bisa menjadi broker yang menyediakan mobil-mobil mewah untuk turis asing yang ingin menikmati liburan mereka. Sewa mobil Alphard atau Hiace adalah dua jenis kendaraan mewah yang kerap diminati oleh wisatawan mancanegara berkantong tebal.

Usaha penyewaan transportasi pariwista sangan baik di lakukan dan dikembang kan di daerah-daerah pariwisata maupun di dekat pelabuhan dan bandara. Melakukan usaha semacam inipun tidak melelahkan. Kita hanya memerlukan promosi dan duduk di tempat menunggu para wisatawan yang akan menyewa kendaraan kita. Kisaran biaya penyewaan yang ideal yang bisa kita berikan bertarif 500 ribu keatas perharinya. Bayangkan jika setiap hari ada sepuluh kendaraan kita yang disewa.

Membuka Usaha Agen Perjalanan Wisata

Para wisatawan kerap kali membutuhakan agen perjalanan wisata untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan dapat mengunjungi tempat wisata yang indah yang belum mereka ketahui. Membuka usaha agen perjalanan wisata atau tour and travel agent sangat menjanjikan karena kebutuhan para wisatawan semakin meningkat.

Membuka Usaha Makanan dan Minuman

Banyak jenis usaha makanan dan minuman yang bisa kita jalani di dunia pariwasata. Seperti membuka restoran, kafe, bar, dan lain sebagainya. Jenis-jenis makanan dan minuman yang dapat kita jadikan usaha itupun beragam, baik yang sifatnya umum, modern, unik, dan juga yang tradisional. Usaha makanan dan minuman atau usaha kuliner adalah sesuatu hal yang menjanijkan di tempat wisata. Para wisatawan yang melakukan pariwisata tentu akan selalu membutuhkan dan mencari makanan. Menawarkan jenis makanan dan minuman yang unik dan khas suatu daerah memiliki nilai jual yang lebih di banding dengan jenis makanan dan minuman yang umum mereka konsumsi. Selain itu makanan dan minuman yang khas dapat menjadi tujuan wisatawan sendiri untuk berwisata. Karena hal yang semacam demikian disebut sebagai wisata kuliner.

Usaha Hiburan

Selain menikmati keindahan panorama dari suatu tempat wisata, para wisatawan juga membutuhakn sebuah hiburan di tempat wisata tersebut. Kita bisa membuat sebuah usaha pertunjukan kesenian di tempat wisata, seperti membuat sebuah tempat pertunjukan khusus kesenian dan budaya, membuat tempat karaoke, tempat pertunjukan music, diskotik, dan lain sebagainya. Hal semacam ini kerap kali dibutuhkan oleh para wisatawan, terutama sekali wisatawan mancanegara.

Agen Pemandu Wisata

Menjadi agen pemandu wisata sangat menarik. Usaha dalam bidang ini cakupannya cukup luas. Kita bisa menawarkan jasa pemandu wisata kepada wisatawan, dan juga bekerja sama dengan agen perjalanan atau tour and travel agent.

Usaha Spa dan Terapi

Salah satu tujuan wisatawan untu mengunjungi tempat wisata adalah untuk bersantai dan menghilangkan stress. Memulai usaha spa dan terapi untuk para wisatawan sangat tepat untuk dijalani di tempat-tempat pariwisata, tertuama sekali di pantai. Para wisatawan mancanegara suka sekali berjemur dan kitapun bisa menawarakan jasa terapi dan pemijatan.

Usaha Penyewaan Alat renang, surfing, diving, dll

Usaha sejenis ini adalah usaha yang menyiapakan segala hal yang dibutuhkan oleh para wisatawan, seperti, alat renang, kano, perahu, dan lain sebagainya. Kita bisa memilih salah satu yang sesuai dengan keinginan dan modal yang kita miliki. Usaha ban bekas atau kano kerap kali di butuhkan oleh para wisatawan yang sedang berenang di pantai. Begitu pula dengan jasa penyewaan alat menyelam di tempat-tempat wisata dengan terumbu karang yang indah.

Membuka Usaha Atraksi Pariwisata

Kerap kali wisatawan ingin melakukan Sesuatu hal yang menarik dan menantang di tempat wisata. Kita bisa membuka usaha atraksi banana boat, selancar dan lain sebgaianya jika kita ingin menjalankan usaha ini di pantai. Kita juga bisa melakukan usaha jasa rekreasi paralayang di perbukitan. Tentunya ini sangat menarik dan sangat diminati oleh para wisatawan.

Jasa Kreasi Seni

Jika kita mempunyai bakat dan keterampilan khusus, dunia pariwisata dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. Kita bisa menawarkan jasa melukis wajah kepada para wisatawan. Kitapun juga bisa menawarkan penataan rambut gimbal bagi para wisatawan. Dan hal yang kerap kali di gandurngi oleh wisatawan asing adalah pembuatan tato tribal.

Menjual Cindera Mata

Ini adalah hal yang lumrah dan selalu di beli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh. Membuka usaha ini tentu mempunyai prospek yang bagus, banyak daripada hasil karya dan kesenian khas suatu daerah yang bisa dijual sebagai cindera mata kepada para wisatawan,. Seperti, kaos dengan gambar yang khas, kerajinan tangan, gerabah, patung, kain, dan lain sebagainya.

Demikian jenis-jenis usaha dan pekerjaan yang bisa kita lakukan di dunia pariwisata. Melihat banyak usaha dan pekerjaan yang bisa kita lakukan di dunia pariwisata, tentu tidak berlebihan jika mengatakan bahwa dunia pariwisata adalah tempat meraup keuntungan yang sangat banyak dan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar