Inilah Alasan Mengapa Harga Smartphone Bisa Turun

Handphone menjadi kebutuhan tersendiri bagi masing-masing individu. Walaupun ada yang memilih untuk tetap bertahan dengan ponsel lamanya, namun tidak sedikit yang memilih untuk mengganti ponsel setiap kali ada ponsel keluaran baru yang diinginkan atau yang dibutuhkan. Harga HP terbaru bervariasi, ada yang murah dan terjangkau ada yang mahal hingga belasan juta tergantung dari spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Akan tetapi, harga ponsel terbaru juga bisa turun yang disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama adalah kondisi pasar dengan ekonomi yang kurang stabil. Beberapa produsen HP tetap menetapkan harga ponsel keluaran terbaru dengan harga yang tinggi tanpa ada penurunan namun beberapa memilih untuk menurunkan harga ponsel yang disesuaikan dengan segmen atau sasaran pasar penjualan dari ponsel tersebut. Penyeimbangan harga ponsel terbaru dengan kondisi pasar tidak hanya menguntungkan konsumen yang ingin membeli ponsel dengan harga yang murah namun juga untuk produsen yang mendapatkan keuntungan di tengah situasi yang kurang stabil.

Kedua adalah faktor produsen dan merk. Faktor tersebut tidak hanya mempengaruhi penetapan harga ponsel yang terbaru namun juga penurunan harga. Misalnya merk S yang memiliki harga ponsel lebih mahal dibandingkan dengan merek A dengan spesifikasi yang hampir sama. Namun, selain itu, berita mengenai perusahaan atau produsen pembuat ponsel tersebut juga dapat mempengaruhi harga. Misalnya ponsel terbaru keluaran X meledak dan membuat banyak masyarakat yang enggan membeli produk dari X sehingga mau tidak mau karena ingin mencapai target penjualan dan keuntungan, harga ponsel menjadi diturunkan.

Ketiga adalah selera pasar. Tidak semua sasaran pasar misalnya untuk segmen Indonesia, menyukai produk ponsel keluaran terbaru karena berbagai macam faktor. Misalnya faktor asal produsen, performa, kenyamanan ataupun fitur yang diaplikasikan di ponsel tersebut. Karena sedikitnya konsumen yang menyukai produk tersebut maka pembatasan penjualan dan penurunan harga hp terbaru kerap dilakukan untuk tujuan tertentu.

Keempat adalah kondisi. Banyaknya produsen yang mengeluarkan produk smartphone membuat pihak tertentu juga mengeluarkan replika dari ponsel yang dikeluarkan oleh produsen yang asli. Konsumen yang tidak mengetahui jika ponsel tersebut adalah ponsel replika, BM atau ponsel KW sering memilih untuk membeli ponsel yang lebih murah dengan merk yang sama. Namun setelah dicoba, performa yang dijanjikan tidak ditemui sehingga menyebabkan berita yang kurang mengenakkan sehingga membuat harga ponsel tersebut menurun karena permintaan pasar yang menurun.

Keempat faktor tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mencari ponsel dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah beli ponsel saat nilai rupiah menguat. Hampir semua ponsel dibuat di luar negeri dengan perhitungan harga yang dihitung dalam dolar sehingga jika rupiah menguat dan dolar menurun maka harga ponsel akan menjadi lebih murah dan Ana dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan ponsel yang Anda inginkan.

Namun, untuk menghindari kecurangan penetapan harga hp terbaru oleh beberapa pedagang nakal dimana harga tidak sesuai dengan produk yang dijanjikan, terdapat beberapa hal yang dapat Anda perhatikan. Diantaranya adalah:
  • Pilih pedagang yang tepat. Jika perlu pilih pedangan resmi yang dari produsen ponsel tersebut sehingga Anda mendapatkan harga ponsel yang benar-benar sesuai dengan yang ditawarkan.
  • Cari tahu mengenai jenis ponsel yang hendak dibeli, spesifikasi serta harga yang ditetapkan. Bandingkan apakah harga ponsel untuk toko 1 dengan yang lainnya memiliki selisih yang sedikit, sama atau cukup jauh, baik terlalu murah atau terlalu mahal.
  • Cek kondisi ponsel.
  • Jangan lupa cek kartu garansi, apakah resmi/internasional/distributor/penjual.

0 komentar:

Posting Komentar