Ini Dia Jurus Ampuh Keluar dari Masa Kesulitan Finansial Rumah Tangga

Membangun sebuah bahtera rumah tangga memang tidak semudah apa yang mereka bayangkan sebelumnya. Bakal ada banyak masalah yang muncul untuk membuat keluarga Anda semakin kuat atau malah sebaliknya yaitu menyerah. Dan masalah yang paling umum terjadi adalah pada kondisi finansial yang sangat vital untuk kehidupan sepasang suami istri. Bahkan terlalu peliknya banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk berpisah supaya kondisi tidak semakin terpuruk. Padahal itu bukanlah satu-satunya solusi terbaik, tetapi itu kembali lagi pada masing-masing pandangan pasangan.


Namun tidak sedikit juga pasangan yang setelah menikah malah memperbaiki kondisi keuangannya dengan pengaturan yang tepat. Jadi dapat disimpulkan bahwa kondisi finansial setiap keluarga itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengaturan yang tepat atau tidak tepat. Jika Anda salah satu pasangan yang sedang membangun rumah tangga, berikut ini ada beberapa trik jitu pengaturan keuangan keluarga supaya tidak bermasalah yaitu:

  • Menyusun anggaran.
Supaya permasalahan keuangan Anda tidak semakin besar, segera buat daftar anggaran yang diperlukan dalam keluarga Anda. Misalnya dari mencatat berapa besar pemasukan yang dihasilkan oleh suami, berapa pengeluaran yang diperlukan setiap bulan dan hal lainnya yang berkaitan mengenai lalu lintas keuangan keluarga Anda. Anda total terlebih dahulu pemasukan, kemudian kurangkan dengan beberapa kebutuhan penting setiap bulan.

  • Skala prioritas dalam belanja.
Jangan pernah melakukan pembelanjaan uang tanpa membuat skala prioritas terlebih dahulu. Yang pertama Anda buat dari yang sangat diperlukan misalnya barang-barang yang bersifat konsumtif. Lalu dilanjutkan dengan barang yang diperlukan tetapi tidak bersifat konsumtif, dan yang terakhir adalah beberapa barang pelengkap. Seimbangkan anggaran yang diperlukan dengan pemasukan Anda.

  • Hindari hidup yang berlebihan.
Gaya hidup modern ternyata mampu merubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan segala kegiatan. Selain itu gengsi yang tinggi membuat Anda harus menekan keuangan yang sangat terbatas. Jika memang sudah berkeluarga alangkah baiknya Anda menghindari hal-hal yang bersifat berlebihan dan tidak terlalu diperlukan. Utamakan kebutuhan keluarga konsumtif terpenuhi, dan untuk pelengkap bisa ditambah jika memang ada kelebihan uang.

  • Menabung.
Masa depan sebuah keluarga itu perlu dipersiapkan, apalagi masalah finansial yang sangat vital. Untuk menghindari hal-hal buruk yang terjadi Anda bisa berjaga-jaga dari jauh-jauh hari dan salah satunya adalah dengan menabung.

Perencanaan atau perhitungan yang matang tidak akan dapat membantu keuangan stabil tanpa adanya komitmen yang tinggi dari sebuah keluarga. Jalani hidup sesuai dengan rencana, mencoba untuk menghilangkan semua yang tidak terlalu penting untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil dan baik dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Semoga beberapa point diatas dapat dijadikan sebagai solusi keuangan rumah tangga yang sedang bermasalah.

0 komentar:

Posting Komentar