Bisnis Souvenir Pernikahan, Bagaimana Memulainya?. Inilah Kiat-kiatnya!

Bisnis Souvenir Pernikahan, Bagaimana Memulainya?. Inilah Kiat-kiatnya!. Pernikahan merupakan momen penting dalam kehidupan seseorang, sehingga segala sesuatunya membutuhkan persiapan yang matang agar pernikahan bisa berlangsung lancar dan memberikan kesan indah untuk dikenang. Salah satu persiapan yang dianggap penting di antaranya adalah souvenir pernikahan.

Meski tampaknya sepele, namun souvenir pernikahan sering kali mendapatkan perhatian khusus dari pasangan calon pengantin, hal ini dikarenakan souvenir dianggap sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah menghadiri pernikahan sekaligus merupakan kenang-kenangan yang diberikan untuk momen pernikahan yang telah dilaksanakan.

Berdasarkan hal itu, maka tidak berlebihan jika kemudian souvenir pernikahan menjadi salah satu peluang bisnis yang masih sangat terbuka untuk dikembangkan, mengingat pernikahan akan selalu terjadi sampai kapan pun. Untuk bisa mengembangkan peluang bisnis souvenir pernikahan tentunya kiat-kiat tertentu agar bisnis yang dijalankan bisa menguntungkan.

Souvenir Pernikahan
Souvenir Pernikahan

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis souvenir pernikahan:


Persiapan ide kreatif


Sebelum memulai bisnis souvenir pernikahan, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah ide kreatif dalam menciptakan souvenir pernikahan yang unik dan menarik. Hal ini wajib dimiliki jika Anda ingin terjun dalam bisnis souvenir pernikahan sebagai produsen. Namun jika dalam bisnis souvenir Anda tidak mau direpotkan dengan urusan design dan produksi, maka Anda bisa menekuni bisnis souvenir pernikahan sebagai distributor yang bisa mengambil berbagai jenis souvenir dari beberapa produsen souvenir. (baca: Kiat Memilih Software Untuk Bisnis Perusahaan)


Modal


Modal yang dipersiapkan digunakan untuk keperluan produksi souvenir ataupun membelinya dari produsen, sehingga perencanaan modal harus terperinci dan matang agar mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan target bisnis Anda.


Produksi


Di awal usaha sebaiknya produksi souvenir dilakukan dalam skala kecil sesuai order konsumen, dan hal yang penting adalah membuat sampel dari berbagai jenis souvenir untuk memberikan banyak pilihan pada konsumen. Jangan lupa untuk menciptakan design yang bervariasi agar lebih menarik dan tidak monoton.


Harga


Dalam menentukan harga sebaiknya Anda memberikan penawaran harga yang bervariasi dari yang paling murah sampai yang paling mahal agar bisa masuk ke semua kalangan masyarakat. Berikan harga yang kompetitif dan terbuka untuk negosiasi selama hal itu menguntungkan.


Strategi marketing


Untuk mengenalkan bisnis souvenir Anda, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah mempromosikannya dari mulut ke mulut, bisa melalui keluarga dekat, tetangga dan kerabat. Meskipun tampak sederhana namun strategi tersebut terbilang efektif dan hemat biaya. Strategi lain yang bisa dilakukan adalah menyebarkan brosur maupun memasang iklan di media cetak. Agar strategi marketing bisa tepat sasaran, maka Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu seperti misalnya di gedung-gedung atau hotel yang akan digunakan untuk lokasi pernikahan. (baca: Supplier Kursi Restoran Untuk Mendukung Bisnis Hotel)

Hal ini sangat penting agar Anda tahu siapa yang akan menikah berikut alamatnya, sehingga bisa memudahkan Anda dalam menawarkan souvenir pernikahan secara langsung pada calon pengantin tersebut. Selain itu jika Anda sebagai distributor dalam bisnis souvenir ini maka Anda perlu melakukam survey souvenir yang sedang uptodate saat ini untuk mencari sampel maupun informasi kisaran harga jualnya.

Adapun untuk keperluan promosi, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk menawarkan souvenir pernikahan sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Dan untuk menarik minat konsumen berikan juga penawaran discount untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. (baca: Bisnis Jasa Fotografer Prewedding)

Itulah beberapa kiat bisnis yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis souvenir pernikahan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar