Tips Mengembangkan Bisnis Jual Sepatu Di Toko Online Maupun Offline

Tips Mengembangkan Bisnis Jual Sepatu Di Toko Online Maupun Offline. Kebutuhan akan sepatu tentu sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam aktifitas sehari-hari. Terutama bagi pelajar, karyawan perkantoran hingga semua lapisan masyarakat yang ingin menunjang penampilan dalam berbagai momen dan kesempatan dengan mengenakan beragam jenis sepatu.

Kebutuhan sepatu saat ini, hakikinya bukan hanya terbatas pada fungsi sebagai alas kaki saja, melainkan juga sebagai pendukung penampilan agar terlihat lebih gaya dan trendy. Berdasarkan hal itu, maka tentu peluang bisnis toko sepatu pun menjadi salah satu bisnis dengan prospek yang masih cukup bagus.

Tentunya ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk memulai bisnis alas kaki modis ini agar bisa menjadi bisnis yang terus berkembang, menjadi besar dan menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin menekuni bisnis toko sepatu:

Tips Mengembangkan Bisnis Jual Sepatu Di Toko Online Maupun Offline
Tips Mengembangkan Bisnis Sepatu Online dan Offline

Modal Awal
Persiapan awal untuk memulai dan mengembangkan bisnis toko sepatu adalah modal yang akan digunakan untuk memperoleh berbagai jenis sepatu yang akan dijual di toko sepatu anda.

Menentukan Spesifikasi dan Jenis Sepatu
Menentukan spesifikasi jenis sepatu sangat penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan target pasar yang akan dituju oleh bisnis anda.  Apakah Anda fokus menjual sepatu sport, fantofel, kulit, pesta, atau mungkin Anda ingin menyasar semua konsumen dengan melengkapi toko sepatu Anda dengan berbagai jenis sepatu. Tentu semua harus disesuaikan dengan besaran modal yang Anda miliki sebelumnya.

Kerjasama Dengan Supplier Sepatu
Untuk memperoleh sepatu dengan harga yang lebih murah, maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan suplier sepatu ataupun pusat grosir yang ada di daerah anda. Anda bisa mengajukan kerjasama dalam jangka waktu panjang dengan membeli secara grosir sehingga keuntungan saat dijual bisa lebih besar.

Menentukan Lokasi Usaha
Untuk menarik minat konsumen, maka Anda harus jeli dalam memilih lokasi usaha yang strategis untuk mengembangkan bisnis toko sepatu anda. Memilih lokasi usaha yang mudah diakses oleh orang banyak dan dekat dengan pusat keramaian akan lebih menguntungkan bagi kemajuan usaha anda.

Penataan Yang Rapi dan Menarik
Salah satu strategi penjualan yang paling sederhana adalah dengan menata display sepatu secara rapi dan menarik berdasarkan klasifikasinya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan konsumen untuk mencari jenis sepatu yang diinginkan.

Menjaga Kualitas Produk
Kualitas menjadi hal yang sangat penting untuk meraih kepercayaan konsumen, oleh karena itu Anda bisa melengkapi stok sepatu di toko Anda dengan berbagai jenis sepatu yang berkualitas.  Anda bisa menempatkan sepatu jenis premium di tempat tersendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada jenis sepatu branded yang diinginkan.

Melengkapi Dengan Produk Yang Sejenis
Meskipun judul toko Anda adalah toko sepatu, namun bukan berarti hanya menjual produk sepatu saja. Anda bisa melengkapi display toko Anda dengan aneka sandal dan sepatu yang menarik dan trendy untuk menjaring lebih banyak konsumen.  Selain sandal Anda juga bisa melengkapi dengan produk fashion lain seperti tas, topi, kacamata ataupun aksesoris yang menunjang penampilan.

Marketing dan Promosi
Untuk keperluan marketig dan promosi Anda bisa memasang spanduk, banner maupun neon box untuk menarik perhatian konsumen.  Selain itu pemasangan iklan di media cetak maupun radio bisa menjadi solusi promosi yang efektif.

Online-kan!
Promosi juga bisa Anda lakukan melalui media sosial seperti Facebook yang terbukti efektif sebagai sarana promosi untuk mengembangkan bisnis toko sepatu yang sedang Anda rintis. Jika ingin lebih berkembang lebih cepat lagi, Anda juga dapat mendaftarkan diri untuk gabung ke dalam online marketplace dimana penjual dan pembeli bertemu di internet.

Salah satu market place untuk UKM yang terkenal di Indonesia adalah Bukalapak. Nah, Anda dapat menggunakan fasilitas gratis ini untuk membuka lapak jual sepatu pria online atau men fashion shoes serta koleksi sepatu wanita di dalam kategori Fashion yang ada di website tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis sepatu Anda, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar