Tips Penting Memulai Bisnis Online Shop

Tips Penting Memulai Bisnis Online Shop. Membahas mengenai online shop memang tidak lepas dari kepercayaan pelanggan kepada toko online itu sendiri. Hal tersebut karena banyak sekali kasus penipuan yang merugikan salah satu pihak yang bertransaksi secara online baik itu pelanggan maupun owner online shop. Namun, kasus penipuan yang sering terjadi ini tidak lantas mengurangi antusias masyarakat untuk melakukan belanja online. Karena sebenarnya tidak semua online shop itu adalah penipu. Fenomena penipuan ini tentu akan membuat Anda berfikir dua kali untuk mendirikan toko online. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis toko online harus memperhatikan beberapa tips berikut ini. 

Tips yang pertama untuk sukses memulai sebuah bisnis online adalah jangan terlalu mengandalkan modal yang ada. Karena modal bisnis yang banyak tidak dapat menjamin kesuksesan dari bisnis online tersebut. Oleh karenanya Anda harus mengetahui beberapa trik sukses dalam menjalankan bisnis olshop. Dibandingkan dengan toko offline, persaingan di online shop lebih banyak karena setiap harinya pasti ada toko online baru yang bisa jadi menjual barang dagangan seperti Anda.

Langkah awal yang harus Anda coba lakukan adalah membangun kepercayaan pelanggan. Hal ini memang sedikit rumit karena Anda tidak bisa bertemu langsung dengan calon pelanggan untuk menjelaskan jika toko online ini bukan olshop penipu. Namun bukan berarti tidak mungkin, banyak cara yang bisa dilukakan salah satunya adalah dengan mengunggah testimoni dari para pembeli sebelumnya.
Tips Penting Memulai Bisnis Online Shop
Sumber Gambar : www.milagrosnews.com
Hal kedua yang harus Anda perhatikan untuk mensukseskan toko online adalah melakukan pemasaran seluas-luasnya. Anda tentu sudah mengetahui jika olshop sangat bergantung pada internet. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan beberapa media sosial yang ada untuk memasarkan produk. Tidak boleh hanya puas dengan menggunakan media sosial, Anda juga harus mempunyai website untuk toko online Anda sehingga orang-orang yang tidak menggunakan media sosial juga dapat melihat produk-produk yang Anda jual. 

Dalam pembuatan website toko online, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar website yang Anda buat bisa muncul di paling atas saat orang melakukan pencarian. Salah satunya adalah mengenai penamaan website. Sangat dipahami jika Anda ingin menggunakan nama-nama cantik yang tidak pasaran untuk website ini. Tapi, Anda juga harus mengetahui jika sebagian besar orang biasanya akan menggunakan kata “ jual” untuk mencari produk.

Jika Anda menggunakan nama-nama yang sulit maka itu dapat mengakibatkan website susah ditemukan. Setelah mempunyai website sendiri Anda bisa mulai memposting barang atau produk dagangan Anda. Buatlah beberapa artikel yang menjelaskan kelebihan dari produk Anda untuk menarik minat pembeli.

Memperhatikan masalah kualitas adalah tips selanjutnya yang harus Anda pegang ketika merintis sebuah usaha toko online. Banyaknya pemasukan yang Anda dapatkan akan sangat dipengaruhi oleh kualitas barang yang Anda jual. Menjaga kepercayaan pelanggan dengan barang yang berkualitas dan sesuai dengan foto yang adalah suatu keharusan. Tidak cukup hanya dengan kualitas barang yang sesuai dengan fotonya saja, kualitas pelayanan kepada pembeli juga cukup berkontribusi mendatangkan banyaknya order.

Salah satu caranya adalah dengan menjawab setiap hal yang ditanyakan oleh pembeli terkait dengan produk yang dijual. Walaupun ini terlhat mudah namun perlu kesabaran untuk menjadi seorang admin olshop yang baik. Hal itu dikarenakan tidak jarang konsumen akan menanyakan pertanyaan yang selalu sama karena tidak membaca komentar yang sebelumnya yang sudah menanyakan hal tersebut. 

Tips berikutnya adalah hal yang berkaitan dengan deskripsi dan kualitas produk. Setiap Anda mulai upload foto barang pastikan Anda juga memberikan deskripsi yang sejelas-jelasnya untuk mengurangi pertanyaan dari pelanggan. Misalkan untuk baju muslim, Anda harus menyertakan ukuran-ukuran yang ready stock, jenis bahan, warna, dan tentunya harga. Dan jangan lupa untuk menulis contact person agar pembeli tidak bingung ketika mau order.

Satu hal lagi yang tidak boleh lupa Anda cantumkan yaitu alamat lengkap dan jelas mengenai posisi atau lokasi Anda. Karena dalam belanja online, walaupun harga yang ditawarkan toko online Anda lebih rendah dari toko offline tidak serta merta pembeli akan berminat membeli secara online. Hal itu karena masalah biaya ongkos kirim yang biasanya dibebankan pada pembeli. Jika Anda mencantumkan lokasi yang jelas akan memungkinkan sistem COD bisa dilakukan ketika calon pembeli Anda berada di kota yang sama untuk menghemat ongkos kirim barang. 

Untuk memperluas pemasaran Anda bisa mulai bergabung dengan beberapa situs jualan online yang terpercaya. Sekarang ini sudah banyak sekali situs yang dapat Anda pilih untuk berjualan baik yang menggunakan sistem berbayar atau tak berbayar alias gratis. Hal ini akan sangat membantu karena setiap harinya akan ada banyak orang yang akan mengakses situs-situs belanja online. 

Poinnya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan untuk mulai membangun kepercayaan. Jika Anda memberikan kepuasan terhadap pembeli dengan produk yang sesuai dan pelayanan yang ramah. Tanpa Anda meminta pembeli tersebut akan secara otomatis merekomendasikan toko online Anda kepada saudara maupun teman-temannya. Hal ini secara tidak langsung bisa menjadi ajang promosi gratis dari mulut ke mulut yang tentunya akan sangat menguntungkan untuk Anda.

Tips yang terakhir adalah persiapankan mental dengan beberapa masalah yang mungkin akan muncul kemudian. Seperti yang sudah Anda ketahui jika tidak ada bisnis yang jalannya selalu mulus apalagi ketika toko mulai laris manis. Beberapa oknum nakal bisa saja muncul dan mengatakan jika toko online Anda ini penipu. Jangan terlalu memikirkan masalah tersebut jika memang toko Anda memang benar-benar tidak menipu. Terus jalin komunikasi baik kepada pelanggan setia untuk mengatasinya.

0 komentar:

Posting Komentar