Strategi Mengembangkan Bisnis Toko Cemilan

Strategi Mengembangkan Bisnis Toko Cemilan. Menikmati waktu bersama keluarga rasanya kurang pas jika tidak ada cemilan yang bisa dinikmati bersama, seperti halnya ketika menonton TV, bersantai bersama sahabat ataupun saat kumpul bareng teman-teman.

Cemilan sudah merupakan bagian dari aktifitas keseharian masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tentu menggemari jenis cemilan tertentu. Sebagai jenis makanan ringan yang banyak dicari oleh masyarakat, maka peluang bisnis untuk mengembangkan usaha di bidang inipun masih sangat terbuka lebar. Salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba adalah membuka toko cemilan.

Jika Anda penasaran dengan bisnis ini dan ingin mengembangkan peluang usaha toko cemilan, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa strategi berikut ini:

Modal dan tempat usaha
Hal pertama yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis toko oleh-oleh adalah modal dan tempat usaha. Modal Anda perlukan untuk biaya operasional termasuk membeli berbagai jenis cemilan dari beberapa produsen cemilan. Selain itu modal juga diperlukan untuk menyewa tempat usaha. Hal terpenting dalam menyewa tempat usaha adalah pemilihan lokasi untuk usaha yang strategis, seperti misalnya di pinggir jalan besar agar masyarakat umum mengetahui keberadaan toko cemilan yang sedang Anda rintis.

Selain itu pertimbangkan juga luas bangunan yang akan Anda gunakan untuk tempat usaha. Jika Anda ingin mengembangkan toko cemilan yang lengkap, maka Anda bisa memilih tempat usaha yang luas agar berbagai jenis cemilan bisa ditampung di toko Anda, karena toko cemilan Andapun membutuhkan tempat untuk menaruh stok cemilan yang akan dijual.

Kerjasama dengan produsen cemilan
Jika Anda ingin toko cemilan Anda lengkap dengan berbagai jenis cemilan maka Anda bisa bekerjasama dengan beberapa produsen cemilan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan stok toko Anda. Adapun dalam hal pembayaran Anda bisa melakukannya sesuai kesepakatan bersama, apakah bayar secara cash ataukah cash tempo, karena masing-masing produsen tentu memiliki ketentuan sendiri akan hal itu.
Strategi Mengembangkan Bisnis Toko Cemilan
Sumber Gambar : bisnisukm.com
Strategi marketing dan promosi
Pemasangan banner ataupun spanduk merupakan salah satu strategi marketing paling sederhana yang dinilai cukup efektif untuk menginformasikan keberadaan toko cemilan Anda. Selain itu Anda juga bisa merekrut tenaga marketing atau sales untuk memasarkan produk cemilan di toko Anda kepada pengecer agar perputaran produk cemilan toko Anda bisa berlangsung lebih cepat.

Anda juga bisa membuka kesempatan bagi reseller yang ingin membeli produk cemilan Anda untuk dijual kembali atau repacking dalam berbagai ukuran. Strategi lain yang bisa Anda lakukan adalah melayani kebutuhan konsumen tanpa ada batasan minimum, dengan begitu konsumen bisa membeli cemilan di toko Anda walaupun hanya 1 ons atau 2 ons saja.

Kualitas cemilan juga harus selalu dijaga agar cemilan tetap dalam kondisi bagus, hal ini sangat penting untuk mempertahankan kepercayaan konsumen sehingga tidak ada konsumen yang kecewa dan kapok membeli di toko cemilan Anda.

Pelayanan yang ramah
Salah satu strategi dalam mengembangkan bisnis toko cemilan adalah dengan melayani konsumen dengan baik dan ramah. Selain ramah penjual juga dituntut untuk sigap dalam melayani konsumen, sehingga konsumen tidak menggerutu karena penjual yang terlalu lambat atau bahkan kurang memperhatikan konsumen.

Kebersihan lingkungan toko
Dalam bisnis toko cemilan hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah kebersihan lingkungan toko, karena produk yang dijual merupakan jenis makanan maka sebaiknya selalu menjaga kebersihan agar konsumen merasa nyaman dan cemilan tetap dalam kondisi baik.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda pertimbangkan dalam mengembangkan bisnis toko cemilan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar