Tips Mengembangkan Usaha Toko Oleh-Oleh

Tips Mengembangkan Usaha Toko Oleh-Oleh. Berkunjung ke daerah wisata ataupun kota tertentu akan terasa kurang jika belum membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jika kita amati keberadaan toko oleh-oleh di setiap daerah sangat membantu para wisatawan dan pengunjung kota sehingga lebih mudah dalam mencari oleh-oleh yang diinginkan.

Hal itu tentu saja membuka peluang bisnis toko oleh-oleh semakin terbuka. Toko oleh-oleh memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan, meskipun tingkat persaingan semakin tinggi namun hal itu bukanlah masalah besar, karena keberadaannya akan selalu dicari oleh wisatawan ataupun pengunjung suatu daerah tertentu. 

Jika Anda berminat menekuni bisnis toko oleh-oleh, maka sebaiknya Anda mengetahui tips mengembangkan bisnis toko oleh-oleh berikut ini:

Tips Mengembangkan Usaha Toko Oleh-Oleh

1. Modal
Modal sangat penting dalam sebuah usaha, terutama untuk kegiatan operasional usaha. Dalam bisnis toko oleh-oleh, modal digunakan untuk menyewa atau membangun tempat usaha, untuk perlengkapan toko oleh-oleh yang meliputi produk oleh-oleh, etalase, mesin kasir, kemasan dll.

2. Lokasi usaha
Toko oleh-oleh akan efektif jika terletak di lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat umum, seperti di pinggir jalan raya, di kawasan wisata, dll. Usahakan untuk mempertimbangkan keberadaan lokasi parkir yang luas, agar pengunjung bisa leluasa memarkirkan kendaraan.

3. Kerjasama dengan produsen
Kerjasama dengan berbagai produsen atau distributor sangat penting dalam pengembagan bisnis toko oleh-oleh, hal ini berhubungan dengan berbagai jenis produk oleh-oleh yang akan dijual di toko oleh-oleh Anda. Semakin bervariasi produk yang disediakan maka akan semakin memudahkan konsumen dalam berbelanja oleh-oleh.

4. Rekrutmen karyawan
Peran karyawan dalam operasional toko oleh-oleh akan sangat penting, dengan adanya karyawan maka kegiatan operasional usaha akan lebih mudah untuk dilakukan, terlebih di masa liburan ketika jumlah pengunjung melonjak tajam. Karyawan dengan karakteristik sigap dan rajin akan sangat mendukung pengembangan toko oleh-oleh Anda.

5. Variasi produk
Akan sangat memudahkan konsumen jika keperluan membeli oleh-oleh berada pada satu lokasi yang sama, untuk itu Anda bisa melengkapi toko oleh-oleh Anda dengan berbagai jenis produk yang bervariasi, mulai dari makanan khas, souvenir, t shirt dll.

6. Kerjasama dengan biro perjalanan
Kunjungan wisatawan tentu tidak terlepas dari peran biro perjalanan terkait, sehingga hal itu dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Dimana toko oleh-oleh Anda akan mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang banyak dan pihak biro perjalanan akan memperoleh komisi berdasarkan jumlah produk yang dibeli oleh pengunjung.

7. Marketing dan promosi
Dalam upaya pengembangan toko oleh-oleh, diperlukan strategi marketing yang tepat agar bisa diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan adalah bekerjasama dengan biro perjalanan, pemasangan baliho ataupun spanduk di toko oleh-oleh Anda. Adapun untuk keperluan promosi Anda bisa memasang iklan di media cetak, radio maupun secara online agar masyarakat mengetahui keberadaan toko oleh-oleh Anda.

Penting juga bagi Anda untuk menjaga kepercayaan konsumen terkait produk oleh-oleh yang dijual. Sediakanlah produk oleh-oleh yang berkualitas baik, sehingga konsumen merasa puas membeli di tempat Anda. Pengaturan produk juga sebaiknya diperhatikan, dengan mengelompokkan produk oleh-oleh berdasarkan jenisnya agar konsumen bisa dengan mudah mencari produk yang diinginkan. Hal ini sangat penting karena biasanya untuk rombongan wisatawan yang banyak, diberikan batasan waktu saat mengunjungi toko oleh-oleh sehingga harus cepat dalam berbelanja oleh-oleh.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai upaya dalam mengembangkan toko oleh-oleh, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar