Tips Mengembangkan Peluang Usaha Bakso

Tips Mengembangkan Peluang Usaha Bakso. Bakso merupakan makan yang sangat populer di masyarakat kita. Penggemar bakso pun beragam, hampir semua kalangan masyarakat menyukai jenis makanan berkuah ini. Bagi Anda yang hobby makan bakso dan ingin mencoba peluang usaha menjual bakso tidak ada salahnya Anda membulatkan tekad untuk berwirausaha dalam bidang kuliner yang satu ini. Jika Anda ingin terjun langsung untuk memasak bakso, maka Anda harus menemukan resep yang tepat agar masakan Anda pas di lidah konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba ketika berniat untuk menekuni usaha jualan bakso:

1. Modal
Modal awal dalam usaha bakso adalah modal untuk sewa tempat usaha yang strategis, modal untuk membeli berbagai perlengkapan dan peralatan masak maupun perlengkapan makan. Selain itu juga modal untuk pembelian bahan baku selama 3 bulan pertama.

2. Pemilihan lokasi yang strategis
Usaha bakso hampir kita temui di setiap lokasi, Anda tidak perlu khawatir menghadapi banyak persaingan. Anda bisa memilih lokasi usaha yang strategis seperti misalnya lokasi yang dekat sekolah atau kampus, rumah sakit, perkantoran, pusat perbelanjaan maupun pinggir jalan raya, dan salahsatu tempat yang favorit yang bisa Anda pilih untuk jualan bakso adalah tempat wisata.

3. Konsep usaha yang unik
Konsep usaha yang unik bisa Anda mulai dari nama usaha Anda yang mudah diingat, seperti misalnya "Bakso Rudal", Bakso Granat", "Bakso Jumbo" atau mungkin Anda bisa memberikan nama "Bakso Cinta" dengan bentuk bakso yang menyerupai hati. Pemberian nama yang unik dan beda diyakini bisa lebih menarik perhatian dan minat konsumen untuk mencoba.
Tips Mengembangkan Peluang Usaha Bakso
Sumber Gambar : solopos.com
4. Inovasi
Inovasi dalam usaha bakso bisa Anda lakukan dengan berbagai cara misalnya dengan membuat bakso yang bervariasi isinya, jika selama ini umumnya diisi dengan telur, maka Anda bisa mencoba sesuatu yang baru misalnya diisi dengan irisan keju, jamur atau mungkin sambal yang ekstra pedas. Tentu saja Anda harus menginformasikan isian bakso dalam menu yang Anda berikan kepada konsumen.

5. Rekrutmen karyawan
Dalam rekrutmen karyawan maka syarat utama yang bisa Anda terapkan adalah karyawan yang memiliki skill yang sesuai dengan bidangnya, misalnya sebagai juru masak, kasir, maupun pramusaji. Keberadaan karyawan akan sangat mendukung kemajuan dan perkembangan usaha Anda, oleh karena itu pilihlah karyawan yang memiliki karakteristik pekerja keras dan bisa bekerjasama dengan tim.

6. Manajemen yang tepat
Manajemen yang tepat dalam sebuah usaha akan sangat mendukung kemajuan sebuah usaha. Dengan manajemen yang tepat maka pengelolaan dan pengaturan keuangan dalam bisnis Anda bisa terperinci dan tepat sasaran.

Jika usaha bakso Anda semakin berkembang maka Anda bisa melakukan perluasan usaha seperti misalnya membuka cabang atau membuka kesempatan bagi orang lain untuk kerjasama dalam bentuk franchise.

7. Marketing dan promosi
Untuk mengenalkan usaha bakso kepada masyarakat maka Anda perlu melakukan strategi marketing dan promosi yang tepat. Beberapa strategi marketing dan promosi yang bisa Anda lakukan seperti misalnya pemasangan iklan di media cetak, brosur maupun pamflet, dan penawaran discount selama grand opening atau event tertentu.

Sebagai catatan dalam menekuni usaha kuliner ini sebaiknya Anda bisa selalu menjaga kualitas produk yang Anda jual baik itu citarasa maupun bahan baku yang harus selalu fresh. Selain itu tempat usaha harus selalu dalan keadaan bersih dan rapi agar konsumen merasa nyaman saat bersantap di tempat Anda.

Itulah beberapa tips dalam mengembangkan peluang usaha bakso, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar