Tips Memulai Bisnis Jasa Rias Pengantin

Tips Memulai Bisnis Jasa Rias Pengantin Usaha dalam bidang jasa merupakan usaha yang menjual layanan jasa kepada konsumen yang membutuhkan. Adapun perbedaan utama dari bisnis produk barang dan jasa adalah bahwa dalam usaha jasa itu produk yang ditawarkan tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan namun lebih menekankan kepada kualitas layanan yang diharapkan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Jasa Rias Pengantin
Salah satu peluang usaha jasa yang cukup menjanjikan adalah usaha jasa rias pengantin. Tentu untuk memulai usaha rias pengantin memerlukan berbagai persiapan yang matang. Jika Anda telah memiliki basic keterampilan merias atau make up dan ingin menekuni usaha jasa rias pengantin, maka berikut ini adalah tips memulai bisnis jasa rias pengantin untuk anda:

Untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal maka berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis jasa :

1. Modal dan tempat usaha
Setiap usaha apapun jenisnya tentu membutuhkan modal untuk bisa menjalankan operasional bisnis jasa tersebut, seperti halnya bisnis jasa rias pengantin yang akan Anda rintis. Modal awal akan digunakan untuk membeli perlengkapan rias pengantin, seperti misalnya peralatan make up, busana pengantin, aksesoris dan perlengkapan dekorasi pengantin.

Selain modal Anda juga membutuhkan tempat untuk membuka bisnis rias pengantin Anda, jika rumah Anda memungkinkan untuk difungsikan sebagai tempat usaha maka hal itu akan sangat efektif untuk menghemat biaya karena Anda tidak perlu lagi menyewa tempat usaha. Namun jika memang harus menyewa tempat usaha, maka sebaiknya anda memilih tempat usaha yang strategis dan mudah diakses oleh masyarakat umum.

Modal lain yang juga sangat penting adalah skill dan kompetensi anda dalam merias pengantin. Kualitas riasan harus selalu baik untuk menjaga kepercayaan konsumen.

2. Menentukan harga
Tinggi rendahnya harga yang ditawarkan dalam bisnis jasa bisa disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen. Faktor kualitas layanan juga bisa dijadikan pedoman dalam menentukan harga. Jika memang kualitas make up dalam jasa rias pengantin anda tinggi dan menggunakan produk make up yang ternama dan mahal, maka harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kualitas yang Anda berikan.

Harga yang mahal menjadi hal yang sangat wajar jika memang sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan. Terlebih pasangan pengantin akan lebih mementingkan kualitas dalam rias pengantin, karena berpikir bahwa pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup sehingga menginginkan semuanya adalah yang terbaik saat hari H pernikahan terjadi.

3. Inovasi produk
Inovasi produk jasa dalam bisnis jasa rias pengantin antara lain memberikan penawaran make up rias pengantin yang bervariasi mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Hal ini sangat berguna bagi bisnis yang sedang Anda rintis, sehingga semua kalangan bisa menggunakan jasa rias pengantin Anda meskipun dengan budget yang terbatas.

4. Menyesuaikan dengan trend saat ini
Dalam bisnis jasa rias pengantin sangat penting untuk mengikuti trend baru yang sedang berkembang, karena konsumen akan lebih tertarik. Trend bisa berupa busana pengantin, make up maupun dekorasi.

5. Rekrutmen karyawan
Rekrutmen karyawan diperlukan untuk membantu operasional bisnis rias pengantin Anda, seperti membantu dalam melakukan make up keluarga pengantin, penerima tamu, pager ayu dll. Selain itu juga karyawan yang mengurusi dekorasi kamar pengantin maupun dekorasi ruangan untuk pernikahan.

Dalam merekrut karyawan di bidang jasa ini sebaiknya memperkerjakan yang mempunyai skill dalam bidang jasa rias pengantin untuk mempermudah Anda dalam operasional dan lebih mudah memahami keinginan klien, karena banyak kejadian jika orang yang dipekerjakan tidak dari bidang ini atau tidak lihai akan timbulnya komplain dari klien. Tidak puasnya dalam riasan atau dekor pelaminan.

6. Promosi
Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti iklan di media cetak maupun radio. Tidak hanya di media cetak atau radio, Anda bisa mempromosikan dengan cara mengupload hasil riasan atau hasil dekor pelaminan di media sosial. Anda juga bisa mengikuti event yang berhubungan dengan mempromosikan bisnis rias pengantin Anda, disitu dengan lebih mudah menarik klien untuk tahu jasa riang pengantin Anda.

Itulah beberapa tips memulai bisnis jasa rias pengantin yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar